Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp: Cara Mengamankan Akun dari HP yang Hilang

WhatsApp
Cara logout akun WhatsApp di HP yang hilang | foto: iMobie.com

Last updated on 10 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Ponsel yang hilang kerap kali menjadi masalah keamanan bagi penggunanya, terutama jika mereka tidak memasang kunci keamanan. Orang lain yang menemukannya bisa saja menyalahgunakan akun WhatsApp yang ada di dalam ponsel.

Tidak hanya itu, terkadang seseorang bisa masuk ke sistem ponsel untuk membuka kunci keamanan layar dan mengakses akun WhatsApp. Hal yang demikian tentu sangat berbahaya, pelaku bisa melakukan transaksi, penipuan, pinjaman online dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengeluarkan akun WhatsApp pribadi dari akun ponsel yang hilang. Di bawah ini redaksi telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memblokir atau logout akun dari ponsel Anda yang hilang.

Baca juga: Buka Whatsapp Ada Iklan

Cara Logout dengan Memblokir Akun WhatsApp

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memblokir akun WA dengan cara menghubungi operator seluler kartu SIM Anda. Mengutip dari berbagai sumber, Anda bisa menghubungi langsung pihak operator untuk melakukan pemblokiran kartu SIM.

Cukup dengan mengonfirmasi identitas, bahwa Anda adalah pemilik sebenarnya kartu SIM tersebut, kemudian operator seluler akan melakukan pemblokiran. Dengan demikian, pemegang ponsel Anda tidak dapat mengakses lagi akun SIM Anda.

Hal ini bisa Anda lakukan jika benar-benar terpaksa. Namun, cara tersebut tidak akan menjamin akun Google Anda aman. Selain memblokir SIM, Anda juga harus melakukan logout akun Google dari perangkat lain, seperti laptop atau ponsel teman Anda.

Menggunakan SIM Baru untuk Login Ulang

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan akun WA dari ponsel yang hilang adalah membuat kartu SIM baru. Mirip seperti cara yang pertama, Anda harus menghubungi operator penyedia layanan seluler, lalu membuat nomor kartu SIM yang sama.

Setelah itu, langkah yang harus Anda lakukan adalah login ulang ke akun WA di ponsel baru. Saat Anda login di ponsel baru menggunakan nomor telepon yang sama, maka secara otomatis akun di ponsel lama milik Anda akan logout.

Dengan kata lain, Anda dapat mengembalikan akun ke ponsel lain dengan membuat SIM baru. Cara kedua mungkin membutuhkan biaya sedikit lebih banyak. Namun, cara ini bisa menyelamatkan akun Anda daripada harus memblokirnya seperti cara pertama.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pakar keamanan siber McAfee telah mengidentifikasi 13 aplikasi Android berbahaya baru di Google Play Store yang menimbulkan ancaman serius terhadap privasi dan...

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Hardware

Unbox.id – Akhir pekan sudah semakin dekat, setelah jam kerja yang melelahkan, masyarakat kerap disibukkan dengan persiapan acara akhir pekan. Berkemah di alam liar...

Software

Unbox.id – Pengguna Android tampaknya semakin mewaspadai semakin maraknya peredaran aplikasi berbahaya yang mampu melewati sistem keamanan Google Play Store. Karena diunduh dari toko...