Tips Membuat Film Menggunakan Smartphone dari 3 Sutradara Kawakan

Jakarta, Unbox.id   –   Dalam membuat sebuah film, ada tiga tahapan yang harus dilalui oleh seorang sutradara agar hasil film menjadi suatu kesatuan cerita dengan alur menarik dan bisa memberikan kesan mendalam bagi penonton.

Membuat film di masa kini menjadi lebih mudah, karena siapa pun bisa memulainya dengan menggunakan smartphone. Samsung Galaxy Movie adalah platform bagi pengguna smartphone Samsung Galaxy untuk memperkaya keahlian mereka agar menghasilkan  konten yang berkualitas seperti sebuah film.

Simak tips membuat film menggunakan smartphone dengan mengoptimalkan fitur pada Galaxy Note10|10+ dari tiga sutradara kawakan: Joko Anwar, Yandi Laurens, dan Sammaria Sari Simanjuntak, yang akan menjadi coach di Galaxy Movie Studio.

Tips Pre-Produksi oleh Joko Anwar

 Gali ide

Jangan melimitasi diri terhadap hal-hal yang bisa menjadi sumber inspirasi. Mulai dari lingkungan tetangga, tren kekinian, hingga menonton banyak film lainnya agar wawasan semakin terbuka dan kita tidak dibatasi oleh hal-hal yang monoton.

 Menuliskan semua ide yang ada di kepala

S Pen bisa dimanfaatkan untuk menuliskan hal sekecil apapun yang terlintas di kepala. Jika semua ide dituliskan, maka akan memperkaya imajinasi dan kreativitas sebelum kita memutuskan hal menarik yang paling ingin diangkat menjadi cerita.

 Konversi ide menjadi skrip

o Ide yang terkumpul, disusun menjadi suatu alur yang menarik. Setelah mengetahui alur cerita yang ingin kita dapatkan, maka ide tersebut bisa dikonversi menjadi sebuah skrip.

o Mengkonversi tulisan tangan menjadi teks digital menjadi sangat mudah dengan Galaxy Note10|10+. Hasil teks digital bisa langsung dikonversi menjadi bentuk file word/pdf, yang bisa langsung dibagikan ke kru produksi.

 Konversi skrip menjadi visual

o Dulu, untuk memberikan gambaran alur cerita, kita harus membuat sebuah storyboard. Kini, dengan kemudahan penggunaan kamera smartphone, kita sudah memasuki penggambaran cerita yang lebih modern, dengan menggunakan videoboard.

o Videoboard akan sangat membantu kru produksi nantinya karena mereka bisa lebih mendapatkan feel yang diinginkan oleh sutradara, mulai dari lokasi shooting hingga pergerakan kamera yang diinginkan.

o Tak kalah penting, adalah membuat floorplan lebih mudah dengan S Pen pada Note10. Penggambaran penempatan kamera, kru, properti, hingga aktor menjadi lebih mudah, karena bisa langsung dibagikan secara digital.

Tips Proses Produksi oleh Yandy Laurens

 Tentukan budget produksi

o Hal ini penting agar kita bisa mengetahui sejauh mana produksi film bisa dieksplorasi dengan menggunakan budget yang sudah ditentukan di awal.

o Ketika tahap pre-produksi, yakni membuat skrip, kita harus memiliki kesadaran tentang budget produksi yang akan digunakan.

 Tidak ada alasan untuk production value yang buruk

o Pematangan konsep pada saat pre-produksi menjadi salah satu pendukung ketika memasuki proses produksi.

o Budget produksi yang terbatas tidak boleh menjadi alasan dari buruknya production value sebuah film.

o Kematangan dan kesiapan semua tahap produksi, dengan dukungan berbagai elemen pendukung seperti kekuatan cerita dan naskah, sinematografi yang baik, hingga karakter aktor, akan menjadi kekuatan dari film yang diproduksi.

 Pemain dan Keterbukaan Proses Produksi

Penting untuk memilih pemain yang tepat untuk cerita yang akan diangkat di film. Keterbukaan proses produksi perlu disampaikan agar setiap pemain dan kru mengetahui kapasitas produksi seperti apa yang sedang mereka kerjakan.

 Pemilihan tempat yang tepat

Memilih lokasi shooting, tidak harus selalu memakan biaya yang besar. Tips-nya bisa dilakukan dengan memilih lokasi “homebase”, yaitu tidak terlalu jauh dari lokasi utama sehingga tidak memakan banyak biaya untuk logistik.

 Perlakukan gear seperti kamera professional

 Kita harus memperlakukan smartphone kita kamera profesional; beri perhatian pada proses load data, grip untuk tripod, hingga penggunaan lensa tambahan.

 Kamera pada Galaxy Note10 sudah memiliki kemampuan pro-grade. Shooting menggunakan kamera Note10 dengan memanfaatkan fitur-fitur andalannya seperti live focus video, super slow-mo, zoom-in mic, dan super steady – bisa membantu kita untuk mengeksplorasi berbagai angle pengambilan gambar agar membuat cerita menjadi lebih menarik dengan sinematografi yang menawan.

Tips Post Production oleh Sammaria Sari Simajuntak

 Tahap pertama dalam post production adalah offline editing. Dalam tahapan ini semua hasil shooting kita rangkai menjadi sebuah cerita. Jika urutan gambar ini sudah di-lock (picture lock), kita akan memasuki proses-proses berikutnya yang dkerjakan dalam waktu bersamaan yaitu Sound Editing, Scoring,CGI/ VFX, dan Color Grading.

o Smartphone bisa mempersingkat tahapan tersebut. Kita sudah bisa memulai merangkai gambar sejak masih tahap produksi, bahkan pra produksi. Videoboard kita bisa persis sama dengan hasil akhir filmnya.

o Aplikasi video editing, seperti Adobe Premiere Rush, bisa dimanfaatkan untuk mengedit video mulai dari merangkai gambar sampai tone/colour movie hingga efek suara yang ingin digunakan.

 Mengedit itu sama seperti menulis. Jika menulis adalah merangkai kata, kalimat dan, paragraf, maka editing adalah proses merangkai shot, scene, dan sequence untuk menyampaikan cerita. Urutan editing yang berbeda bisa menghasilkan makna yang berbeda.

o Dua video yang sama dengan edit menggunakan urutan berbeda, bisa memberikan makna yang berbeda.

o Tentukan makna kuat apa yang ingin Anda ingin penonton rasakan ketika menonton film Anda, sehingga Anda tahu shot mana sajakah yang menjadi prioritas.

 Pemilhan musik untuk membangun mood

o Pemilihan musik atau efek suara akan menentukan mood film yang Anda buat.

Pastikan Anda sudah mengetahui mood apa yang ingin Anda bangun untuk penonton.

o Ada banyak sumber untuk mendapatkan musik atau efek secara gratis, tapi pastikan Anda tidak menggunakannya secara komersial. Jika Anda berencana menayangkan film Anda dengan skala yang lebih luas, ada baiknya untuk cek hak cipta lagu/musik yang Anda gunakan dalam film.

Double check untuk setiap detail dan segala kemungkinan lainnya.

o Jika kita dalam kondisi yang kurang maksimal, ada kalanya kita sering melupakan hal-hal kecil, yang mungkin saja masuk ke dalam adegan film.

o Pastikan Anda dan tim memiliki kerja sama yang baik untuk saling double check film yang sedang di-edit.

o Jika ingin mengedit langsung menggunakan smartphone, akan lebih terasa nyaman menggunakan layar yang lebih besar.

o Tips bagi pengguna Note10, Anda bisa memanfaatkan fitur Samsung DeX untuk mengedit film Anda. Pengeditan bisa dilakukan di laptop dengan layar lebih besar, sehingga Anda bisa lebih teliti ketika sedang mengedit film.

Tinggalkan Balasan