Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Sudah tidak terpakai? Inilah Cara Menghapus Akun Telegram

cara menghapus akun telegram

Last updated on 18 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Telegram adalah salah satu aplikasi chatting berbasis internet selain WhatsApp. Aplikasi satu ini mengedepankan fitur keamanan dan privasi, salah satunya bisa menghapus akun.

Jadi manfaatkanlah fitur satu ini bila akun Anda sudah tidak digunakan lagi. Hal ini untuk mencegah akun disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung tanpa kita ketahui.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara mencari akun id

Namun sebenarnya, bila Anda tidak menggunakan akun selama 6 bulan, Telegram akan menghapusnya secara otomatis.

Sebelum menghapus akun, pastikan dulu semua data penting dari akun sudah dicadangkan ke tempat lain. Hal ini karena setelah akun dihapus, data tidak akan bisa diakses lagi.

Setelah siap, ikutilah cara menghapus akun Telegram di bawah ini.

Langkah Menghapus Akun Telegram

Sekarang pegang smartphone Anda dan buka akun telegram yang ingin dihapus. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setting di pojok kanan bawah untuk iOS atau garis tiga di pojok kiri atas untuk Android.
  2. Pilih Privacy and Security.
  3. Cari hingga menemukan menu Automatically Delete My Account.
  4. Pilih tulisan If Away For untuk mengatur waktu penghapusan akun. Anda bisa memilih dari 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.

Sekarang akun Anda akan terhapus setelah akun nonaktif dalam jangka waktu yang dipilih. Nonaktif di sini bisa berarti Anda logout dari akun atau uninstall aplikasi.

Baca juga: Cara Mencari Telegram ID

Menghapus Akun Telegram dari Browser

cara menghapus akun telegram browser

Selain dari aplikasi smartphone, Anda juga bisa menghapus smartphone dari browser. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka browser di mana saja, baik di komputer maupun ponsel.
  2. Kunjungi https://my.telegram.org/delete
  3. Masukkan nomor telepon telegram Anda.
  4. Sebuah kode konfirmasi akan dikirimkan ke akun Anda di aplikasi Instagram dan pilih sign in.
  5. Terbukalah 3 menu danpilih Delete Account di tengah.
  6. Isi juga alasan Anda menghapus akun di kolom bawah nomor telepon.
  7. Setelah itu pilih Delete My Account, konfirmasi penghapusan, dan tunggu sampai selesai.

Selain denagn cara tadi, masih ada satu cara lain untuk menghapusnya dari browse. Perbedaan hanya ada di bagian alamat web yang dipakai untuk menghapus.

Anda juga bisa mengetikkan https://my.telegram.org/auth di kolom alamat web untuk mencapai web penghapusan akun Telegram.

Mengapa Menghapus Akun Tidak Terpakai?

Ada banyak alasan mengapa menghapus akun tidak terpakai penting dilakukan. Alasan paling utamanya adalah untuk menjaga data yang Anda pakai di akun tersebut tetap aman.

Sekarang pencurian data sudah bukan hal asing lagi. Salah satu data yang paling mudah dipakai adalah password Anda. Bila Anda juga memakai password yang sama di akun lain, artinya dia juga bisa mengakses akun lain Anda tersebut.

Biarpun Anda tidak memakai lagi password itu, data-data yang tersimpan bisa dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan sekuritas di website dan aplikasi lain.

Bila Anda pernah memasukkan data sensitif seperti nomor kartu kredit dan semacamnya, hal ini lebih berbahaya lagi. Jadi sebaiknya menghapus akun lama yang sudah tidak digunakan lagi.

 

Itulah tadi cara menghapus akun Telegram yang bisa Anda ikuti. Selamat mencoba!

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Telegram kini menjadi perbincangan karena layanannya kerap digunakan untuk aktivitas ilegal. Tim Kaspersky Digital Footprint Intelligence juga menganalisis saluran hantu Telegram. Faktanya,...

Apps & Games

Unbox.id – Selama bertahun-tahun, aplikasi perpesanan selalu memblokir pengguna untuk mengobrol dengan aplikasi perpesanan lain. Misalnya pengguna WhatsApp hanya bisa chatting dengan pengguna WhatsApp...

Apps & Games

Unbox.id – Menggunakan aplikasi chatting seperti Telegram tentu tidak jarang kita jumpai pengguna dari berbagai negara dan bahasa yang berbeda-beda. Lalu bagaimana Anda bisa...

Tech Industry

Last updated on 9 Juni, 2024 Unbox.id – Telegram baru-baru ini memperkenalkan fitur-fitur baru dan disempurnakan untuk pengguna. Dan beberapa item telah diluncurkan hanya...