Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Telegram Punya Fitur Terjemahkan Chat Secara Langsung

Fitur Terjemahkan Chat Telegram_1a
Fitur Terjemahkan Chat Telegram. (Sumber: Application Idea)

Unbox.id – Menggunakan aplikasi chatting seperti Telegram tentu tidak jarang kita jumpai pengguna dari berbagai negara dan bahasa yang berbeda-beda. Lalu bagaimana Anda bisa berkomunikasi dengan nyaman jika Anda tidak menguasai bahasa asing dengan baik? Beberapa orang sering menyalin pesan ke Google Translate secara manual untuk memahami maksud pesan tersebut. Namun ternyata Telegram memiliki fitur bawaan yang dapat menerjemahkan pesan ke dalam bahasa Anda. Dikutip dari Android Police, Telegram mendukung terjemahan di beberapa perangkat, baik di aplikasi seluler maupun situs web. Oleh karena itu, pengguna dapat terhubung lebih nyaman dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Pertama-tama, Anda harus mengaktifkannya di aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Cara Mengaktifkan Terjemahan di Telegram

Fitur Terjemahkan Chat Telegram_2b

Fitur Terjemahkan Chat Telegram. (Sumber: Techno Red)

Telegram memiliki bagian untuk memilih bahasa yang kamu ingin gunakan sebagai terjemahan. Kamu bisa mengaktifkan fitur terjemahan pesan melalui langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Ketuk menu hamburger (tiga garis horizontal) di sudut kiri atas halaman beranda.
  • Buka Pengaturan (Settings).
  • Buka Bahasa (Language).
  • Aktifkan Tampilkan Tombol Terjemahan (Show Translate Button).

Setelah mengaktifkan fitur ini di aplikasi Telegram, kamu juga bisa memilih bahasa yang ingin kamu terjemahkan atau tidak. Berikut cara mengaturnya.

  • Setelah fitur Terjemahan Telegram aktif, akan muncul opsi baru bernama Do Not Translate.
  • Kemudian, centang bahasa yang tidak ingin kamu terjemahkan.

Cara Menerjemahkan Pesan Telegram

Dengan terjemahan yang diaktifkan di aplikasi, hanya perlu beberapa klik untuk menerjemahkan pesan secara real time. Ini akan berguna saat Anda berada dalam obrolan pribadi, obrolan grup, atau saluran. Sedangkan untuk menerjemahkan pesan, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka percakapan, lalu ketuk pesan yang ingin diterjemahkan untuk membuka menu pop-up.
  • Dari daftar opsi, ketuk Terjemahkan agar aplikasi dapat mengidentifikasi bahasa pesan secara otomatis.
  • Pesan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (atau bahasa bawaan yang kamu gunakan di Telegram).
  • Ketuk Tutup Terjemahan setelah selesai untuk kembali ke rangkaian obrolan dan melanjutkan pengiriman pesan.

Sekadar informasi, Telegram juga menawarkan lebih banyak fitur terjemahan di versi premiumnya. Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur tambahan dan mengakses fitur baru jika berlangganan.

Dengan cara ini Anda dapat menerjemahkan semua pesan dalam obrolan tertentu secara otomatis alih-alih menerjemahkan pesan satu per satu. Anda juga akan melihat opsi baru bernama Terjemahkan seluruh obrolan dalam setelan bahasa.

Jika diaktifkan, obrolan yang bukan dalam bahasa asli pengguna akan menampilkan opsi untuk menerjemahkannya atau mengubah setelan Dasar, seperti bahasa terjemahan, di bagian bagian atas jendela.

Baca juga: Fitur Baru Telegram Bikin Chatting Makin Seru Dan Mudah

Telegram untuk iOS Sudah Lebih Dulu Memiliki Lebih Banyak Fitur

Telegram App_2b

Telegram App. (Sumber: Trust Tech)

Sementara itu, meskipun aplikasi Telegram Android dan iOS sama-sama memiliki opsi terjemahan, versi iPhone tampaknya menawarkan lebih banyak fitur. Android baru saja menerima fitur ini.

Misalnya, di aplikasi Telegram untuk Android, Anda dapat mengubah bahasa terjemahan jendela obrolan, sesuatu yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh aplikasi iOS. Selain itu, Anda dapat menyalin teks yang diterjemahkan dengan menekan dan menahan, sementara aplikasi iOS menawarkan tombol langsung untuk melakukannya hanya dengan satu klik.

Telegram juga tidak bisa mengganti teks asli dengan terjemahan saat mengetik. Ini berbeda dengan fitur terjemahan aplikasi iMessage di iPhone. Sebelumnya, Telegram meluncurkan pembaruan penting pada aplikasi iOS dan Android, menghadirkan sejumlah fitur baru dan peningkatan yang memperkaya pengalaman pengguna.

Salah satu pembaruan penting adalah kemampuan untuk mentranskripsikan pesan suara dan video untuk semua pengguna, bukan hanya pelanggan berbayar. Meskipun fitur ini terbatas, pengguna gratis masih dapat dengan mudah mengubah dua pesan per minggu menjadi teks.

Untuk melakukan ini, cukup ketuk →Ikon pada pesan suara untuk langsung mendapatkan versi teks dari memo tersebut. Perlu diperhatikan bahwa fitur ini diluncurkan secara bertahap sehingga mungkin tidak langsung tersedia untuk semua pengguna Telegram.

Selain itu, Telegram meningkatkan penemuan saluran dengan menawarkan penawaran ekspor saluran publik yang sama setiap kali Anda bergabung dengan suatu saluran.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Selama bertahun-tahun, aplikasi perpesanan selalu memblokir pengguna untuk mengobrol dengan aplikasi perpesanan lain. Misalnya pengguna WhatsApp hanya bisa chatting dengan pengguna WhatsApp...

Tech Industry

Unbox.id – Telegram baru-baru ini memperkenalkan fitur-fitur baru dan disempurnakan untuk pengguna. Dan beberapa item telah diluncurkan hanya untuk pengguna Telegram Premium. Quote Widgets...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Selama bertahun-tahun, Meta telah “terinspirasi” oleh berbagai pesaing untuk meluncurkan fitur-fitur serupa. Beberapa kemudian mati begitu saja, yang lain menjadi jauh...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, aplikasi perpesanan milik Meta, WhatsApp telah resmi merilis akun official yang ada di ruang chat setiap penggunanya. Akun resmi...