Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Meta Akhirnya Luncurkan Fitur Channel di Facebook dan Messenger

Meta
Meta bawa fitur Channel ke Facebook dan Messenger | foto: TechCrunch

Jakarta, Unbox.id – Selama bertahun-tahun, Meta telah “terinspirasi” oleh berbagai pesaing untuk meluncurkan fitur-fitur serupa. Beberapa kemudian mati begitu saja, yang lain menjadi jauh lebih populer daripada aslinya, seperti fitur stories (status/cerita).

Tampaknya, saat ini menjadi ‘hari-hari’ inovasi yang terus berulang. Meta kembali meluncurkan fitur baru yang ‘terinspirasi’ oleh Telegram. Di mana fitur ‘Channel’ sudah ada di WhatsApp dan Instagram, kabarnya akan merambah ke Facebook dan Messenger.

Baca juga: HyperOS akan Segera Hadir Bersama Peluncuran Xiaomi 14

Pengguna Facebook yang mengelola fanspage atau halaman, dapat memulai fitur ‘channel’ tersebut. Perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu cara untuk menjangkau para pengguna lebih dekat dan lebih luas.

Meta Hadirkan Fitur Channel ke Facebook dan Messenger

‘Channel’ atau ‘saluran siaran’ pada dasarnya adalah alat pengiriman pesan “satu ke banyak”. Cara ini paling baik digunakan oleh tokoh masyarakat, selebritas, dan “kreator” online untuk mencoba memonetisasi lebih banyak uang dari penggemarnya. 

Sebagai imbalannya, para penggemar tersebut bisa “merasa lebih terhubung dan menyelami lebih dalam hal-hal yang paling berarti bagi mereka”, apa pun artinya. Penggemar dapat mengikuti update terkini dari para kreator kesayangan mereka melalui pesan. 

Baca juga: Honor Play 8T Rilis di China, Simak Ulasan Spesifikasinya

Siapa pun akan dapat bergabung dengan saluran siaran untuk mendapatkan akses ke hal-hal menarik. Di antaranya seperti jajak pendapat, “foto atau video di balik layar”, atau catatan suara “untuk ekspresi yang lebih otentik”. 

Tidak Jauh Berbeda dengan Telegram

Jika Anda adalah tipe orang yang mengelola Halaman Facebook dan menginginkan akses ke saluran siaran, Anda dapat memulainya langsung dari Halaman Anda. Tentunya, Anda harus memperhatikan apakah fitur ini sudah tersedia di tempat tinggal Anda.

Jika belum, Anda dapat bergabung dalam ‘waiting list’ atau daftar tunggu yang Meta sediakan. Saat Anda mengirim pesan pertama di saluran siaran, semua pengikut Halaman Anda akan menerima spam dan meminta mereka untuk bergabung dengan saluran baru Anda. 

Hanya Anda yang dapat mengirim pesan dalam channel tersebut. Pengikut hanya dapat memberikan reaksi serta polling dalam sesi jejak pendapat. Di sisi lain, jika Anda bergabung dengan saluran siaran, Anda akan mendapat notifikasi spam setiap kali ada postingan baru. 

Sumber: GSM Arena

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...