Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Update Baru WhatsApp akan Bisa Bikin Pengguna Chat ke Telegram

Update Baru WhatsApp Telegram_1a
Update Baru WhatsApp Telegram. (Sumber: Radar Gadget)

Unbox.id – Selama bertahun-tahun, aplikasi perpesanan selalu memblokir pengguna untuk mengobrol dengan aplikasi perpesanan lain. Misalnya pengguna WhatsApp hanya bisa chatting dengan pengguna WhatsApp lainnya. Namun, pada bulan Maret tahun ini, perubahan yang telah lama ditunggu-tunggu akan menghilangkan hambatan yang terkait dengan pengiriman pesan lintas platform. Pasalnya, pembaruan aplikasi WhatsApp akan mengintegrasikan kemampuan berinteraksi dengan aplikasi lain. Mengutip Gizchina, pengumuman tersebut dibenarkan oleh Direktur Teknik WhatsApp Dick Brouwer. Dikatakan bahwa pengguna dapat langsung membaca dan mengirim pesan ke kontak di platform lain, misalnya iMessage, Telegram, Google Messages, dan lain-lain. tanpa harus berpindah aplikasi. Kemudahan ini tidak hanya memudahkan Anda tanpa harus berpindah aplikasi saat mengobrol, tetapi juga mendorong komunikasi tanpa batas.

Tantangan Menghubungkan WhatsApp dan Aplikasi Lain

Update Baru WhatsApp Telegram_2b

Update Baru WhatsApp Telegram. (Sumber: Digital Techno)

Namun, mencoba menghubungkan satu aplikasi ke aplikasi lainnya menimbulkan tantangan besar. Tantangan yang disebutkan berkaitan dengan keseimbangan antara interoperabilitas dengan fitur WhatsApp dan enkripsi end-to-end. Brouwer mengakui bahwa kesulitan ini serupa dengan interoperabilitas iMessage Apple dengan RCS.

Semua Gara-Gara Aturan Uni Eropa, DMA

Ia mengatakan masalah ini perlu diatasi untuk memastikan kepercayaan dan keamanan pengguna tetap menjadi yang utama.

Pendorong utama perubahan interoperabilitas ini bukan hanya kebutuhan pengguna tetapi juga adanya peraturan Uni Eropa, khususnya peraturan Eropa. Undang-undang Aliansi Pasar Digital (DMA).

Undang-undang ini disahkan pada bulan Maret 2024 dan menargetkan perusahaan teknologi besar seperti Meta dan WhatsApp, serta memaksa mereka untuk membuka platform mereka guna meningkatkan persaingan dan pilihan bagi pengguna.

Karena adanya Undang-undang DMA, WhatsApp telah mempercepat jadwal keterlibatannya. WhatsApp juga diimbau untuk mematuhi sanksi yang berlaku.

Meskipun ada pembicaraan tentang kemampuan obrolan lintas platform, implementasinya masih menjadi misteri. Detail awal mengungkapkan pendekatan kompleks terhadap obrolan lintas platform.

Fase Awal Implementasi Berlaku untuk Pesan Teks

Alih-alih koneksi langsung antar pengguna, WhatsApp berencana untuk menulis ulang protokolnya, sehingga memungkinkan aplikasi lain untuk terhubung ke servernya.

Hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang aksesibilitas, akses data, dan kemungkinan kerentanan. Faktanya, transparansi dan komunikasi merupakan faktor penting dalam mengurangi kekhawatiran pengguna.

Sementara itu, tahap pertama implementasi interoperabilitas akan fokus pada pesan komunikasi. Kemudian diperluas untuk mengirim gambar, video, dan bahkan audio.

Baca juga: Cara Pastikan Keamanan Obrolan Di WhatsApp

Pengguna Bisa Pilih Mau Sambungkan WhatsApp ke Telegram

Update Baru WhatsApp Telegram_3c

Update Baru WhatsApp Telegram. (Sumber: TelecomTalk)

Panggilan telepon dan kelompok fokus kemudian dapat dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan lintas platform. Namun, kontrol pengguna tetap menjadi aspek penting, di mana interoperabilitas akan menjadi pilihan dan bukan kewajiban.

Oleh karena itu, pengguna dapat memilih untuk membuka WhatsApp untuk menghubungkan Connect ke aplikasi lain atau tidak. Pilihan ini juga menimbulkan dilema. Pasalnya, hadirnya interoperabilitas akan membuat pengguna dapat dengan mudah mengirim pesan dari WhatsApp ke platform lain. Di sisi lain, masyarakat juga nampaknya khawatir terhadap privasi dan risiko keamanan tersembunyi.

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan yang memungkinkan pengguna bertukar pesan teks, gambar, video, dan file lainnya secara gratis melalui koneksi Internet. Diluncurkan pada tahun 2009, WhatsApp populer di seluruh dunia berkat kemudahan penggunaannya, keamanan pesan melalui enkripsi ujung ke ujung, dan fitur tambahan seperti panggilan suara dan video.

Aplikasi ini tersedia di berbagai platform, termasuk iOS, Android, dan desktop, dan merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Anda pasti salah satu yang menggunakan WhatsApp, cobalah untuk mengupdatennya dan rasakan fitur terbarunya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Tech Industry

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...