Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Sticker WhatsApp Web Sekarang Bisa Bikin Sendiri

Jakarta, Unbox.id – WhatsApp sekarang mengupdate versi webnya dengan sebuah built-in Sticker Maker. Artinya, sekarang Anda bisa membuat sticker di WhatsApp Web. Dengan Sticker Maker, Anda bisa mengubah gambar biasa di galeri menjadi sebuah sticker yang bisa dikirimkan dalam pesan chat.

Tidak hanya tersedia dalam versi web, menurut The Verge, fitur ini juga akan hadir dalam versi aplikasi Desktop minggu depan. Saat membuat sticker, Anda bisa menambahkan emoji, teks, memotong gambar, menghilangkan latar, bahkan menambahkan sticker lain di atasnya.

Bisa membuat sticker sendiri di WhatsApp bukan hal besar. Saat ini ada banyak pilihan aplikasi pihak ketiga yang bisa melakukan hal ini. Namun tidak dipungkiri, fitur ini sangat memudahkan dalam versi desktop dan web, karena Anda bisa mengedit gambar dengan mouse.

Langkah Membuat Sticker WhatsApp Web

Langkah membuat sticker whatsapp web (sumber android police)

Langkah membuat sticker whatsapp web (sumber android police)

Untuk bisa mulai mengekspresikan diri dengan sticker baru, ada beberapa langkah yang harus dijalankan terlebih dahulu.

Membuka Akun WhatsApp Web

Syarat pertama pemakaian sticker ini tentu membuka akun WhatsApp Web. Caranya sangat mudah, cukup dengan membuka terlebih dahulu web.whatsapp.com.

Anda akan menemukan sebuah barcode yang harus di-scan. Untuk itu, buka aplikasi WhatsApp di ponsel dan pilih tanda 3 titik di pojok kanan atas.

Pilih Linked Devices dan Anda akan menemukan daftar perangkat tempat WhatsApp Anda terhubung. Pilih Link A Device dan scan barcode yang ada di web. WhatsApp Web Anda pun akan terbuka.

Baca juga: Inilah List Password Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Membuat Sticker

Langkah membuat sticker whatsapp web

Langkah membuat sticker whatsapp web 02 (sumber android police)

Sekarang Anda sudah mulai bisa membuat sticker di WhatsApp Web.

  1. Masuk ke chat dan klik ikon Emoji di sisi kiri tempat memasukkan teks.
  2. Pilih simbol Sticker.
  3. Akan ada opsi Create di pilihan pertama sticker.
  4. Pilih file gambar yang ingin dipakai sebagai sticker.
  5. Sekarang Anda akan melihat WhatsApp Image Editor untuk membuat gambar Anda menjadi sticker yang menarik.
  6. Setelah selesai editing, klik Save di sisi kanan atas. Atau Anda juga bisa langsung mengirimkan sticker dengan panah Send di kanan bawah.

Mengimport Sticker ke HP

Tidak hanya membuat sticker, sekarang Anda juga bisa memindahkan sticker WhatsApp Web ke aplikasi di HP. Mungkin memang bukan cara langsung, tetapi tetap berguna dan efektif.

  1. Cari kontak yang terpercaya dan kasih mereka Anda ingin menggunakan chat ini untuk membuat sticker.
  2. Buat sticker Anda seperti cara di atas.
  3. Kirimkan sticker sebanyak yang Anda mau (dan dia bersedia terima).
  4. Buka chat Anda dengan teman di aplikasi HP.
  5. Pilih sticker-sticker yang Anda kirimkan.
  6. Pilih Add to Favorites untuk menyimpannya di kolom sticker.

Sekarang sticker WhatsApp Web kreasi Anda juga sudah bisa dipakai di HP.

Tentang Sticker WhatsApp

Sticker WhatsApp pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018. Setelah itu, aplikasi messaging ini terus memperbaruinya dengan sticker animasi yang bisa bergerak dan saran sticker berdasarkan emoji.

Bisa dibilang, sticker adalah ekspresi diri yang lebih personal daripada emoji. WhatsApp sendiri sudah lama tidak mendukung pembuatan sticker. Untuk bisa membuatnya, Anda harus memakai aplikasi pihak ketiga.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Kabar gembira untuk para pengguna WhatsApp, karena platform obrolan ini sekarang mendapatkan fitur baru untuk mengirim dan menerima pesan dengan empat...

Apps & Games

Last updated on 18 November, 2019​Jakarta, Unbox.id  – LINE Corporation menghadirkan fitur baru yang dapat menambah pengalaman seru para kreator yang aktif dalam LINE...

Social Media

Jakarta, Unbox.id  – Setelah sebelumnya meluncurkan Custom Stickers dengan mengusung karakter populer BROWN & FRIENDS, kini Custom Stickers memungkinkan pengguna membubuhkan nama mereka ke...

Social Media

Tokyo,  Unbox.id – LINE Corporation (“LINE”) kini menghadirkan stickers khusus, Custom Stickers yang memungkinkan pengguna menambahkan nama mereka ke stickers dengan karakter LINE, seperti Brown,...