Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Panduan Mudah Melakukan Street Photography

Street Photography adalah salah satu bagian dari bidang Fotografi. Dinamakan Street Photography karena objek yang dipotret adalah segala kegiatan atau aktivitas keseharian yang terjadi di jalanan dan tempat umum.

“Seorang fotografer jalanan membutuhkan keberanian dan tantangan tersendiri, terutama bagi seseorang yang pemalu dan mudah panik karena akan ada saatnya seorang street photographer dimarahi, diteriaki, diusir, diminta menghapus foto yang mereka ambil”

Meski terlihat simple karena tak perlu ada setting terhadap objek yang difoto, akan tetapi melakukan Street Photography ini tidaklah mudah. Apalagi bila kita menginginkan hasil foto yang unik, menarik dan bermakna.

Street Photography

Dibutuhkan beberapa faktor pendukung dalam melakukan Photography ini diantaranya adalah seorang fotografer jalanan membutuhkan keberanian dan tantangan tersendiri, terutama bagi seseorang yang pemalu dan mudah panik karena akan ada saatnya seorang street photographer dimarahi, diteriaki, diusir, diminta menghapus foto yang mereka ambil.

Oleh sebab itu, dibutuhkan beberapa tips cara melakukan street photography agar dapat menghasilkan sebuah foto jalanan yang unik, menarik dan juga penuh makna. Berikut adalah caranya:

Street Photography

Hasil pada Street Photography Membutuhkan Teknik Tertentu

  1. Anda sebaiknya membawa peralatan seminimal mungkin. Sebuah kamera dan lensa pun sudah cukup. Karena dalam melakukan street photography ini membutuhkan keleluasaan dan penampilan yang tidak mencolok yang dapat menghindari banyak perhatian di tempat umum.
  2. Anda sebaiknya menggunakan pakaian yang sesuai dan umum untuk lebih mudah berbaur dengan keramaian agar orang-orang tidak memperhatikan Anda dalam melakukan street photography.
  3. Anda disarankan untuk mematikan flash dan atur setting kamera sebelum keluar rumah dan melakukan photography ini agar tidak menarik perhatian rang banyak dengan kilauan lensa kamera dan siap siaga saat ada aktivitas atau momen yang menarik untuk difoto.
  4. Anda sebaiknya menggunakan mode aperture dan center focus pada settingan kamera untuk kemudahan mendapatkan foto dengan cepat, mengingat hal-hal yang terjadi di jalanan bisa sangat tidak terduga dan berlalu dengan cepat.
  5. Anda hendaknya sabar dalam melakukan teknik foto ini, terutama dalam mencari lokasi yang ramai dan menarik secara natural serta menunggu momen yang unik dan menarik untuk Anda bidik.

Demikian beberapa  cara mudah melakukan street photography agar hasil foto jalanannya unik dan indah. Selamat mencoba!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Unbox.id – Jenis kamera yang digunakan sangat penting bagi setiap orang sebelum memasuki dunia fotografi. Pasalnya dengan memahami detail kamera, maka hasil pengambilan momen...

Xiaomi

Jakarta, Unbox.id – Perusahaan teknologi digital asal Tiongkok, Xiaomi telah meluncurkan produk baru fotografis yang mumpuni, yaitu Kamera Luar Ruangan CW700S. Kabarnya, produk kamera...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max tahun ini hadir dengan beberapa fitur eksklusif. Di antaranya adalah kemampuan merekam video spasial...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda para fotografer tentu sudah tak asing lagi dengan benda satu ini. Softbox merupakan sebuah perlengkapan fotografi yang dapat digunakan...