Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Lakukan Langkah Ini Jika Whatsapp Memenuhi Memori Ponsel

Whatsapp
ilustrasi | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Memiliki ponsel pintar atau smartphone dengan kapasitas RAM dan internal yang rendah memang cukup merepotkan saat muncul peringatan memori penuh. Jika anda sudah menghapus semua media seperti foto, video atau MP3, lantas apa yang membuat memori anda penuh? Bisa saja aplikasi Whatsapp yang sudah anda gunakan bertahun-tahun.

Nah, berikut adalah cara mengatasi peringatan memori ponsel penuh akibat aplikasi Whatsapp yang memakan banyak ruang. Simak artikel lengkapnya.

Ekspor Chat Penting

Sistem pada aplikasi pesan singkat berlogo hijau tersebut memiliki sistem pencadangan Google Drive selama satu bulan atau satu minggu sekali. Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan anda melalui menu setting atau pengaturan. Masalahnya, fitur pencadangan ini hanya berguna untuk menjaga chat anda tidak hilang jika ponsel anda rusak.

Akan tetapi, jika ponsel anda penuh, anda tetap harus menghapus ribuan chat yang ada di aplikasi Whatsapp tersebut. Namun, jika anda sayang dengan chat anda, anda bisa mengasrsipkannya dalam bentuk .txt di Google Drive. Anda tetap dapat membukanya di sana.

Caranya, buka chat pribadi atau grup yang anda inginkan di aplikasi tersebut. Setelah anda masuk ke dalam tampilan chat, tekan titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar aplikasi anda. Akan muncul 6 menu yang bisa anda pilih, maka pilih menu yang paling bawah, yakni ‘Lainnya’

berbagai sumber

Setelah terbuka menu lanjutan, di sana anda akan melihat lima menu, kemudian pilih ‘Ekspor Chat’. Akan muncul kotak dialog dengan dua pilihan, yakni ‘sertakan media’ atau ‘tanpa media’. Artinya anda bisa memilih untuk mengekspor chatnya saja atau disertai media.

baca juga : WhatsApp Lakukan Langkah Tegas Untuk Pesan Diteruskan!

Kemudian akan segera muncul pilihan aplikasi di mana anda bebas memilih tempat untuk menaruh ekspor chat dengan format file .txt tersebut. Pilihlah Google Drive, dan proses ekspor selesai. Lakukan pada daftar chat yang penting-penting saja, selain itu anda bisa menghapusnya.

Bersihkan Chat Whatsapp

Langkah selanjutnya adalah menghapus semua chat yang memenuhi memori ponsel anda. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika suatu saat anda membutuhkan untuk memeriksa percakapan. Atau, anda butuh bukti percakapan untuk mengkonfirmasi perkataan anda sebelumnya. Pesan penting tentunya tidak akan benar-benar hilang dari ponsel anda.

baca juga : Fitur Baru WhatsApp Membuat Pesan Suara Lebih Interaktif

Anda bisa menandai satu persatu, akan tetapi anda tidak bisa mengikutsertakan grup dalam penghapusan massal ini. Anda hanya bisa menandai pesan pribadi, kemudian anda hapus dengan menekan tombol hapus.

Tombol tersebut berlogo tempat sampah yang terletak di bagian atas, secara otomatis chat tersebut akan hilang dan ruangan ponsel akan kembali kosong.

sumber : Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Tahukah anda, saat ini pihak pengembang aplikasi perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp telah memperbarui fitur privasi ‘terakhir dilihat’. Dengan mengubah...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menggunakan aplikasi untuk melakukan kegiatan pertemuan atau perkuliahan sudah sering terjadi di era sekarang ini. Penggunaan media virtual seperti Zoom dan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Setelah sebelumnya WhatsApp telah menghadirkan fitur transfer chat history dari perangkat iOS ke Android, akhirnya WhatsApp kini merilis fitur baru yang...

Google

Jakarta, Unbox.id – Secara resmi, Google hari ini mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah menutup layanan Google Talk secara permanen. Hari ini, tepatnya tanggal 16...