Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Ketahui Cara Menghindari Penipuan dari File PDF Palsu

PDF
sumber: shuttershock

Last updated on 4 September, 2023

Jakarta, Unbox.id – Seiring berkembangnya fitur-fitur aplikasi perpesanan di WhatsApp, Facebook, dan aplikasi lainnya, banyak pula modus penipuan yang beredar. Salah satunya adalah mengirim file PDF palsu yang digunakan untuk phising, yakni pencurian data digital.

Para pelaku kejahatan di dunia internet biasanya melancarkan aksi dengan mengaku sebagai lembaga, entah itu Bank Indonesia, BPJS, maupun petugas kurir pengantar barang. Hal tersebut mereka lakukan agar korbannya mudah percaya dan membuka file PDF palsu.

Baca juga: Manfaatkan Peluang Bisnis Dengan Jualan Online di Shopee

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana file yang asli dan palsu, sehingga tidak mudah untuk termakan modus penipuan. Berikut ini adalah ciri file PDF asli yang mesti Anda ketahui dan cara mengatasi file phising dari orang tidak Anda kenali. 

Cara Mengenali File PDF Asli dari Perpesanan Internet

File Portable Document Format merupakan salah satu file yang memiliki kemudahan akses, baik di komputer, smartphone, atau tablet. Orang-orang sering menggunakan berkas dengan format tersebut untuk berbagai macam keperluan, baik teks maupun grafik.

Pada umumnya, file yang asli memiliki ciri khas berwarna merah, bukan biru, hijau, ataupun kuning. Setidaknya Anda dapat langsung mengetahui jika format file tersebut tidak berwarna merah akan tetapi bertuliskan .PDF, sebaiknya jangan Anda buka.

Baca juga: Punya Harga Pas, Ini List Harga Ponsel Vivo di Awal September 2023!

Selanjutnya, file .PDF ini memiliki nama format dengan tulisan huruf kapital, bukan huruf-huruf kecil. Anda dapat mengenali dua ciri-ciri tersebut untuk dapat dengan mudah mengenali mana file yang asli dan file phising berkedok apa pun.

Cara Menghindari Modus Penipuan di Media Sosial

Saat ini, media sosial perpesanan singkat yang terpopuler, WhatsApp, telah mendukung keamanan ekstra bagi penggunanya. Salah satunya adalah membatasi pesan dan privasi dari nomor yang tidak ada di dalam kontak Anda.

Nomor asing yang tidak terdapat di dalam kontak tidak akan bisa melihat bio, nama, foto profil, maupun melakukan panggilan dengan Anda. Akan tetapi, mereka tetap bisa mengirimkan pesan singkat baik berupa gambar, video, maupun file dokumen.

Untuk menghindari modus penipuan, Anda bisa langsung menghapus file phising tersebut atau memblokir nomor yang tidak Anda kenali. Biasanya, lembaga besar seperti Bank, Kepolisian, atau perusahaan tidak akan menghubungi dengan nomor pribadi.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – WhatsApp beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat...

Apps & Games

Unbox.id – Selama bertahun-tahun, aplikasi perpesanan selalu memblokir pengguna untuk mengobrol dengan aplikasi perpesanan lain. Misalnya pengguna WhatsApp hanya bisa chatting dengan pengguna WhatsApp...

Apps & Games

Unbox.id – Banyak pengguna WhatsApp yang membagikan informasi dan pesan pribadinya melalui aplikasi chatting ini. Meski dilengkapi enkripsi end-to-end, aplikasi chatting ini sebenarnya memiliki...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru yang disebut Berbagi File Terdekat, yang memungkinkan pengguna berbagi file dengan kontak terdekat. WhatsApp versi beta terbaru...