Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

3 Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan PDF untuk Android

tanda tangan
cara menandatangani PDF di HP | foto: popular science

Jakarta, Unbox.id – Di era digital seperti sekarang ini, hampir segala jenis adminsitrasi menggunakan sarana komputerisasi. Bahkan, saat ini tanda tangan untuk surat pun dapat Anda lakukan dengan aplikasi. Berbagai aplikasi tersedia di Google Play Store untuk Android.

Pada ulasan ini, Unbox akan membahas tentang bagaimana caranya menandatangani dokumen PDF secara digital. Tanda tangan yang Anda tambahkan tentu saja dapat berupa gambar langsung di layar atau mengambilnya menggunakan kamera/scanner.

Tanda Tangan Dokumen PDF dengan Aplikasi Bawaan

Setiap ponsel memiliki jenis aplikasi bawaannya masing-masing, termasuk aplikasi catatan yang dapat membuka dan mengedit file PDF. Di ponsel Samsung misalnya, terdapat aplikasi Samsung Notes yang dapat menambahkan teks, menyalin, atau memberi coretan di dokumen.

Baca juga: Ponsel Advan Termurah Dengan Harga Baru di Bulan September 2023

Dari aplikasi tersebut, Anda dapat menyesuaikan jenis pena, menyesuaikan ukurannya dengan mode select object lalu paskan dengan kolom tanda tangan. Setelah selesai, simpan berkas PDF dengan bubuhan tanda tangan yang sudah Anda tambahkan.

Menggunakan Aplikasi CamScanner

Aplikasi CamScanner merupakan salah satu alat scan paling populer di kalangan pengguna smartphone Android. Sebab, ukurannya yang cenderung ringan dan fiturnya yang lengkap membuat banyak orang memilihnya untuk kebutuhan mengolah PDF.

Untuk menambahkan tanda tangan menggunakan aplikasi CamScanner, pertama-tama buka aplikasi. Klik impor file PDF lalu pilih dokumen yang ingin Anda tandatangani. Setelah file dipilih, klik file tersebut hingga muncul dalam layar editor.

Baca juga: Cara Mengirim Aplikasi Offline dengan Google Play Store

Di bawah, Anda dapat melihat fitur-fitur yang tersedia, salah satunya adalah fitur tandatangan. Tambahkan tandatangan dengan mengambil gambar tandatangan pribadi Anda menggunakan kamera.

Menggunakan Sign PDF

Alikasi selanjutnya adalah Sign PDF yang bisa Anda download di Google Play Store. Alat untuk menambahkan tandatangan tersebut memiliki ukuran hanya 6.6 MB. Ini sangat ringan, cocok bagi ponsel yang memiliki kapasitas RAM rendah.

Caranya sangat mudah. Buka aplikasi, pilih import file atau open file. File pilihan Anda akan terbuka melalui aplikasi tersebut. Pilih insert signature, lalu kotak tandatangan manual akan muncul, gambar tandatangan Anda dalam kolom.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Saat ini smartphone sudah menjadi sebuah alat yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah kebutuhan untuk mengambil foto. Masyarakat modern gemar mengabadikan...

Software

Unbox.id – Google menghadirkan pendekatan AI pada proses pembelajaran guru dan siswa. Dengan teknologi AI ini, Google berusaha meningkatkan fungsionalitas untuk menciptakan kegiatan pembelajaran...

Tech Industry

Unbox.id – Presiden Jokowi resmi menandatangani Peraturan Presiden tentang Hak Penerbit. Jokowi mengatakan peraturan tersebut bertujuan untuk mendukung jurnalisme berkualitas sekaligus menjamin keberlanjutan industri...

Software

Unbox.id – Google, Meta, OpenAI, dan beberapa perusahaan teknologi terkemuka lainnya telah menandatangani perjanjian kerja sama dalam upaya memerangi misinformasi dan manipulasi informasi menjelang...