Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

3 Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan PDF untuk Android

tanda tangan
cara menandatangani PDF di HP | foto: popular science

Jakarta, Unbox.id – Di era digital seperti sekarang ini, hampir segala jenis adminsitrasi menggunakan sarana komputerisasi. Bahkan, saat ini tanda tangan untuk surat pun dapat Anda lakukan dengan aplikasi. Berbagai aplikasi tersedia di Google Play Store untuk Android.

Pada ulasan ini, Unbox akan membahas tentang bagaimana caranya menandatangani dokumen PDF secara digital. Tanda tangan yang Anda tambahkan tentu saja dapat berupa gambar langsung di layar atau mengambilnya menggunakan kamera/scanner.

Tanda Tangan Dokumen PDF dengan Aplikasi Bawaan

Setiap ponsel memiliki jenis aplikasi bawaannya masing-masing, termasuk aplikasi catatan yang dapat membuka dan mengedit file PDF. Di ponsel Samsung misalnya, terdapat aplikasi Samsung Notes yang dapat menambahkan teks, menyalin, atau memberi coretan di dokumen.

Baca juga: Ponsel Advan Termurah Dengan Harga Baru di Bulan September 2023

Dari aplikasi tersebut, Anda dapat menyesuaikan jenis pena, menyesuaikan ukurannya dengan mode select object lalu paskan dengan kolom tanda tangan. Setelah selesai, simpan berkas PDF dengan bubuhan tanda tangan yang sudah Anda tambahkan.

Menggunakan Aplikasi CamScanner

Aplikasi CamScanner merupakan salah satu alat scan paling populer di kalangan pengguna smartphone Android. Sebab, ukurannya yang cenderung ringan dan fiturnya yang lengkap membuat banyak orang memilihnya untuk kebutuhan mengolah PDF.

Untuk menambahkan tanda tangan menggunakan aplikasi CamScanner, pertama-tama buka aplikasi. Klik impor file PDF lalu pilih dokumen yang ingin Anda tandatangani. Setelah file dipilih, klik file tersebut hingga muncul dalam layar editor.

Baca juga: Cara Mengirim Aplikasi Offline dengan Google Play Store

Di bawah, Anda dapat melihat fitur-fitur yang tersedia, salah satunya adalah fitur tandatangan. Tambahkan tandatangan dengan mengambil gambar tandatangan pribadi Anda menggunakan kamera.

Menggunakan Sign PDF

Alikasi selanjutnya adalah Sign PDF yang bisa Anda download di Google Play Store. Alat untuk menambahkan tandatangan tersebut memiliki ukuran hanya 6.6 MB. Ini sangat ringan, cocok bagi ponsel yang memiliki kapasitas RAM rendah.

Caranya sangat mudah. Buka aplikasi, pilih import file atau open file. File pilihan Anda akan terbuka melalui aplikasi tersebut. Pilih insert signature, lalu kotak tandatangan manual akan muncul, gambar tandatangan Anda dalam kolom.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...