Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Instagram Luncurkan Fitur Download Reels, Begini Cara Pakainya

Instagram
Instagram rilis fitur download | foto: PC Mag

Jakarta, Unbox.id – Salah satu platform media sosial garapan Meta, yaitu Instagram, kini telah menyediakan fitur terbaru yang membuat banyak penggemar tertarik. Ia adalah fitur yang membuat para penggunanya dapat mengunduh video Reels secara langsung.

Pengguna yang memakai aplikasi Instagram resmi dapat mengunduh secara langsung dan menyimpannya di penyimpanan internal ponsel. Di mana fitur tersebut sudah melalui tahap uji coba di wilayah tertentu di Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Baca juga: iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Akan Garap Layar Besar

Saat ini, pengguna di seluruh dunia sudah bisa memanfaatkannya, seperti mengunduh gambar dari Google. Termasuk pengguna yang ada di Tanah Air, Anda bisa mengecek pembaruan aplikasi di Google Play Store atau App Store untuk melihat apakah sudah update atau belum.

Cara Mengunduh Video dari Instagram

Untuk mengunduh video Reels secara langsung, Anda harus memastikan platform yang Anda pakai adalah aplikasi resmi. Yaitu aplikasi platform utama, bukan aplikasi ‘Lite’. Pilih video Reels yang menarik di tab Reels atau Anda bisa mencarinya di kolom pencarian.

Setelah itu, Anda dapat menekan tombol ‘bagikan’, ‘share’, yakni tombol yang berbentuk pesawat kertas di bagian bawah. Setelah menekannya, akan muncul beberapa opsi fitur, pilih yang bertuliskan ‘unduh’ atau ‘download’, maka video akan langsung tersimpan di galeri.

Baca juga: Samsung Galaxy A34 Update Android 14 dengan One UI 6

Cukup sederhana, bukan? Fitur yang satu ini hanya bisa Anda gunakan untuk video yang berjenis publik. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menggunakannya untuk video yang sudah disetel privasinya. Anda juga bisa melindungi video agar orang lain tidak mengunduh.

Cara Mematikan Fitur Download

Lantas, bagaimana cara untuk menyetel privasi video yang kita unggah di Instagram? Caranya juga cukup sederhana. Pertama-tama, buka menu pengaturan atau ‘settings’ lalu pilih opsi ‘privasi’, dan pilih opsi selanjutnya, yakni ‘reels dan remix’.

Dalam pengaturan tersebut, Anda dapat mengatur privasi video agar pengguna lain tidak dapat mengunduhnya. Lihat pilihan ‘izinkan pengguna untuk mengunduh Reels Anda’, kemudian setel non aktif pada fitur tersebut.

Dengan demikian, Anda sudah mengaktifkan privasi untuk melindungi video Anda. Untuk video unduhan sendiri, pengembang memberikan watermark khusus, yakni logo platform Instagram dan username milik pengguna.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menurut informasi dari laporan terbaru, platform media sosial Instagram kini tengah menguji fitur baru di iOS. Fitur yang memungkinkan orang yang...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, memperkenalkan model generasi teks-ke-video pertama yang didukung kecerdasan buatan (AI) Sora pada hari Kamis. Perusahaan mengklaim...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – TikTok baru-baru ini telah resmi merilis aplikasi baru untuk headset Vision Pro Apple. Versi aplikasi untuk perangkat AR tersebut membawa platform...

Tech Industry

Unbox.id – Menurut bos Instagram Adam Mosseri, Meta tidak lagi merekomendasikan konten politik kepada pengguna Instagram atau Threads. Dia mengatakan pengguna masih akan melihat...