Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Ini Dia Cara Mudah Menambahkan Catatan Kaki dan Link di Dokumen Word

Catatan kaki
Ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Kebutuhan masyarakat terhadap komputer saat ini semakin banyak, termasuk mengetik secara digital. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui cara-cara sederhana untuk menambahkan catatan kaki serta mencantumkan link di dalam dokumen. Meski jarang digunakan dalam penulisan sehari-hari, nyatanya catatan kaki dan link juga penting untuk anda gunakan.

Terlebih, saat ini dokumen dalam bentuk kertas sudah jarang terpakai. Dokumen dalam bentuk kertas secara fisik sudah kalah dengan e-book. Bahkan mahasiswa yang menyusun makalah pun tidak perlu mencatat di kertas, cukup dengan mengetiknya dalam bentuk Word.

Baca juga: Cara Mengatur Margin di Word Agar Dokumen Rapi

Nah, pada kali ini, redaksi akan menjelaskan langkah-langkah tepat untuk menyisipkan catatan kaki pada halaman. Selain itu, redaksi juga akan memaparkan bagaimana cara mencantumkan link, baik secara langsung maupun di dalam kata yang anda buat. Simak di bawah ini.

Cara Menyisipkan Catatan Kaki Pada Dokumen Word

Penggunaan catatan kaki paling banyak untuk menunjukkan keterangan sumber dalam bentuk pustaka. Selain itu, seseorang dapat menyisipkan catatan kaki untuk menambahkan keterangan terhadap kalimat yang belum jelas maknanya. Seperti yang sering anda temui di dalam kitab suci, penerjemah memakai footnote untuk menjelaskan sebuah ayat.

Ilustrasi: berbagai sumber

Fungsi footnote berbeda dengan footer. Apabila footnote berfungsi sebagai catatan tambahan atau keterangan, maka footer memiliki fungsi untuk memberikan catatan di setiap halaman atau menulis nomor halaman. Untuk menambahkan footer sendiri, caranya sangatlah mudah, anda cukup klik dua kali di bagian bawah halaman, maka akan muncul kolom footer.

Sementara untuk menambahkan catatan kaki atau footnote, tinggal arahkan kursor ke akhir kalimat yang ingin anda beri footnote. Setelah kursor sudah berada di sana, langkah selanjutnya adalah tekan Ctrl dan Alt secara bersamaan, lalu tekan tombol F. Anda bisa melakukan ini dengan cepat tanpa ribet, dan secara otomatis footnote dengan nomor akan muncul di bagian bawah sebelum footer.

Cara Menyisipkan Link

Untuk membuat link pada dokumen, anda bisa melakukannya dengan teknik copy-paste link yang ada di website. Anda bisa meletakkannya di bagian mana saja yang anda kehendaki di dokumen, bahkan anda bisa menambahkannya untuk keterangan footnote. Namun, bagaimana cara menambahkan link ke dalam sebuah kata atau kalimat? Begini caranya.

Baca juga: Cara Membuat Kop Surat di Word Dengan Mudah

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat kata atau kalimat yang ingin anda sisipi link. Seperti ‘klik di sini’, ‘click here’, atau ‘klik tautan ini’. Setelah anda menentukan kata atau kalimat apa yang ingin anda sisipi link, langkah selanjutnya adalah blok kata atau kalimat tersebut. Pada kata yang sudah anda blok, tahan tombol Ctrl lalu tekan tombol huruf K yang ada di keyboard.

Secara otomatis, kolom link akan muncul di layar komputer anda. Dengan kolom tersebut, anda tinggal melakukan copy-paste link dari website lalu tekan Enter. Proses selesai. Nah, sangat mudah, bukan? Demikian penjelasan cara menyisipkan footnote dan link, semoga bermanfaat. 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Banyak orang awam kesulitan ketika ingin membuat sebuah daftar isi yang ada di dokumen menggunakan Microsoft Office Word. Namun, pada dasarnya...

Software

Jakarta, Unbox.id – Margin adalah merupakan jarak antar tepi dalam sebuah halaman di Microsoft Word yang nanti nya dapat digunakan sebagai batas cetak pada...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda yang sering membuat dokumen dengan nomor halaman di setiap lembarnya, tentu Anda sudah tak asing lagi dengan nomor halaman...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda yang kesehariannya bekerja dengan menggunakan Microsoft Word, atau Anda yang baru lulus kuliah dan hendak mencari pekerjaan, tentu Anda...