Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Deretan Program yang Sama Seperti Word untuk Mengetik

Microsoft Word_1a
Ketahui beberapa pilihan program aplikasi untuk mengetik selain Word yang bisa dipilih dan pas untuk kebutuhan penggunanya. (Sumber: Tech Markup)

Unbox.id – Aplikasi Ms Word adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata yang paling populer. Padahal, itu adalah program yang harus dimiliki di setiap komputer atau laptop, bahkan di ponsel. Sayangnya, harga paket aplikasi Word asli Microsoft ini cukup mahal. Harga paket Office (Word, Excel, dll) termurah sekitar Rp 950.000/tahun atau sekali beli sekitar Rp 1,8 juta. Dimungkinkan juga untuk mengunduh Ms Word secara gratis tetapi sangat berisiko karena rentan terhadap semua jenis virus dan malware. Solusi terbaiknya, Anda bisa menggunakan program yang mirip dengan Ms Word atau software yang mirip dengan Microsoft Word.

WPS Office Writer

WPS Office Writer_2b

Program aplikasi bernama WPS Office Writer mampu hadirkan daya tarik tersendiri yang pas untuk kebutuhan mengetik penggunanya di PC ataupun laptop dengan beragam fitur menarik didalamnya. (Sumber: Macworld)

Aplikasi mirip MS Word pertama adalah WPS Office. Aplikasi pengetikan ini awalnya bernama Kingsoft Office dan sangat populer di China. Pada aplikasi ini juga terdapat alternatif pengganti Microsoft Word yaitu WPS Office Writer.

Selain gratis untuk diunduh, ia juga memiliki antarmuka pengguna yang nyaman untuk digunakan. Desainnya menggunakan tab yang mirip dengan web browser, sehingga cocok untuk pengguna yang sering membuka banyak file dalam waktu bersamaan.

Aplikasi ini juga mendukung semua format file, bahkan dapat membuka file pdf dan mengubahnya menjadi file PDF dan DOCX atau sebaliknya. Selain itu, ia memiliki penyimpanan cloud 1GB yang dapat dibuka di platform apa pun.

OpenOffice Writer

Aplikasi ini, seperti halnya Ms Word, telah lama dikembangkan oleh pengembang bernama Apache. Aplikasi ini bahkan dianggap sebagai pesaing serius Microsoft Word di sistem operasi Windows.

Bahkan, di sistem operasi Linux, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi importir dokumen terbaik dan terpopuler. Program OpenOffice Writer ini bersifat open source sehingga terkesan kurang optimal.

Meski begitu, aplikasi ini memiliki performa yang ringan, tidak memakan banyak RAM. Pengguna juga dapat menggunakan banyak fitur khusus yang mirip dengan Microsoft Word. Sebut saja banyak pola, banyak huruf dan fitur tipografi lainnya.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Stop Motion Di Android

LibreOffice Writer

Aplikasi Word ini adalah versi OpenOffice yang lebih canggih. Menariknya, developer aplikasi ini cukup berhati-hati dalam memberikan update agar fitur-fiturnya selalu baru dan penuh inovasi.

Hadir dengan dukungan untuk berbagai file, termasuk file PDF, tetapi sayangnya tampilan dan nuansanya sama dengan versi Ms Word yang lebih lama. Tapi Anda bisa mengetik seperti di Microsoft Office tetapi dengan performa ala OpenOffice.

Termasuk pengeditan file online. Pengembang juga memperkenalkan mode bilah alat baru sehingga pengguna dapat fokus menulis dan mengedit dengan cepat dan efisien.

Pengguna juga dapat dengan mudah mengubah format file dari satu file ke file lainnya. Tak heran, aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna di banyak sistem berbeda, baik Android maupun Windows.

FreeOffice Textmaker

FreeOffice Textmaker_3c

Jadi salah satu aplikasi alternatif yang bisa dipilih, FreeOffice Textmaker hadir dengan beragam fitur-fitur menarik yang membuat penulisannya jadi lebih atraktif. (Sumber: SoftMaker)

Aplikasi Word gratis pengganti Ms Word ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap dan berbeda dibandingkan dengan Microsoft Office. Aplikasi ini memiliki fitur untuk memasukkan hal-hal seperti catatan tulisan tangan dengan mudah.

Tidak hanya itu, pengguna dapat menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF. Sayangnya, versi gratis ini tidak dapat menyimpan file dalam format DOCX. Meski begitu, aplikasi ini tetap bisa menyimpan dan membuka file DOC layaknya Microsoft Word.

Meski begitu, aplikasi tersebut menghadirkan fitur-fitur yang memudahkan penggunaannya baik di sistem Word maupun Linux.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Social Media

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...