Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Flashdisk Cepat Rusak? Ketahui Sebab dan Cara Menghindarinya

Flashdisk
Ilustrasi: Andrew dari Pixabay

Last updated on 10 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Penyimpanan flashdisk seringkali mengalami kerusakan baik karena pengguna yang teledor maupun kualitasnya yang rendah. Hal ini membuat calon pembeli harus berpikir dua kali untuk memilih mana flashdisk yang tahan lama.

Dari segi penggunaan flashdisk, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan seperti menjaganya dari medan magnet, cabut sembarangan, dan manajemen file. Dalam artikel ini Unbox akan mengulas ketiga hal tersebut agar perangkat tetap awet.

baca artikel menarik lainnya tentang : file di flashdisk hilang

Hindari Kontak Langsung Flashdisk dengan Medan Magnet

Sebelumnya, tahukah Anda jika perangkat penyimpanan eksternal tersebut dapat bereaksi saat kontak langsung dengan magnet? Kontak langsung dengan perangkat yang mengandung magnet dapat menimbulkan kerusakan pada sistem penyimpanan.

Baca juga: Pelajari Langkah Cepat Mengakses Dokumen G Drive Dengan Tombol Pintasan

Beberapa perangkat yang ada di rumah seperti televisi, smartphone, speaker aktif, serta radio memiliki medan magnet. Hindarkan penyimpanan Anda sebisa mungkin dari sentuhan benda-benda tersebut,

Selain itu, kebiasaan mengantongi penyimpanan dengan smartphone juga bukan sesuatu yang baik. Sebab, pada ponsel sendiri juga terdapat medan magnet yang dapat menimbulkan kerusakan, mengurangi umur flashdisk.

Mencabut Sembarangan dari Komputer atau Laptop

Tidak seperti mencabut charger dari ponsel, penyimpanan eksternal satu ini harus dilepas dengan aman setelah Anda gunakan di komputer/laptop. Caranya cukup mudah, dengan klik kanan penyimpanan, pilih ‘eject’ yang ada di paling bawah. 

Baca juga: Advan Soulmate: Review Laptop 2 Jutaan Cocok Untuk Anak

Setelah notifikasi berbunyi serta muncul ‘pop up’ yang bertuliskan ‘safely remove hardware’ maka Anda sudah dapat mencabut penyimpanan eksternal. Konsekuensi dari pelepasan flashdisk sembarangan adalah kesalahan sistem yang membuat file hilang.

Nah, sangat berbahaya, bukan? Sebaiknya hentikan kebiasaan ini agar perangkat Anda lebih awet dan memiliki umur yang lama.

Hindari Mengedit File Langsung di Lokasi Penyimpanan

Saat Anda membuka penyimpanan eksternal di komputer, kemudian ingin melakukan sesuatu pada file di dalamnya, usahakan untuk menyalin terlebih dahulu. Salin file ke lokasi yang lebih aman yaitu di hard disk (local disk D).

Bisa Anda perhatikan, lampu indikator di flashdisk akan berkedip cepat saat file di dalamnya terpakai. Itu tandanya penyimpanan sedang bekerja. Akan tetapi jika Anda mengedit secara langsung, kinerjanya akan semakin berat dan cepat rusak.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Di sisa pertengahan tahun ini, iQOO memiliki agenda untuk meluncurkan tiga ponsel besar untuk pasar China. Tiga jenis ponsel merk tersebut...

Honor

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, produsen smartphone asal Tiongkok, Honor telah mengumumkan produk smartphone terbarunya di negeri asalnya. Ia adalah Honor X60 Plus yang...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Setelah memperkenalkan laptop seri Copilot+ yang menjalankan Snapdragon, meski masih hanya tersedia di pasar Amerika, kemungkinan besar laptop ini akan dirilis ke...

Tech Industry

Unbox.id – Anda menikmati bermain game selama berjam-jam, terutama jika Anda bermain di bawah sinar matahari. Jika Anda ingin menerapkan kebiasaan ini, HP akan...