Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Bahaya Cabut Flashdisk Saat Sedang Digunakan

flashdisk
resiko mencabut flashdisk sembarangan | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id Salah satu harware yang sering dibawa-bawa ke mana pun adalah Flashdisk. Dengan bentuknya yang semakin sederhana dan semakin multifungsi, perangkat keras tersebut dapat menjadi penyimpanan data andalan. Namun, tahukah anda jika perangkat ini juga sangat rawan mengalami kerusakan?

Salah satu faktor yang menjadi penyebab paling sering pada kasus kerusakan flashdisk adalah perilaku mencabut secara sembarangan. Ada dua penyebab seseorang mencabut penyimpanan eksternal tersebut, yang pertama adalah kelalaian atau terburu-buru, kedua adalah ketidaktahuan pengguna akan resiko yang bisa terjadi.

Resiko Perilaku Mencabut Flashdisk Sembarangan

Resiko dari pelepasan perangkat keras penyimpanan eksternal tersebut pada dasarnya tergantung pada aktivitas yang sedang anda kerjakan. Jika anda sedang melakukan aktivitas terhadap isi dari flashdisk, kemudian mencabutnya secara paksa, maka hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan.

Data yang terdapat di dalam penyimpanan atau storage anda akan menjadi rusak atau biasa disebut corrupted. Hal yang perlu anda lakukan setelah menggunakan flashdisk dan ingin mencabutnya adalah menekan tombol eject. Caranya sangat mudah, klik kanan pada penyimpanan anda, kemudian pilih eject yang berada di opsi bawah.

Namun, ada cara lain jika anda ingin mencabut penyimpanan eksternal tanpa harus membuka explorer. Selain dengan fungsi eject, cara lainnya adalah dengan menggunakan fungsi safely remove. Di mana keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk melepaskan hardware eksternal secara aman, tetapi dengan cara yang berbeda.

ilustrasi taskbar

Caranya juga sangat mudah. Ketika anda sudah tidak berada di file explorer, maka yang anda lakukan adalah menekan tombol show hidden icons yang ada di taskbar. Anda bisa menekan tombol seperti yang ada pada gambar di atas. Dengan proses tersebut, data yang anda miliki dapat kembali menjadi file RAW.

Setelah hardware eksternal selesai di-eject atau safely remove, maka proses copy-write akan berhenti sepenuhnya. Proses pemutusan koneksi flashdisk ke komputer juga akan lebih aman.

Adapun faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan adalah aliran listrik yang tiba-tiba terputus. Faktor tersebut adalah gangguan teknis yang tidak dapat di prediksi. Maka dari itu, anda perlu memastikan apakah watt listrik anda mencukupi untuk kegiatan dengan komputer. Karena selain kerusakan flash, juga dapat merusak internal komputer.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Secara resmi, Nvidia telah memperkenalkan GPU alias kartu grafis terbaru mereka, yakni RTX 40 series. GPU buatan Nvidia tersebut tersedia dalam...

How To

Jakarta, Unbox.id – Merawat kondisi laptop sangat penting agar dapat lebih lama masa penggunaan perangkat tersebut. Salah satu bagian perangkat keras yang ada di...

Hardware

Unbox.id – Penggunaan sebuah laptop pastinya menjadi salah satu alat yang menjadi pilihan untuk aktivitas para penggunanya. Dengan memiliki nilai yang cukup penting untuk...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Membuka aplikasi perpesanan WhatsApp saat ini bisa menggunakan dua cara. Bagi anda yang memiliki perangkat laptop atau PC yang dapat terhubung...