Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Fitur Last Seen WhatsApp Hadirkan Opsi Baru Untuk Bisukan Kontak Tertentu

Last seen
ilustrasi foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id Tahukah anda, saat ini pihak pengembang aplikasi perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp telah memperbarui fitur privasi ‘terakhir dilihat’. Dengan mengubah opsi pengaturan tersebut, anda dapat mengatur agar akses online anda terlihat atau tersembunyi. Dalam versi asli, WhatsApp menyebutnya fitur ‘last seen’.

Dalam pembaruan kali ini, anda tidak hanya dapat menyembunyikan akses last seen bagi semua orang atau hanya terlihat oleh kontak. Namun, saat ini anda sudah bisa memilih siapa saja yang ingin anda matikan fitur last seen tersebut. Ini mirip seperti fitur WhatsApp status privasi, yang dapat menentukan siapa saja yang tidak boleh melihat postingan status anda.

baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Backup Chat Android ke iOS di Update Beta

Bagi anda yang merasa ada orang, teman, atau atasan yang memonitor secara diam-diam, tentunya anda bisa aktifkan fitur baru ini. Opsinya sama seperti WhatsApp Status, anda akan menemukan beberapa pilihan privasi. Di antara pilihan tersebut adalah semua orang, kontak saya, tidak ada, dan kontak saya ‘kecuali…’.

Empat Opsi Fitur Last Seen

Anda dapat memanfaatkan salah satu pilihan saja sesuai yang anda butuhkan tentunya. Jika anda memilih untuk mematikan fitur tersebut bagi semua orang, anda bisa memilih opsi paling atas yakni semua orang. Namun, jika anda ingin memperlihatkannya kepada teman-teman di kontak anda, anda bisa memilih opsi kedua untuk memilih opsi ‘kontak saya’.

ilustrasi foto: berbagai sumber

Sebagai catatan, orang yang ada di dalam kontak anda juga harus menyimpan nomor WhatsApp tersebut untuk melihat fitur last seen tersebut. Jika tidak, ia tentunya tidak akan muncul sama seperti konsep penampilan status WhatsApp.

Ketika anda merasa tidak perlu memperlihatkan kapan terakhir kali anda mengakses WhatsApp, anda bisa memilih opsi ‘tidak ada’ di opsi terakhir. Sebagai catatan lagi, jika anda sedang mengakses WhatsApp, maka akan tetap muncul status ‘online’ di bawah nomor atau nama kontak anda.

baca juga: Cara Mengatasi Pesan Waiting for This Message di WhatsApp

Dan yang terbaru, anda bisa memilih siapa saja yang anda larang untuk melihat fitur last seen ini. Dengan begitu, anda akan merasa aman dari pantauan bos atau orangtua anda yang mengkritik jam tidur atau pasangan yang menyebalkan.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara memilih keempat opsi tersebut, caranya cukup mudah, anda hanya perlu membuka menu setelan. Ketuk titik tiga yang ada di bagian kanan atas, pilih setelan. Setelah itu pilih lagi menu privasi, dan pilih pengaturan last seen atau terakhir dilihat.

Nah, anda akan menemukan empat opsi sama persis seperti yang sudah kami bahas pada artikel berikut ini. Bagi anda pengguna Android maupun iOS, anda bisa menggunakannya dengan bijak.

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Siapa yang tidak kenal dengan WhatsApp? Salah satu aplikasi yang cukup terkenal di seluruh dunia ini memang menjadi pilihan bagi para pengguna...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – WhatsApp kini masih terus menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer dan telah digunakan oleh jutaan orang di dunia. Sebagai...

Apps & Games

Unbox.id – Kemajian teknologi dan juga zaman yang semakin maju adalah salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam aktivitas keseharian masyarakat luas. Dari...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp merupakan salah satu perangkat digital yang cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Selain kemudahan dalam penggunaannya, Whatsapp juga memberikan konektivitas komunikasi yang...