Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Cara Test Kecepatan Internet di HP dan PC

test kecepatan internet

Jakarta, Unbox.id – Menonton video tiba-tiba loading lama sekali? Atau sedang bermain game tiba-tiba lag? Reaksi pertama kita tentu test kecepatan Internet.

Kecepatan internet memang bisa turun tiba-tiba dan memengaruhi pengalaman penggunaan kita.

Pengukuran kecepatan internet dilakukan dengan melihat berapa banyak data yang disa di-download atau diunduh (download speed) dan di-upload atau diunggah (upload speed) per satuan detik.

Download speed menjadi penting saat kita memakai internet untuk aktivitas seperti streaming, bermain media sosial, atau mengunduh musik.

Sedangkan Upload Speed akan berpengaruh jika melakukan kegiatan seperti konferensi video dan menggunggah data besar ke cloud.

Satuan yang dipakai adalah bits per second (bps). Bila bits yang dihitung sudah mencapai ribuan dan kelipatannya, maka satuannya menjadi kbps, mbps, hingga Gbps.

Satuan “k” mengacu pada jumlah 1.000, “m” sebanyak 1 juta, dan “G” sebanyak satu miliar.

Internet dengan kecepatan kbps biasanya akan lambat, sedangkan saat mencapai satuan Gbps, artinya internet akan sangat cepat.

test kecepatan internet fast.com

fast.com

Berdasarkan AllConnect, kecepatan internet yang baik sebaiknya 25 mbps atau lebih. Biasanya, Anda sudah bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari streaming HD hingga bermain game online.

Bila kecepatan sudah mencapai 100 mbps lebih, artinya koneksi itu sudah cukup kuat untuk mendukung beberapa perangkat sekaligus.

Satuan lain yang penting adalah Ping. Ping mengukur waktu yang dibutuhkan sebuah data untuk dikirimkan ke host dan kembali lagi.

Biasanya para gamers memandang penting satuan ini karena akan berpengaruh pada pengalaman bermain. Semakin rendah angka Ping, semakin bagus koneksinya.

Angka Ping di bawah 40 sudah termasuk angka bagus, sedangkan antara 0-10 artinya koneksi sangat bagus.

Baca juga: Sudah Tidak Terpakai? Inilah Cara Menghapus Akun Telegram

Cara Test Kecepatan Internet

Saat ini sudah ada banyak website aplikasi yang tersedia untuk mengukur kecepatan internet. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi di antaranya.

  • Speedtest by Ookla

speedtest

speedtest

Aplikasi pengukur kecepatan internet ini dikembangkan oleh Ookla asal Montana, Amerika Serikat.

Aplikasinya tersedia di berbagai platform, mulai iOS, Android, macOS, Apple Tv, hingga Windows.

Anda juga memakainya via browser lewat alamat speedtest.net. Klik GO dalam lingkaran di tengah web untuk memulai pengukuran dan setelah menunggu, hasilnya akan keluar dalam 3 bagian.

Ketiganya adalah nilai Ping, download speed, dan upload speed. Hasil rekapan ini juga bisa dibagikan ke jaringan media sosial.

  • Fast by Netflix

Tampilan Fast.com ini lebih sederhana dengan hanya logo fast, Tulisan “Your Internet speed is”, dan angka kecepatan internet dalam kbps.

Untuk memulai pengukuran, Anda tidak perlu melakukan apa-apa karena akan langsung berjalan setelah web terbuka. Tentunya, Anda juga bisa mengulang pengukuran dengan tombol ulang bergaris luar hijau di samping.

Karena tampilannya yang sederhana, web ini bisa cepat dibuka dan dipakai. Sangat cocok digunakan saat internet Anda tiba-tiba drop jauh dan Anda ingin mengujinya.

Layanan ini juga bebas iklan dan bisa digunakan di platform manapun, termasuk smart TV selama ada browser.

  • Meter.net

meter.net

meter.net

Aplikasi test kecepatan internet satu ini juga sama seperti yang lain. Buka tautannya dan tekan bulatan tulisan start intuk memulai pengujian.

Hasilnya juga dibagi dalam 3 bagian, Ping, Download, dan Upload. Selain itu, ada juga logo 5 bintang yang menandakan level kecepatan internet Anda. Tidak ada bintang paling rendah dan lima bintang paling bagus.

Karena digunakan dalam bentuk website, artinya Anda jadi tidak perlu mendownload atau menginstall aplikasi apapun.

 

Itulah tadi cara test kecepatan internet yang bisa Anda lakukan dengan cepat. Bila membutuhkan informasi lengkap, pilih speedtest.net atau meter.net.

Sedangkan saat genting tidak ada internet, coba dengan fast.com yang lebih ringan dan cepat. Selamat mencoba!

 

Sumber dan foto: berbagai sumber.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Apps & Games

JAKARTA, Unbox.id – Koneksi internet selama ini sudah berkembang dengan sangat pesat, namun dalam beberapa kasus, koneksi mengalami ketidakstabilan. Sementara terkoneksi telah menjadi bagian...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Last updated on 28 January, 2019Unbox.id – Berapa kali teman anda bertamu kerumah dan kemudian meminta password Wi-Fi anda? Jika password itu mulai kabur,...

Artikel

Unbox.id – Semua kabel Ethernet memiliki fungsi dasar yang sama – untuk menghubungkan perangkat ke jaringan, seperti internet. Namun, tidak semua kabel Ethernet persis...

How To

Kini gadget Android banyak dimiliki oleh berbagai kalangan karena lebih murah dan open source serta terdapat banyak aplikasi dukungannya. Tetapi tentu setiap teknologi ada...