Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Cara Cepat Hapus Email di Google Untuk Selamatkan Bumi!

email
cara menghapus surat di gmail untuk selamatkan bumi | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Di era modern, siapa yang tidak mengenal email serta kegunaannya, terutama untuk karyawan remote yang bekerja di luar kantor. Email merupakan surat elektronik yang digunakan untuk mengirim pesan resmi kepada seseorang. Namun, tahukah anda, spam yang masuk ke dalam email dapat merusak lingkungan?

Menurut beberapa sumber, jejak digital yang ditimbulkan dari pesan spam melalui email dapat mengotori atmosfer dengan karbon. Sementara itu, gmail yang anda terima dan anda kirim akan disimpan di suatu tempat yang mengkonsumsi listrik dalam jumlah sangat banyak.

Kali ini redaksi akan memberikan langkah cepat menghapus email spam yang ada di akun gmail. Simak langkah-langkah di bawah ini.

baca juga : Gmail: Cara Mengaktifkan Fitur Pembalas Otomatis Pada Email

Langkah Cepat Menghapus Email Spam

Jika anda memiliki akun email terutama akun yang berada di bawah naungan Google, yakni Gmail, maka anda bisa melakukannya lebih cepat. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka akun gmail yang anda miliki melalui aplikasi android maupun website aplikasi google melalui peramban yang ada di desktop atau HP. 
  2. Hapus semua. Pada tampilan halaman rumah (home) anda akan melihat tiga jenis gmail yang anda terima. Yang pertama adalah email utama, seseorang bisa mengirimkan gmail dengan notifikasi jika terkirim melalui kategori utama. Kemudian ada kategori promosi yang berwarna kuning, dan kategori sosial berwarna biru.
  3. Biasanya, jika anda jarang membuka akun gmail, maka yang terjadi adalah ratusan bahkan ribuan surat akan menumpuk di ketiga kategori tersebut.
  4. Lihat masing-masing kategori. Kategori utama biasanya mencakup surat-surat penting, anda bisa menandai manya yang tidak ingin anda hapus. Selebihnya, tekan kotak kosong yang ada di bagian atas halaman, lalu tekan tombol berlogo tempat sampah. Lakukan hal yang sama pada dua kategori lainnya.
  5. Selanjutnya, anda akan menghadapi ribuan surat lainnya. Semantara itu, anda hanya bisa menghapus maksimal 50 surat yang ada di tampilan layar. Lakukan hal yang sama sampi kotak surat tersebut benar benar kosong.
  6. Proses penghapusan selesai, dan tahap terakhir adalah pergi ke halaman sampah. Tekan tombol kosongkan sampah untuk memastikan email tersebut benar-benar lenyap. Dengan begitu, anda sudah membantu mengurangi pencemaran karbon yang ada di atmosfer bumi.

ilustrasi foto : berbagai sumber

baca juga : Jarang Diketahui Fitur Bermanfaat yang Terdapat pada Gmail

Gunakan Akun Gmail Dengan Bijak

Jika anda termasuk pengguna YouTube yang banyak memberikan klik subscribe pada channel seseorang, secara otomatis akun mereka akan mengirim notifikasi. Dan notifikasi-notifikasi tersebut akan bermuara ke kotak surat elektronik milik anda.

Nah, untuk mengurangi polusi jejak karbon di atmosfer, lakukanlah penghapusan secara berkala. Ini juga termasuk langkah mudah sebelum kotak email anda kepenuhan. Manfaatkan fitur berlangganan anda untuk channel atau situs-situs yang bermanfaat saja. Sekian, semoga bermanfaat!

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Anda merupakan seorang admin kantor yang biasa melayani banyak klien melalui pesan gmail? Menjadi seorang admin yang profesional tentunya membutuhkan totalitas...

Apps & Games

Last updated on 14 Maret, 2022 Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda yang sering menggunakan email untuk menunjang pekerjaan maupun tugas kuliah, aplikasi email memang...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Satu hal yang mustahil untuk benar-benar menghentikan perusahaan melacak kegiatan dan data privasi Anda secara online. Biasanya data ini kemudian dimanfaatkan...

Apps & Games

Jakarta, unbox.id – Dengan kemajuan teknologi, banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan tanpa harus bertatap muka. Biasanya setiap file atau data penting disimpan melalui email...