Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Balasan Email di Gmail Bakal Didukung Gemini AI

Gmail AI Gemini_1a
Gmail AI Gemini. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Google tampaknya mulai meluncurkan Gemini AI di layanan email Gmail-nya. Hal ini sejalan dengan kegigihan Google dalam mendistribusikan Gemini di seluruh layanannya. Khusus untuk implementasi Gemini di Gmail, Google dikatakan sedang menyiapkan saran balasan email tambahan yang didukung Gemini. Mengutip Android HeadlinesGoogle belum mengumumkan rencana tersebut secara resmi. Namun, mengingat kegigihan Google dalam menyertakan Gemini dalam semua produknya, tidak mengherankan jika perusahaan tersebut ingin melakukannya.

AI Gemini di Perangkat Gmail

Google Gemini_2b

Google Gemini. (Sumber: Top AI)

Pengguna sekarang dapat menggunakan Gemini di Gmail. Gemini hadir dalam fungsi Support saat menulis pesan. Bahkan, ketika pengguna ingin memasukkan email, mereka punya opsi untuk mengetuk ikon pensil kecil. Selanjutnya, pengguna dapat memasukkan jenis email yang ingin ditulis.

Sementara itu, saran balasan email Gmail yang didukung oleh Gemini akan membantu Anda membalas email. Alih-alih memberi tahu pengguna apa yang harus dikirim ke seseorang, fitur balasan Gemini memberi tahu pengguna email mana yang harus dibalas.

Balasan yang Disarankan Cukup Lengkap

Berdasarkan tangkapan layar yang beredar, kita bisa melihat Gemini menunjukkan beberapa tanggapan yang sangat singkat. Namun, tangkapan layar kedua menunjukkan respons yang lebih lengkap.

Hampir semua aplikasi chat dan perpesanan kini memiliki cara untuk menyarankan respons. Yang membedakannya adalah kemampuan memahami percakapan.

Gemini akan menganalisis keseluruhan email dan mengumpulkan semua konteks serta kebutuhan untuk memberikan respons. Kemudian, dengan menggunakan AI sintetis, Gemini akan menghasilkan respons, tergantung konteksnya.

Pengguna Bisa Kasih Feedback

Seperti kebanyakan alat AI pada umumnya, pengguna dapat mengirimkan masukan. Di bawah petunjuk tersebut terdapat pesan “Petunjuk tidak valid?” yang jika diklik akan memberi tahu Google bahwa responsnya telah terpotong.

Sayangnya, tidak jelas kapan Google berencana meluncurkan fitur baru ini. Apakah menurut Anda jika benar-benar diluncurkan, akan banyak orang yang menggunakannya?

Gemini Sudah Ada di Google Messages

Gmail AI Gemini_3c

Gmail AI Gemini. (Sumber: Geeks)

Sebagai informasi, perusahaan telah mengadopsi Gemini untuk beberapa aplikasi. Salah satu aplikasi baru adalah Google Message. Beberapa pengguna kini dapat menggunakan Gemini sebagai chatbot dalam layanan Google Message.

Melalui aplikasi ini, Gemini akan hadir sebagai percakapan pesan teks tertentu. Di sana, pengguna bisa menggunakannya seperti chatbot lainnya. Misalnya untuk bertanya, membuat gambar, dan sebagainya.

Fitur ini masih dalam tahap rilis sehingga pengguna mungkin belum melihatnya di layanan Google Messages.

Baca juga: Google Blokir Email Palsu Untuk Berantas Serangan Phishing

Tentang AI

Secara umum, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) merujuk kepada kemampuan mesin atau sistem komputer untuk meniru kecerdasan manusia. AI mencakup berbagai teknik dan pendekatan dalam pengembangan sistem yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti pemahaman bahasa alami, pengambilan keputusan, pemrosesan gambar, dan banyak lagi.

Pembelajaran Mesin (Machine Learning): Ini adalah salah satu cabang utama AI di mana sistem komputer dapat belajar dari data yang diberikan tanpa perlu diprogram secara eksplisit. Algoritma pembelajaran mesin memungkinkan komputer untuk mengenali pola dalam data dan membuat keputusan atau prediksi berdasarkan pola-pola tersebut.

  • Deep Learning: Merupakan subbidang dari pembelajaran mesin yang menggunakan arsitektur jaringan saraf tiruan yang dalam (deep neural networks) untuk memproses data. Deep learning telah membawa kemajuan signifikan dalam bidang-bidang seperti pengenalan wajah, pengenalan suara, dan bahasa alami.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing, NLP): Ini adalah cabang dari AI yang fokus pada interaksi antara manusia dan komputer melalui bahasa manusia alami. NLP memungkinkan komputer untuk memahami, menginterpretasi, dan merespons teks atau ucapan manusia dengan cara yang bermakna.
  • Penglihatan Komputer (Computer Vision): Ini adalah bidang AI yang berkaitan dengan pemrosesan gambar dan video. Sistem penglihatan komputer dapat mengidentifikasi objek, wajah, atau aktivitas dalam gambar dan video.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Pada konferensi I/O kali ini, Google telah meluncurkan fitur baru untuk Circle to Search. Fitur yang dapat membantu siswa untuk mengerjakan...

Software

Unbox.id – Apple baru-baru ini dikabarkan sedang melakukan negosiasi intens dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi kecerdasan buatan (AI) milik perusahaan tersebut ke iPhone. Menurut...