Apa Itu Jaringan 5G? Berikut Penjelasannya

Unbox.id  –  Jaringan 5G adalah generasi berikutnya dari konektivitas internet mobile, menawarkan kecepatan lebih cepat dan koneksi yang lebih andal pada smartphone dan perangkat lain daripada sebelumnya.

Menggabungkan teknologi jaringan mutakhir dan penelitian terbaru, 5G seharusnya menawarkan koneksi yang jauh lebih cepat daripada koneksi saat ini, dengan kecepatan download rata-rata sekitar 1GBps yang diharapkan segera menjadi norma.

Jaringan ini akan membantu meningkatkan teknologi internet of things, menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah besar, memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan lebih terhubung.

Dengan pengembangan yang berjalan dengan baik dan testbeds sudah hidup di seluruh dunia, jaringan 5G diharapkan akan diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2020, bekerja bersama teknologi 3G dan 4G yang ada untuk menyediakan koneksi lebih cepat yang tetap online di mana pun Anda berada.

Smartphone 5G ZTE Pertama Sudah Bisa Digunakan Bulan Depan

KAPAN 5G AKAN DILUNCURKAN?

Verizon mengejutkan sebagian besar dunia dengan meluncurkan jaringan 5G pada awal April 2019, menjadikannya yang pertama di dunia yang menawarkan jaringan generasi berikutnya.

Saat ini hanya tersedia di bagian terbatas Chicago dan beberapa lokasi lain, dan hanya ada dua handset saat ini tersedia untuk digunakan pada jaringan 5G baru. Di Chicago, AS, berhasil memperoleh kecepatan hingga 1,4Gbps, yang jauh lebih cepat daripada kecepatan puncak teoritis 4G 300Mbps (meskipun kecepatan rata-rata cenderung di bawah 100Mbps).

Namun, cakupan 5G tidak merata dan harus bergerak terus di sekitar berbagai tiang 5G kota untuk mendapatkan kecepatan tertinggi untuk mendapatkan kecepatan internet secara konsisten 1Gbps.

Sedangkan 5G di London, Inggris masih berupa campuran, dalam pengujian dengan kecepatan mulai dari 200Mbps hingga 550Mbps – masih jauh lebih cepat daripada 4G, tetapi tidak setingkat yang seperti yang ada di Chicago.

BEKERJA DENGAN PONSEL 5G PERTAMA DI DUNIA

AT&T telah meluncurkan jaringan 5G ke 19 kota di seluruh Amerika Serikat, tetapi masih belum menawarkan ponsel 5G. Satu-satunya pilihan Anda untuk saat ini hanyalah melalui hotspot seluler 5G Netgear Nitehawk.

Sementara itu, T-Mobile belum meluncurkan jaringan 5G di AS, tetapi sebelumnya mereka mengklaim akan membawa 5G ke 30 kota, mulai di Kota New York, Los Angeles, Dallas, dan Las Vegas.

APAKAH PONSEL 5G TELAH TERSEDIA

Sejumlah pengumuman telepon 5G telah dibuat pada tahun 2019, namun hanya sedikit yang tersedia saat ini, dan pilihannya dibatasi oleh negara dan operator. Di AS, Motorola 5G Moto Mod menyediakan konektivitas generasi mendatang ke beberapa handset Moto Z tertentu, ditambah Samsung Galaxy S10 5G juga tersedia.

Sedangkan bagi mereka di Inggris, saat ini Anda dapat memperoleh lima ponsel 5G; Samsung Galaxy S10 5G, Oppo Reno 5G, OnePlus 7 Pro 5G, Xiaomi Mi Mix 3 5G dan LG V50 ThinQ 5G.

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan