Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Pemerintah Bentuk Task Force Untuk Tentukan Insentif 5G

Jaringan 5G_1a
Jaringan 5G. (Sumber: Tech Zone)

Unbox.id – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meluncurkan proyek penentuan jenis insentif 5G bagi pengguna. Informasi tersebut disampaikan Direktur dan Direktur Bisnis Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Muhammad Buldansyah saat bertemu di Jakarta. Pria yang akrab disapa Danny ini mengatakan, kini telah dibentuk kelompok kerja untuk membahas motivasi 5G. Danny mengatakan, “Kami belum bertemu, minggu lalu dengan menteri, Satgas yang mengambil keputusan, siapa dari setiap pegawai, siapa dari Kominfo.

Bentuknya Bisa Bervariasi

Jaringan 5G_2b

Jaringan 5G. (Sumber: Meta Tech)

Disinggung mengenai jenis motivasi yang dibutuhkan karyawan, Danny menjawab jenisnya bisa bermacam-macam.

Yang paling penting, menurut Danny, Kominfo sudah sepakat memberikan insentif biaya administrasi, dan ini terkait pembayaran BHP frekuensi untuk pemasangan layanan 5G. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mencari dan memperoleh insentif tersebut dengan dukungan pihak-pihak yang bertanggung jawab, termasuk Kementerian Keuangan dan DPR.

“Kementerian Keuangan punya pemangku kepentingan lain, yakni Dirjen Anggaran, karena dia juga akan melapor ke DPR. “Sebelum menduduki jabatan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, perlu diciptakan sejumlah insentif,” jelas Danny.

Akan Ada Tawar Menawar Soal Insentif 5G

Ia meyakini, dalam perhitungan struktur insentif akan ada pembahasan antara pemerintah dan pekerja.
Salah satunya, kata Danny, ada perkiraan frekuensi BHP pada model lama bisa diturunkan hingga 20 persen. Sedangkan untuk BHP, model baru yang akan dijual memiliki masa tenggang, misalnya hingga empat tahun.

Selain itu, kata Danny, hal itu akan dimasukkan dalam bahasa mengenai dampaknya terhadap APBN. Buldansyah mengatakan penerapan insentif 5G akan berdampak langsung pada pengurangan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di sektor telekomunikasi.

Namun, ia yakin upaya tersebut akan memberikan dampak positif, termasuk peningkatan pajak dari sektor lain.

Insentif Yang Ideal Menurut Operator

Disinggung mengenai motivasi baik dari karyawan seperti apa, Buldansyah menjawab, keadaan yang baik adalah biaya administrasinya kurang dari 10 persen pendapatan perusahaan. “Saat ini jumlah perusahaannya 11 sampai 12 persen, kalau ada model baru lagi bisa bertambah 14 sampai 15 persen.

“Restrukturisasi PNBP diperlukan untuk mendukung industri,” ujarnya. Ia percaya bahwa agar perusahaan dapat bertahan dan mendapat untung, pajak administrasi harus sebesar 5% dari pendapatan. “Tapi nanti bisa dilihat kenaikannya 7 sampai 8 persen,” ujarnya.

2 Hal Ini Dorong Operator Minta Insentif Untuk Gelar 5G

Diungkapkan Muhammad Buldansyah, Direktur dan Direktur Komersial Indosat Ooredoo Hutchison, kualitas internet Indonesia yang terakhir di dunia menunjukkan adanya keadaan darurat di sektor pertelevisian.

“Ini menunjukkan bahwa operator tidak bisa berinvestasi dalam peningkatan kualitas,” kata Buldansyah, akrab disapa Danny, saat konferensi pers di kantor Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta. Operator terbatas dalam investasinya karena margin keuntungan sangat penting. Hal ini disebabkan tingginya tingkat pengendalian administratif di perusahaan.

Dari segi investasi, situasi darurat dimana karyawan tidak mampu berinvestasi untuk meningkatkan kualitas. Danny mengatakan, investasi tersebut pada akhirnya menguntungkan. Dia berkata, “Tanpa uang, investasi terbatas.

Baca juga: Samsung Galaxy M34 5G Resmi Rilis Seharga Rp 4 Jutaan

Seperti Apa Itu Jaringan 5G?

Jaringan 5G_3c

Jaringan 5G. (Sumber: Or Tech Verse)

5G adalah teknologi seluler nirkabel generasi kelima, yang menghadirkan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan yang lebih cepat, koneksi yang lebih stabil, dan peningkatan kapasitas dibandingkan jaringan sebelumnya. 5G jauh lebih cepat dan lebih andal dibandingkan jaringan 4G populer saat ini dan berpotensi mengubah cara kita menggunakan Internet untuk mengakses aplikasi, jejaring sosial, dan informasi.

Misalnya, teknologi seperti mobil self-driving, aplikasi game canggih, dan streaming media langsung yang memerlukan koneksi data berkecepatan tinggi dan sangat andal akan mendapatkan manfaat besar dari konektivitas 5G.

Permintaan akan akses internet, ditambah dengan munculnya teknologi baru seperti kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT) dan otomatisasi, menyebabkan peningkatan besar dalam jumlah data yang dihasilkan.

Produksi data tumbuh secara eksponensial, dan volumenya diperkirakan akan meningkat ratusan zetabyte dalam dekade berikutnya. Infrastruktur seluler saat ini tidak dirancang untuk beban informasi yang begitu tinggi dan memerlukan peningkatan.

Pada saat yang sama, dengan kecepatan tinggi, kapasitas besar, dan latensi rendah, 5G dapat membantu mendukung dan menskalakan beberapa aplikasi seperti kontrol lalu lintas yang terhubung ke cloud, pengiriman drone, obrolan video, dan game berkualitas konsol saat bepergian.

Manfaat dan aplikasi 5G tidak terbatas, mulai dari pembayaran global dan tanggap darurat hingga pendidikan jarak jauh dan tenaga kerja seluler. 5G memiliki potensi untuk mengubah dunia kerja, ekonomi global, dan kehidupan masyarakat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Ketersediaan internet yang kuat, termasuk 5G, dianggap sebagai salah satu kunci keberhasilan transformasi digital di Indonesia. Direktur Bisnis dan Strategi TI Huawei...

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Pada kesempatan sebelumnya, beberapa sumber telah membocorkan detail penampilan produk terbaru Vivo, yakni Y28 5G. Kini, produk andalan tersebut tampaknya akan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id – Tanggal peluncuran Lava Storm 5G India telah terjadwal minggu ini. Perusahaan mengumumkannya melalui X pada hari Senin (18 Desember). Sebelumnya, mereka...

Tech Industry

Unbox.id – Portugal akan menjadi negara terbaru yang secara efektif melarang Huawei dan perusahaan negara Tiongkok lainnya membangun jaringan 5G. Bloomberg melaporkan, dikutip oleh...