Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Rilis Tahun 2024

iPhone 16_1a
iPhone 16. (Sumber: GizChina)

Unbox.id – Salah satu upaya Apple untuk meningkatkan pendapatan rata-rata per unit iPhone yang terjual adalah dengan tidak membedakan fitur antara iPhone “vanilla” (lebih murah 4.444) dan iPhone Pro. Namun untuk saat ini, model vanilla dilengkapi dengan chipset lama untuk mengurangi biaya dan melindungi margin keuntungannya. Namun diperkirakan situasi ini akan berubah di tahun-tahun mendatang. Menurut analis Jeff Pu, keempat model iPhone 16 akan dibekali chipset A18, seperti dikutip GSMArena. Berbeda dengan jajaran tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus menampilkan A16 Bionic. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dibekali chip A17 Pro.

Hadir Pada Tahun 2024

Meskipun keempat model tersebut akan menggunakan chip A18 pada tahun 2024, diperkirakan keduanya tidak akan sama. Memang iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan dibekali chip A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan dibekali chip A18 Pro.

Jadi Apple akhirnya dapat mengubah nama chipsetnya. Dengan begitu, iPhone “vanilla” tidak akan berbeda jauh spesifikasi hardwarenya dengan iPhone Pro. Tidak jelas apa perbedaan A18 dengan A17 Pro yang digunakan di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro. Namun, A18 dan A18 Pro akan diproduksi oleh TSMC pada proses “N3E” 3nm generasi kedua.

Menurut TSMC, ini akan lebih murah dan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan “N3B” yang digunakan untuk A17 Pro.

Bocoran Spesifikasi iPhone 16

iPhone 16 dan iPhone 16 Pro_2b

iPhone 16 dan iPhone 16 Pro. (Sumber: Cashify)

Sebelumnya seperti dikutip MacRumors, beredar informasi iPhone 16 akan menggunakan RAM lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Pasalnya iPhone 15 Pro tahun ini masih akan menggunakan model RAM yang sama dengan pendahulunya.

Berdasarkan rumor tersebut, iPhone 16 akan menggunakan RAM LPDDR5X yang memiliki efisiensi energi lebih baik. Sedangkan seri iPhone 15 Pro akan menggunakan RAM LPDDR5, seperti seri iPhone 14 Pro.

Selain itu, prediksi lain juga menunjukkan bahwa Apple akan meningkatkan kemampuan Dynamic Island di seri iPhone 16. Menurut laporan dari The Elec, Apple akan menggunakan sensor ID Wajah di bawah layar pada model iPhone 16 Pro.

Berkat teknologi ini, Apple dapat menyembunyikan keberadaan sensor yang digunakan untuk membuka perangkat. Artinya, saat tidak digunakan, lubang sensor tidak akan terlihat, hanya tersisa lubang kamera depan.

Meski terkesan sederhana, teknologi ini memungkinkan Apple mengoptimalkan penggunaan fungsi Dynamic Island. Seperti diketahui, Dynamic Island saat ini menggunakan ruang di sekitar Face ID dan kamera selfie untuk menampilkan informasi.

Oleh karena itu, jika lubang dihilangkan, akan ada lebih banyak ruang yang dapat digunakan untuk informasi di layar. Namun perlu diingat bahwa informasi ini masih sebatas rumor dan seri iPhone 16 mungkin baru diluncurkan tahun depan sehingga mungkin saja terjadi perubahan.

Baca juga: Apple Akan Tingkatkan Spesifikasi Dan Perbarui Desain

iPhone 16 Bakal Punya Kamera Vertikal

Selain itu, beredar pula rumor bahwa lensa kamera belakang iPhone 16 akan memiliki layout vertikal mirip iPhone 12. Informasi tersebut diungkap akun Twitter @URedditor yang membocorkan beberapa salinan update ulang perangkat Apple sebelumnya.

“Model dasar iPhone 16 akan memiliki tata letak kamera vertikal, bukan diagonal pada iPhone 15. Ini akan membuat perangkat langsung dikenali sebagai model terbaru,” cuitnya seperti dilansir @URedditor sendiri alias Unknownz21 adalah leaker pertama yang membagikan konon render iPhone 15 Pro dengan port USB-C dan banyak detail lainnya.

Meskipun perubahan ini kemungkinan hanya berlaku pada iPhone 16 kelas bawah, desainnya dapat diperluas ke iPhone 16 Plus. Sebelumnya, Apple memilih tata letak lensa kamera belakang diagonal pada iPhone 13 dan 13 mini. Desain ini juga terus diterapkan oleh iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Namun diperkirakan iPhone 15 akan menjadi model terakhir yang menggunakan desain ini. Jika rumor tersebut benar, iPhone 16 akan menghadirkan kembali tata letak kamera vertikal yang terakhir digunakan pada iPhone 12 dan iPhone 12 Mini.

Selain memudahkan dalam mengidentifikasi model terbaru, iPhone 16 juga akan menampilkan aspek desain terkini lainnya, seperti Dynamic Island dan port USB-C.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Apple

Last updated on 28 Juni, 2024 Unbox.id – Bocoran terbaru mengenai seri iPhone 16 terus bermunculan di Internet, dimana kabar terbaru menyebutkan pilihan warna...

Tech Industry

Unbox.id – IPhone 16 Pro yang dikabarkan diperkirakan akan diluncurkan bersama iPhone 16, iPhone 16 Plus, dan iPhone 16 Pro Max akhir tahun ini....

Tech Industry

Unbox.id – Desain iPhone telah mengalami sejumlah perubahan selama bertahun-tahun, dengan penambahan estetika yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. IPhone memiliki garis desain serupa...