Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

WhatsApp Uji Coba Label Enkripsi di Kolom Chat

Whatsapp Label Encryption Chat_1a
Whatsapp Label Encryption Chat. (Sumber: Beta News)

Unbox.id – WhatsApp terkenal menerapkan enkripsi end-to-end pada platformnya. Dengan cara ini, WhatsApp menjamin keamanan obrolan yang dilakukan di platformnya. Namun label enkripsi end-to-end tidak muncul di kolom chat biasa di WhatsApp. Label ini biasanya muncul saat pengguna melakukan panggilan suara atau video. Namun menurut laporan terbaru dari WABetaInfo, aplikasi chat tersebut berencana menampilkan label enkripsi end-to-end di kolom chat. Hal ini terungkap saat menguji fitur beta terbaru WhatsApp. Mengutip informasi dari Android Police, di WhatsApp untuk Android beta versi 2.24.3.17, aplikasi akan menampilkan indikator bahwa percakapan dilindungi dengan enkripsi. Indikator akan menampilkan teks “enkripsi ujung ke ujung” diikuti dengan ikon gembok. Indikator ini bisa dilihat di akhir nama akun pengguna lain.

Fungsi Utama Editor Stiker Whatsapp

Editor Sticker WhatsApp_2b

Editor Sticker WhatsApp. (Sumber: Info Bae)

Perlu diketahui bahwa informasi ini tidak selalu tersedia dan hanya muncul sesekali. Perubahan ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan karena hanya metrik yang menjelaskan percakapan di aplikasi chat Meta saja yang dilindungi. Namun, indikator seperti ini sepertinya mengonfirmasi bahwa aplikasi chat dilindungi dengan enkripsi.

Di sisi lain, WhatsApp mengumumkan telah memperkenalkan editor stiker bawaan untuk pengguna Android. Sebelumnya, fitur ini tersedia untuk pengguna iOS. Fungsi utama editor stiker WhatsApp adalah pengguna dapat menggunakan gambarnya sendiri untuk membuat stiker.

Misalnya foto yang diambil dari kamera ponsel pintar pengguna, foto dari Internet, atau gambar apa pun dari galeri perangkat pengguna.

WhatsApp Hadirkan Tool Bikin Stiker Langsung di Aplikasi, Buat Pengguna Android

Fitur alat pengeditan stiker ini dikatakan memiliki antarmuka yang ramah pengguna. Sehingga pengguna dapat dengan mudah membuat stiker. Ini termasuk menambahkan teks, frasa, emoji yang sesuai dengan konteks percakapan, dll.

Menurut informasi dari WABetaInfo, versi Android dari fitur ini didasarkan pada fitur serupa di iOS. Jadi, pengguna bisa dengan mudah memilih gambar dari galeri ponsel cerdasnya. Aplikasi kemudian akan menganalisis gambar dan memotongnya sesuai keinginan Anda.

Latar belakang kemudian akan dihapus untuk membuat format stiker yang bersih. WhatsApp kemudian akan menambahkan batas putih untuk mempercantik stiker. Pengguna kemudian juga dapat menggabungkan emoji dan teks untuk penyesuaian akhir.

Bisa Disimpan dan Dipakai di Chat

Whatsapp Label Encryption Chat_3c

Whatsapp Label Encryption Chat. (Sumber: News 18)

Pengguna kemudian dapat menyimpan stiker buatannya ini dan membagikannya dalam obrolan. Terdapat daftar “stiker favorit” untuk menyimpan stiker agar dapat digunakan kembali nanti.

Namun untuk saat ini, akses ke editor stiker WhatsApp masih terbatas pada pengguna yang disimpan dalam program beta Android, khususnya versi 2.24 .6.5.

Tanggal peluncuran resmi untuk semua pengguna Android masih belum diketahui, namun pengujian beta pada iOS dan Android menunjukkan peluncuran yang lebih luas akan dilakukan dalam waktu dekat.

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Tool Bikin Stiker Langsung Di Aplikasi

Apa Itu Enkripsi?

Pengkodean adalah proses mengubah data atau informasi ke dalam format yang tidak dapat dibaca atau dipahami secara langsung. Tujuan utama enkripsi adalah untuk melindungi privasi dan keamanan data dari akses ilegal atau tidak sah. Data yang dienkripsi hanya dapat dibaca atau didekripsi dalam bentuk aslinya menggunakan kunci atau metode tertentu yang sesuai.

Ada beberapa algoritma enkripsi yang digunakan untuk mengamankan data, antara lain algoritma simetris dan algoritma asimetris. Dalam enkripsi simetris, kunci yang sama digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi data.

Sedangkan pada enkripsi asimetris, terdapat dua kunci yang berbeda: kunci publik untuk enkripsi dan kunci pribadi untuk dekripsi.

Enkripsi banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari perlindungan data data pribadi dalam komunikasi online hingga penyimpanan informasi rahasia di komputer sistem dan perangkat seluler. Ini adalah salah satu metode utama untuk menjamin keamanan informasi di era digital.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikabarkan memiliki fitur yang akan memudahkan pengguna perangkat Android dalam mengirim gambar dan video dalam resolusi tinggi (HD). Fitur baru WhatsApp...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp saat ini sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna mengedit gambar menggunakan editor foto bertenaga kecerdasan buatan (AI). Dengan fitur ini, pengguna...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikenal meluncurkan kemampuan menyematkan atau menyematkan pesan ke dalam obrolan individu dan obrolan grup sejak Desember tahun lalu. Namun, kemampuan ini...