Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp Ubah Ikon Kamera dan Pensil

Sosial Media Whatsapp_2b
Sosial Media Whatsapp. (Sumber: Tech Tricks)

Unbox.id – WhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu perkembangan terkini adalah pengenalan Saluran, yang kini dikelompokkan dengan Pembaruan Status dalam tab Pembaruan khusus. Untuk memudahkan pengguna membuat status, WABetaInfo mencatat bahwa WhatsApp sedang menguji desain ulang lainnya di mana ikon pensil dan kamera dapat dipindahkan ke menu tiga titik di pojok kanan atas. Desain baru ini bertujuan untuk memudahkan pengguna mengakses tombol-tombol penting, terutama bagi mereka yang sering memuat status WA.

Sedang Coba Alternatif Cara Akses Untuk Tombol Foto dan Teks/Suara

Whatsapp Android_2b

Whatsapp Android. (Sumber: CNET)

Meskipun perubahan ini mungkin nyaman bagi sebagian pengguna, WhatsApp juga mencoba cara lain untuk mengakses tombol foto dan teks/suara di pembaruan status WA.

Untuk saat ini, Tombol Tindakan Tombol mengambang (FAB) di bagian bawah layar terkadang sulit dijangkau dan terasa canggung. Oleh karena itu, menempatkan tombol di tempat lain, seperti di sebelah header Status, dapat menghindari masalah. Kini, muncul dua ikon baru tepat di samping judul Status WhatsApp, menggantikan FAB yang sebelumnya digunakan.

Seperti dikutip dari Android Police, kehadiran Channel yang dipadukan dengan status bar dapat menyebabkan konflik dengan fungsi tersebut, terutama dalam hal desain antarmuka. Oleh karena itu, pada versi beta terbaru untuk Android, WhatsApp juga memperkenalkan desain ulang yang bertujuan untuk membuat penggunaan fitur Channels menjadi lebih efisien.

Harap diperhatikan bahwa perubahan ini masih dalam versi beta dan belum diketahui kapan akan diluncurkan ke versi stabil aplikasi WhatsApp.

WhatsApp Luncurkan Fitur Pin Message

Di sisi lain, platform perpesanan Meta baru saja mengumumkan fitur baru di aplikasinya, yaitu kemampuan untuk menyematkan pesan. Dengan pesan yang disematkan, pengguna aplikasi WhatsApp akan dapat dengan mudah menandai percakapan yang lebih penting dalam obrolan grup atau individu.

Tidak hanya teks, pengguna juga dapat menyematkan pesan jenis pesan lain seperti polling, gambar, emoji, dan lain-lain, semuanya tetap terenkripsi ujung ke ujung. “Ini menghemat waktu pengguna untuk menemukan pesan yang relevan dengan lebih mudah,” tulis platform Meta dalam keterangan tertulisnya.

Berikut ini cara melakukan pin message atau menyematkan pesan di WhatsApp:

  • Untuk ‘Sematkan’ pesan, Anda dapat menekan lama pada pesan, dan pilih ‘Sematkan’ dari menu konteks.
  • Banner akan muncul untuk memilih durasi pesan yang disematkan, yang bisa dipilih antara 24 jam, 7 hari, dan 30 hari. 7 Hari adalah pilihan default.
  • Dalam chat grup, admin memiliki opsi untuk memilih apakah semua anggota atau hanya admin yang dapat menyematkan pesan.

Ini adalah fitur baru WhatsApp yang dirilis setelah beberapa fitur baru dirilis di platform tersebut. Sebelumnya WhatsApp juga mengumumkan fitur baru yakni See Once untuk pesan suara.

Fitur View Once WhatsApp sendiri diperkenalkan untuk foto dan video pada tahun 2021. Namun, fitur keamanan tersebut kini telah diperluas hingga pesan suara.

Baca juga: WhatsApp Tampilkan Tampilan Baru Untuk Menu Balas Status

Luncurkan Video View Once

Sosial Media Whatsapp_1a

Sosial Media Whatsapp. (Sumber: Tech Plus)

Berkat fitur ini, pesan suara yang dikirim oleh pengguna hanya dapat dibuka satu kali dan kemudian langsung hilang setelah didengarkan.

“Baik untuk menginformasikan detail kartu bank Anda kepada teman atau untuk menyiapkan kejutan, kini Anda dapat berbagi informasi sensitif melalui pesan suara tanpa khawatir,” tulis WhatsApp dalam pengumumannya.

Apalagi kutipan Dalam siaran persnya, platform perpesanan milik Meta tersebut menyatakan bahwa pesan suara One View juga akan ditandai dengan “satu kali” dan hanya dapat diputar satu kali.

“Seperti semua pesan pribadi Anda, WhatsApp selalu melindungi pesan suara dengan enkripsi end-to-end, dan One Look hanyalah contoh lain dari inovasi privasi kami yang berkelanjutan.” Fitur baru WhatsApp ini akan diluncurkan secara global dalam beberapa hari mendatang.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...