Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Whatsapp Tengah Uji Coba Fitur Video Pendek di Platformnya

Whatsapp app vp_1wa
Aplikasi WhatsApp dikabarkan tengah mempersiapkan fitur baru yaitu video pendek di platformnya. (Sumber: Popular Science)

Last updated on 10 Juni, 2024

Unbox.id – Pada akhir Maret 2021, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka sedang menguji coba fitur video pendek yang mirip dengan fitur TikTok. Fitur ini diuji coba di Brasil, India, dan Indonesia, yang merupakan tiga pasar terbesar untuk WhatsApp. Fitur video pendek WhatsApp memungkinkan pengguna untuk merekam video pendek hingga 30 detik dan membagikannya langsung di dalam aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek, filter, dan musik ke video mereka, serta mengirimkannya ke kontak atau grup di WhatsApp. Selain itu, pengguna juga dapat menemukan video pendek yang diposting oleh kontak mereka di bagian “Status” WhatsApp.

Fitur Video Pendek Pada Whatsapp

Whatsapp app vp_2wa

Platform aplikasi WhatsApp tengah persiapkan fitur baru yaitu video pendek yang tengah dinantikan. (Sumber: Dignited)

WhatsApp sebelumnya telah memiliki fitur Status yang memungkinkan pengguna untuk membagikan gambar dan video pendek yang hilang dalam waktu 24 jam, mirip dengan fitur Stories di Instagram dan Snapchat.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara hilangkan iklan whatsapp

Namun, dengan penambahan fitur video pendek ini, WhatsApp semakin terlihat ingin mengikuti tren video pendek yang sedang populer di seluruh dunia.

Fitur video pendek WhatsApp tampaknya merupakan upaya untuk mempertahankan pengguna yang mungkin beralih ke aplikasi lain yang menawarkan fitur serupa, seperti TikTok dan Instagram Reels.

Fitur ini juga dapat membantu WhatsApp untuk memperluas penggunaan aplikasinya, terutama di pasar di mana pengguna lebih cenderung menggunakan aplikasi lain untuk membuat dan berbagi video pendek.

Namun, tidak semua orang senang dengan fitur video pendek WhatsApp ini. Beberapa orang khawatir bahwa fitur ini dapat meningkatkan jumlah pesan spam dan video yang tidak relevan di dalam aplikasi.

Ada juga kekhawatiran tentang privasi dan keamanan, terutama jika video pendek yang dibagikan di dalam aplikasi WhatsApp dapat dengan mudah diunduh atau dibagikan di luar aplikasi.

Apa Kata Para Pengembang Whatsapp?

WhatsApp mengatakan bahwa mereka telah menambahkan kontrol privasi baru yang memungkinkan pengguna memilih siapa yang dapat melihat video pendek mereka dan menonaktifkan kemampuan orang lain untuk merekam video pendek dari tampilan kamera di dalam aplikasi WhatsApp.

Namun, kekhawatiran tentang privasi dan keamanan tetap ada, dan WhatsApp perlu menyelesaikan masalah ini sebelum fitur video pendek dapat digulirkan ke seluruh dunia.

Secara keseluruhan, fitur video pendek WhatsApp menunjukkan bahwa aplikasi ini terus berusaha untuk mengikuti tren terbaru dalam teknologi dan meningkatkan pengalaman penggunanya. Namun, tantangan terbesar untuk WhatsApp adalah untuk memastikan bahwa fitur ini aman dan tidak melanggar privasi pengguna.

Baca juga: WhatsApp Di Android Akan Hadirkan Fitur Editor Teks

Cara Kerja Fitur Baru Ini

Tetapi ketika Anda mencobanya, WABetaInfo dapat mengaktifkannya untuk memeriksa cara kerjanya. Ini pada dasarnya berfungsi seperti pesan video pendek Telegram.

Setelah ini, mengirim pesan video di WhatsApp akan semudah mengirim pesan audio. Pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol untuk merekam video berdurasi hingga 60 detik.

Setelah video dikirim, itu akan ditampilkan di obrolan dalam format melingkar dan diputar secara otomatis.

Detail menarik lainnya adalah bahwa pesan video singkat ini dienkripsi ujung ke ujung dan tidak dapat disimpan atau ditransfer, tetapi tangkapan layar diperbolehkan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Last updated on 21 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram dilaporkan berencana menawarkan akses yang lebih luas ke uji coba fitur. Jika sebelumnya uji coba...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Social Media

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – WhatsApp kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan ini mungkin disukai oleh pengguna yang suka menggunakan fitur...