Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

WhatsApp Rilis PassKey Yang Diklaim Lebih Aman Saat Login

Whatsapp PassKey_1a
Whatsapp PassKey. (Sumber: Sam Lovers)

Unbox.idWhatsApp, platform chat terkemuka, akhirnya mengumumkan dukungan Passkey untuk semua pengguna. Hal ini didasarkan pada meluasnya penggunaan otentikasi biometrik yang umum ditemukan pada sebagian besar ponsel terkini. Seperti dilansir Android Police, fitur Passkey ini menggantikan password biasa dengan kunci terenkripsi baru berupa kode rahasia. Untuk mendapatkannya, cukup gunakan otentikasi biometrik menggunakan sidik jari atau wajah. Mulai saat ini Anda tidak memerlukan metode autentikasi 2 faktor seperti pengiriman OTP melalui SMS dan email untuk login nanti. Passkey juga melindungi pengguna dari risiko pencurian kata sandi dan upaya phishing. WhatsApp awalnya mengumumkan dukungan Passkey setelah mengungkapkan proyek tersebut pada awal Agustus 2023. Setelah sekitar satu bulan pengujian beta, fitur tersebut akan segera tersedia untuk semua pengguna.

Menggunakan Metode Sidik Jari

Whatsapp PassKey_2b

Whatsapp PassKey. (Sumber: GizChina)

Pengguna dapat menggunakan metode kunci layar seperti sidik jari, face unlock, PIN, atau pola pemindaian untuk autentikasi: kunci kode sandi terenkripsi secara otomatis disimpan di Pengelola Kata Sandi Google.

Fitur baru ini tidak hanya meningkatkan keamanan tetapi juga memudahkan proses login, terutama saat masuk akun WhatsApp di ponsel baru. WhatsApp juga memberikan penjelasan detail mengenai cara kerja Passkey.

Passkey juga disebut berbeda dengan fitur Chat Lock yang menggunakan otentikasi biometrik. Dengan cara ini, sandi yang disimpan di Pengelola Sandi Google akan tetap aman karena lebih sulit untuk dimanipulasi.

Kata sandi untuk masuk ke WhatsApp tidak sama dengan fasilitas dalam aplikasi seperti kunci obrolan WhatsApp yang masih mengandalkan otentikasi biometrik. Penting untuk dicatat bahwa kata sandi untuk otentikasi pengguna reguler di WhatsApp akan selalu tersedia dengan Passkey.

Namun WhatsApp tidak menjelaskan apakah fitur tersebut akan segera tersedia secara global. Kemungkinan besar, fitur ini akan digulirkan secara bertahap seperti fitur baru lainnya.

Cara Mengunci Obrolan di WhatsApp dengan Fitur Chat Lock

Sebelumnya, fitur Chat Lock baru di WhatsApp baru saja diperkenalkan oleh Meta. Fitur ini akan memberi pengguna kontrol tambahan atas privasi dan keamanan pesan mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna menempatkan obrolan di folder tersembunyi yang hanya dapat diakses dengan kata sandi, sidik jari, atau ID Wajah.

Menggunakan Chat Lock, pengguna dapat menyembunyikan notifikasi dari kontak tertentu dan melindungi obrolan pribadi mereka. Berikut cara mengaktifkan Chat Lock di WhatsApp di Android dan iPhone:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih log obrolan (gambar profil) dari kontak atau grup yang ingin kamu sembunyikan.
  • Ketuk ikon informasi obrolan (biasanya ikon “i” di pojok kanan atas).
  • Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Kunci Obrolan.”
  • Nyalakan Kunci Obrolan dan atur autentikasi menggunakan sidik jari, kode sandi, atau pengenalan wajah (tergantung pada perangkat).
  • Ketuk “Lihat” untuk melihat obrolan yang ditempatkan di folder Obrolan terkunci.Penting untuk memastikan bahwa perangkat kamu memiliki versi WhatsApp terbaru.

Baca juga: Ini Ponsel Yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 24 Oktober 2023!

Cara Mematikan Chat Lock

Jika Anda ingin menonaktifkan Kunci Obrolan di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan geser ke bawah daftar obrolan untuk menemukan folder Obrolan terkunci.
  • Sentuh Obrolan terkunci dan arahkan ke info obrolan.
  • Pindai sidik jari atau ID Wajah kamu untuk mengakses folder obrolan yang terkunci.
  • Pilih obrolan WhatsApp dari daftar obrolan yang terkunci dan ketuk ikon profil.
  • Pilih ikon “i” untuk membuka pengaturan info obrolan. Ketuk “Kunci obrolan.”
  • Matikan Kunci obrolan ini dengan sidik jari atau metode autentikasi/biometrik lain yang kamu pilih.
  • Konfirmasikan perubahan ini di pengaturan kamu menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, atau kode sandi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menonaktifkan Kunci Obrolan dan mengakses kembali obrolan yang terkunci tanpa harus menggunakan autentikasi setiap saat. Pastikan Anda memilih opsi keamanan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – WhatsApp telah mengumumkan fitur baru di Layanan Komunitas dalam aplikasinya. Pembaruan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola acara di WhatsApp. Dalam keterangan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...