Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp Rilis Fitur Pencarian Pesan Berdasarkan Tanggal

Whatsapp Message Date Search Feature_1a
Whatsapp Message Date Search Feature. (Sumber: Business Today)

Unbox.id – WhatsApp meluncurkan fungsi pencarian pesan berdasarkan tanggal. Diluncurkan langsung oleh bos Meta Mark Zuckerberg, fungsi pencarian pesan berdasarkan tanggal ini akan memudahkan pengguna menemukan percakapan. “Cukup pilih hari yang diinginkan dan Anda akan bisa langsung melihat semua pesan yang terkirim pada hari itu,” tulis WhatsApp dalam keterangannya. Fungsi pencarian pesan berdasarkan tanggal dinilai berguna jika pengguna ingin membaca ulang pesan tertentu atau menentukan kapan pengguna mengirimkan informasi kepada seseorang. Dengan fitur ini, pengguna akan lebih mudah menelusuri obrolan pribadinya dengan pengguna lain.

Cara Pencarian Pesan WhatsApp Berdasarkan Tanggal

Whatsapp Message Date Search Feature_2b

Whatsapp Message Date Search Feature. (Sumber: Essa News)

Mengutip pernyataannya, fitur baru WhatsApp yakni mencari pesan berdasarkan tanggal telah diluncurkan secara bertahap untuk perangkat Android dan kini tersedia di iOS, Mac desktop, dan WhatsApp Web.

Berikut cara mencari pesan WhatsApp berdasarkan tanggal:

  • Klik suatu percakapan.
  • Ketuk nama kontak atau grup pada bagian atas.
  • Klik cari untuk membaca pesan pada tanggal yang diinginkan.

Pengguna juga bisa menelusuri percakapan WhatsApp untuk mencari media, tautan, dan dokumen. Termasuk untuk menemukan foto tertentu yang pernah dikirimkan ke grup, caranya:

  • Klik suatu percakapan.
  • Ketuk kontak atau nama grup pada bagian atas.
  • Pilih ‘Tautan Media dan Dokumen’ untuk melihat media, tautan, dan dokumen yang diinginkan.

Fitur Sebelumnya

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan telah menambahkan empat opsi pemformatan teks baru. Dengan cara ini, pengguna aplikasi chatting bisa lebih mudah mengatur dan menyusun pesan yang ingin dikirim.

Kehadiran fitur baru di WhatsApp ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg yang diumumkan melalui akun WhatsApp Channel miliknya. Fitur ini akan menghemat waktu dan membantu pengguna berkomunikasi dengan lebih efektif.

“Kami sudah melakukan itu dengan opsi pemformatan baru di WhatsApp: lihat pintasannya,” tulis Mark Zuckerberg, mengutip panduan di akun Channel saya. Ada empat fitur pemformatan teks baru yang diperkenalkan WhatsApp kali ini, yaitu daftar berpoin, daftar bernomor, kutipan massal, dan kode sebaris.

Seperti namanya, daftar berpoin dan bernomor membantu pengguna aplikasi obrolan ini Kirim pesan. dalam bentuk bullet, baik angka maupun poin. Sementara itu, fitur kutipan massal membantu pengguna menyorot teks tertentu yang mereka inginkan.

Terakhir, kode baris dapat membantu pengguna membedakan informasi spesifik dalam sebuah kalimat. Keempat fitur ini melengkapi opsi pemformatan teks yang sudah tersedia di aplikasi WhatsApp, seperti Bold, Italic, Strikethrough, dan Monospace.

Bakal Ubah Tampilan Tab Status

WhatsApp Application_2b

WhatsApp Application. (Sumber: Gadget World News)

Di sisi lain, WhatsApp versi beta terbaru yakni beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mengakses WhatsApp.

Pembaruan ini sudah tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta dan kini sudah bisa diunduh dari Google Play Store. Antarmuka Status WhatsApp yang diperbarui mencakup Antarmuka Tampilan Pembaruan Status baru. Berfokus pada akses yang lebih mudah dan navigasi dalam aplikasi yang lebih menyenangkan.

Mengutip Gizchina, pembaruan antarmuka WhatsApp ini membawa perubahan signifikan pada cara menampilkan status di WhatsApp. Desain Status baru membuang tata letak horizontal dan identitas foto profil dari versi lama dan mengadopsi pendekatan yang lebih intuitif.

Baca juga: WhatsApp Bakal Ubah Tampilan Desain Status

Masih Belum Digulirkan Secara Luas

Dengan desain status baru, pengguna aplikasi WhatsApp akan dapat melihat pratinjau pembaruan status langsung dari area pembaruan status di bagian atas tab Pembaruan. Hal ini membuat antarmuka status WhatsApp agak mirip dengan IG Stories.

Hal ini memungkinkan pengguna melihat konten lebih cepat tanpa harus membuka update status masing-masing pengguna. Default Meski begitu, update WhatsApp saat ini masih dalam proses meminta tanggapan pengguna.

Dengan hadirnya thumbnail preview, WhatsApp berencana membuat pengalaman pengguna lebih mudah dengan menampilkan status pengguna lain. Mereka juga dapat menentukan status mana yang ingin dilihat secara lengkap.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...