Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

WhatsApp Error Usai Kirim Tautan WA Me Settings

Whatsapp app_1wa
Perangkat Whatsapp Error ketika sedang digunakan oleh para penggunanya. (Sumber: The Verge)

Last updated on 10 Juni, 2024

Unbox.id – Baru-baru ini, netizen ramai membicarakan link yang menyebabkan aplikasi chat WhatsApp di ponsel gagal. Tautan tersebut bertuliskan Instal WA Me yang menyebabkan aplikasi menutup sendiri. Tautan ini berbunyi wa.me/settings selengkapnya, di mana ketika pengguna mengirim tautan ke grup atau ruang obrolan pribadi, aplikasi tiba-tiba macet alias WhatsApp error. Umumnya link wa.me digunakan untuk memulai percakapan tanpa menyimpan nomor tujuan di kontak perangkat. Namun, ketika nomor telepon setelah garis miring diganti dengan kata “pengaturan”, sesuatu yang tidak terduga terjadi.

WhatsApp Error dan Ruang Chat Tidak Dapat Dibuka

Ketika link Install WA Me terkirim ke chat room WhatsApp, aplikasi akan tertutup secara tiba-tiba (force close). Hal ini juga yang menyebabkan aplikasi WhatsApp crash karena tidak bisa membuka kembali chat yang berisi link tersebut.

Dampak ini tentunya bisa merugikan jika pengguna tidak sengaja mengirimkannya ke chat room dengan pesan dan informasi penting. Akibatnya, pengguna tidak lagi dapat mengakses pesan tersebut.

Selain itu, tautan tersebut tampaknya menimbulkan kesalahan sehingga aplikasi macet. Karena setelah menutup aplikasi, pengguna akan mendapatkan pesan pop-up bahwa WhatsApp ditutup karena error.

Pesan tersebut juga meminta pengguna untuk menghapus memori dan cache aplikasi terlebih dahulu untuk membukanya kembali. Namun, WhatsApp sering menyimpan banyak pesan penting yang dibutuhkan pengguna, sehingga cara ini mungkin bukan solusi yang tepat. Namun, pengguna tidak perlu khawatir karena ada cara lain untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: Tips Menghilangkan Iklan di Whatsapp

Cara Mengatasi WhatsApp Error Akibat WA Me Settings

Whatsapp app_2wa

Ketahui beberapa cara Mengatasi WhatsApp Error akibat WA Me Settings. (Sumber: Jernih.co)

Untuk memperbaiki kesalahan WhatsApp yang disebabkan oleh tautan Pengaturan WA Me, pengguna dapat menghapus tautan ruang obrolan. Namun, karena pengguna tidak dapat lagi membuka ruang obrolan, mintalah penerima yang tidak terpengaruh untuk menghapus tautan dengan memilih opsi hapus untuk semua orang.

Namun, jika pengirim dan penerima sama-sama terpengaruh, maka pengguna dapat menggunakan WhatsApp Web. Coba masuk ke akun WhatsApp Anda melalui desktop lalu hapus tautan obrolan yang dikirim.

Cara ini berhasil karena masalah tidak terjadi di WhatsApp Web dan cenderung hanya memengaruhi ponsel Android.

Baca juga: Ini Cara Membuat 1 Nomor Untuk 2 WhatsApp

Bug WhatsApp Sempat Diam-diam Akses Mikrofon di Ponsel Android

Berbicara tentang bug, Google dan WhatsApp sebelumnya telah mengonfirmasi bug di aplikasi yang membuatnya terlihat seperti mengakses mikrofon secara diam-diam di beberapa perangkat Android. Isu ini diungkap oleh seorang engineer Twitter, Foad Dabiri.

Melalui akun Twitternya, Dabiri mengunggah tangkapan layar yang memperlihatkan akses mikrofon WhatsApp digunakan berkali-kali di latar belakang. Sebenarnya, itu terjadi saat aplikasi tidak digunakan.

Pada gambar juga terlihat seberapa sering akses mikrofon smartphone aktif saat Dabiri sedang tidur. Menanggapi masalah tersebut, WhatsApp berpendapat bahwa masalahnya ada pada ponsel Android dan bukan akses aplikasi obrolan ke mikrofon tersembunyi.

“Kami yakin ini adalah bug Android yang memberikan informasi yang salah di dashboard privasi mereka dan telah meminta agar Google menyelidiki dan memulihkannya,” tulis WhatsApp dalam keterangan resminya melalui Twitter.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Social Media

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – WhatsApp kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan ini mungkin disukai oleh pengguna yang suka menggunakan fitur...

Social Media

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Aplikasi perpesanan WhatsApp Meta dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan semua pengguna melihat media yang...