Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp Akan Permudah Pengguna Ponsel Android Transfer Chat

Whatsapp app_1wapp
Aplikasi Whatsapp tengah mencoba untuk memudahkan pengguna Android dalam memudahkan transfer chat di platformnya. (Sumber: Techno.id)

Last updated on 18 Juni, 2024

Unbox.id – WhatsApp seharusnya memudahkan pengguna Android untuk memindahkan obrolan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Saat ini, satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Google Drive. Diketahui, pengguna WhatsApp di perangkat Android perlu mencadangkan obrolannya ke Google Drive terlebih dahulu. Mereka kemudian harus masuk ke akun Google Drive yang sama di perangkat lain untuk memigrasikan riwayat obrolan. Namun, berdasarkan temuan terbaru dari WABetaInfo, aplikasi chat milik Meta kini menyiapkan cara baru untuk memudahkan transfer chat dari satu perangkat Android ke perangkat Android lainnya. Seperti dikutip dari Android Police, fitur bernama Chat Transfer ditemukan di aplikasi beta WhatsApp untuk Android versi 2.23.9.19. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan riwayat obrolan secara langsung.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara menghilangkan iklan wa

Memindai Kode QR

Dengan fitur ini, menurut laporan, pengguna hanya perlu memindai kode QR perangkat baru. Pengguna kemudian dapat segera beralih ke perangkat baru.

Perlu diingat bahwa fitur baru WhatsApp ini hanya bisa dilakukan dengan koneksi langsung melalui Wi-Fi Direct. Namun kemungkinan besar, fitur ini tidak akan berlaku antar sistem operasi, seperti Android ke iOS atau sebaliknya.

Meski terdengar sederhana, fitur ini akan sangat membantu pengguna saat berpindah perangkat. Ini karena pengguna tidak perlu mencadangkan percakapan WhatsApp ke Google Drive untuk kemudian memulihkannya di perangkat baru.

Namun, belum ada kabar kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur ini ke publik. Karena itu, ada baiknya mengetahui informasi resmi dari aplikasi obrolan tersebut.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Whatsapp

Satu Akun WhatsApp Bisa di 4 Ponsel Sekaligus

Whatsapp app_2app

Aplikasi Whatsapp sebelumnya juga hadirkan fitur di mana penggunanya bisa menggabungkan koneksinya ke 4 perangkat secara bersamaan. (Sumber: Rasayel Library)

Sebelumnya, WhatsApp akhirnya merilis fitur yang memungkinkan akun WhatsApp pengguna bisa digunakan di beberapa ponsel atau ponsel secara bersamaan.

Dengan fitur yang sangat diminta ini, menurut perusahaan, pengguna dapat menautkan akun WhatsApp hingga empat perangkat, seperti saat menautkan WhasApp di browser web, tablet, dan komputer desktop.

Mengutip siaran pers, Rabu, 26 April 2023, setiap ponsel yang ditautkan akan terhubung secara independen ke WhatsApp untuk memastikan bahwa pesan, media, dan panggilan Anda bersifat pribadi pengguna terenkripsi end-to-end.

“Dan jika perangkat utama Anda tidak aktif untuk waktu yang lama, akun WhatsApp Anda akan secara otomatis keluar dari perangkat pendamping lainnya,” tulis perusahaan itu.

Baca juga: Ketahui 3 Fitur Keamanan Baru Dari Whatsapp

Permudah Pengguna WhatsApp Berkirim Pesan

Menggunakan fitur WhatsApp baru ini, perusahaan mengatakan telepon yang ditautkan sebagai perangkat pendamping akan membuat SMS lebih mudah. “Sekarang Anda dapat beralih di antara banyak telepon tanpa keluar, dan Anda dapat langsung melanjutkan percakapan terakhir Anda,” kata platform perpesanan milik Meta.

“Atau jika Anda pemilik usaha kecil, karyawan Anda sekarang dapat membalas pesan pelanggan langsung dari ponsel mereka menggunakan akun WhatsApp Business yang sama,” tambah mereka. Pembaruan ini telah dirilis untuk pengguna di seluruh dunia dan akan tersedia di aplikasi WhatsApp semua orang selama beberapa minggu ke depan.

Fitur-Fitur Baru Lainnya

Selain itu, WhatsApp juga akan merilis fitur lain dalam beberapa minggu ke depan, sebagai alternatif dan cara mudah untuk terhubung ke perangkat pendamping. Pengguna akan dapat memasukkan nomor telepon mereka di WhatsApp Web untuk menerima kode sekali pakai, yang dapat ditukarkan di telepon mereka.

“Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi memindai kode QR untuk mengaktifkan penautan perangkat. Kami berharap dapat menghadirkan fitur ini ke perangkat pendamping lainnya di masa mendatang,” pungkas WhatsApp.

WhatsApp sebelumnya juga telah merilis fitur bernama Temporary Messages yang berguna untuk menghapus sebuah chat agar tidak perlu diarsipkan selamanya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Departemen Kehakiman AS (DOJ) berencana memfokuskan gugatan TikTok pada dugaan pelanggaran privasi anak. Langkah ini bertentangan dengan tuduhan DOJ sebelumnya bahwa platform...

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Social Media

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – WhatsApp kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan ini mungkin disukai oleh pengguna yang suka menggunakan fitur...