Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Waspada Modus Penipuan di WhatsApp! Ini List Modus-Modusnya!

Modus Penipuan di WhatsApp_1a
Modus Penipuan di WhatsApp. (Sumber: Head Topics)

Last updated on 22 Agustus, 2023

Unbox.id – Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga menghadirkan beragam kecanggihan yang mana hadir untuk bisa memenuhi kebutuhan aktivitas penggunanya. Selain bisa memberikan kemudahan tersendiri, ternyata teknologi ini juga terkadang dibuat untuk hal-hal kejahatan yang bisa merugikan orang lain. Seperti salah satu contohnya adalah dengan adanya modus penipuan di WhatsApp yang pada saat ini tengah marak dijumpai oleh masyarakat secara langsung. Di tenga maraknya modus kejahatan tersebut, lantas ada modus-modus apa saja yang pada saat ini tengah meningkat dengan menggunakan platform media sosial WhatsApp tersebut? Berikut adalah informasinya yang bisa Anda ketahui lebih lanjut!

Modus Penipuan Berkedok Undangan Nikah

Penipuan Surat Undangan Nikah_2b

Penipuan Surat Undangan Nikah. (Sumber: JawaPos)

Modus penipuan di WhatsApp yang pertama dan perlu diwaspadai lebih lanjut bagi para penggunanya adalah dengan adanya modus berkedok undangan nikah. Modus ini memang sempat viral beberapa waktu yang lalu dikarenakkan membuat para pengguna aplikasinya menjadi seakan percaya bahwa itu adalah undangan resmi dari sanak kerabat ataupun keluarga para penggunanya.

Di dalam modusnya ini, para pelaku akan mengirimkan pesan singkat dan juga sebuah file apk atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan aplikasi untuk platform smartphonenya. Dalam file apk tersebut, nantinya akan muncul sebuah judul bertuliskan ‘SURAT UNDANGAN DIGITAL’ yang meminta para penggunanya untuk mengklik atau membuka file apk tersebut.

Selain dengan judulnya tersebut, para pelaku juga biasanya menuliskan sebuah kalimat yang akan membuat para penggunanya agar semakin percaya yaitu ‘Kami Harap Kehadirannya’. Tentunya jika tidak terlalu awas dan waspada, maka para penggunanya bisa langsung membuka apk tersebut yang bisa merugikan para penggunanya dimana file apk tersebut bisa mengancam keamanan smartphonenya.

Modus Penipuan Berkedok Kurir

Modus penipuan lainnya yang juga tengah marak di dalam platform WhatsApp sendiri adalah dengan adanya modus berkedok kurir. Perlu diketahui bahwa perkembangan teknologi digital pada saat ini juga menghadirkan aktivitas berbelanja online yang bisa memudahkan para penggunanya untuk bisa mendapatkan beragam kebutuhannya.

Dengan adanya peningkatan tersebut, nyatanya para penggunanya juga menggunakan celah in dengan menghadirkan modus operasi penipuan berkedok antar pengiriman barang atau kurir. Dalam modus ini, biasanya para pelaku akan menghubungi para penggunanya via WhatsApp dan mengirimkan lampiran file apk dengan nama dan juga bertuliskan ‘LIHAT Foto Paket’.

Tentunya para pengguna WhatsApp perlu lebih teliti dan juga lebih awas di dalam membuka isi pesan tersebut. Bacalah lebih teliti dan lihat juga apakah file yang dikirimkan tersebut berbentuk apk ataukah bukan agar data pada smartphone pengguna tidak dibobol ataupun diretas oleh para pelakunya.

Baca juga: Bagaimana Cara Kirim Foto HD Di Whatsapp? Ini Caranya!

Modus Penipuan Berkedok Surat Tilang

Penipuan Surat Tilang_3c

Penipuan Surat Tilang. (Sumber: SINDO News)

Modus penipuan yang satu ini mungkin bisa membuat para pengguna WhatsAppnya menjadi panik apabila terbaca. Ya, modus tersebut adalah adanya modus penipuan berkedok surat tilang dimana dapat memberikan peran psikologis yang membuat para penerima pesannya bisa menjadi panik. Namun, cobalah untuk tidak panik di awal ketika membaca pesannya tersebut karena bisa jadi itu adalah modus penipuan!

Pada modus ini, para pelaku biasanya mengirimkan pesan lewat WhatsApp dimana para penerima pesannya telah melanggar aturan lalu lintas. Selain itu, para pelaku juga menambahkan file agar semakin yakin dimana file tersebut bernama ‘Surat Tilang-1.0.apk.; yang bisa membuat terasa semakin yakin.

Apabila hal ini terjadi, para pengguna diharapkan untuk tidak membuka file tersebut agar perangkat smartphone penggunanya tidak diretas untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Social Media

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – WhatsApp kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan ini mungkin disukai oleh pengguna yang suka menggunakan fitur...

Apps & Games

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Aplikasi perpesanan WhatsApp Meta dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan semua pengguna melihat media yang...