Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Video Call di Facebook Messenger Kini Bisa Sambil Main Game

Facebook Messenger Game_1fbm
Aplikasi Facebook Messenger hadirkan game ketika Video Call yang digunakan para penggunanya. (Sumber: FoneArena.com)

Unbox.id – Facebook baru saja mengumumkan kehadiran game multiplayer dalam video call atau fungsi panggilan video di Messenger. Fitur ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan keluarga sambil bermain game sekaligus dengan 14 game yang tersedia di Facebook Messenger. Judul-judul game yang diungkapkan saat peluncuran mencakup banyak favorit lama, seperti Words With Friends dan Mini Golf FRVR. Ada juga beberapa judul baru, seperti Card Wars dan Exploding Kittens.

Menikmati Fitur Baru

Sebagian besar game yang tersedia di Messenger dirancang untuk dimainkan oleh setidaknya dua orang. Namun, setiap permainan memiliki jumlah maksimal pemain yang berbeda. Menariknya, seperti dikutip Gizmochina, Kamis (6 April 2023), fungsi gaming panggilan video Messenger tersedia untuk iOS, Android, dan web tanpa memerlukan pengaturan apa pun, pesanan khusus apa pun.

Untuk memanfaatkan fitur terbaru ini, pengguna bisa melakukan video call terlebih dahulu di Facebook Messenger. Selanjutnya, tekan tombol mode tim, pilih ikon “Mainkan”, dan telusuri opsi permainan yang tersedia.

Fitur gaming di Messenger ini menjanjikan pengalaman yang menarik, terutama bagi mereka yang suka multitasking atau mudah bosan dengan percakapan. Selain itu, semua pemain dapat terhubung melalui layanan Facebook, serta saling bertemu melalui panggilan video, sehingga meningkatkan kedekatan antar pemain.

Baca juga: Meta Ungkap Berbagai Cara Facebook Manfaatkan AI

Facebook Akan Sediakan Banyak Game di Messenger

Facebook Messenger game_2fbm

Facebook Messenger akan hadirkan lebih banyak game di dalam fitur video call miliknya. (Sumber: Aroged)

Meski hanya merilis 14 judul, Facebook Gaming mengatakan lebih banyak game gratis akan tersedia akhir tahun ini. Untuk alasan ini, perusahaan mendesak pengembang yang tertarik untuk menghubungi Pengelola Mitra Facebook untuk perincian tentang penambahan game ke platform.

Pengumuman itu juga datang beberapa bulan setelah Meta memutuskan untuk menutup aplikasi game Facebook mandiri sebelumnya. Setelah 28 Oktober 2022, pengguna tidak dapat lagi mengakses layanan atau aplikasi Game Facebook di browser, konsol, dan aplikasi di Android dan iOS.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, Facebook Gaming adalah platform game yang dikembangkan oleh Facebook dan memungkinkan pengguna menjelajahi, menonton, dan memainkan game di berbagai perangkat. Pengguna dapat terhubung dengan gamer lain, membuat komunitas, dan bergabung dengan grup berdasarkan minat game mereka.

Di sisi lain, pengumuman fitur game untuk panggilan video di Messenger adalah angin segar biaya bagi perusahaan. Karena pada tahun 2017, Facebook mengumumkan bahwa Facebook tidak lagi mendukung platform game desktop.

Alasan Facebook ingin fokus pada game mobile, di mana mereka melihat potensi pertumbuhan yang lebih besar. Perusahaan bahkan telah memperluas platform game-nya melalui cloud gaming.

Baca juga: Meta Perpanjang Durasi Reels Di Facebook Jadi 90 Detik

Meta Gelar Program Menarik di Facebook dan Platform Lainnya

Di sisi lain, Meta, sebagai perusahaan induk Facebook, menjalankan kampanye bertajuk Bulan Kebaikan selama Ramadan tahun ini. Melalui kampanye ini, Meta mengajak masyarakat Indonesia untuk bertemu melalui platform mereka dan berbagi inspirasi.

“Kami perkenalkan kembali kampanye Bulan Kebaikan untuk menciptakan ruang yang lebih luas bagi masyarakat untuk bertemu dan merayakan bulan Ramadan,” kata Country Manager Meta Indonesia Pieter Lydian dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat, Senin (27 Maret 2023).

Pieter mengatakan, dengan kondisi di Indonesia yang memungkinkan masyarakat untuk bertatap muka dan merayakan Ramadhan, Meta ingin mengajak mereka berbagi pengalaman dan kehangatan pertemuan tersebut di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Untuk Facebook dan Instagram, Meta mengadakan inisiatif Blessing Ruah yang akan menampilkan beberapa kreator kuliner Indonesia seperti Tanboy Kun, Martin Praja, Willgoz, Asyan Dwianto dan Machel Wie berkolaborasi untuk konten Ramadhan tahun ini.

Tidak hanya makanan, pengguna juga dapat menikmati program spesial Ramadhan yang akan ditampilkan oleh media hiburan besar Indonesia melalui halaman Facebook mereka. Ada serial TV, reality show, dan variety show tentang kehidupan sehari-hari tokoh masyarakat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Jaksa AS di Virginia sedang menyelidiki Meta (perusahaan induk Facebook) atas dugaan bahwa platform media sosial tersebut memfasilitasi dan mengambil keuntungan dari...

Social Media

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa Facebook telah menjadi raja media sosial. Media sosial adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak...

Social Media

Unbox.id – Meta baru saja menutup jaringan akun palsu yang menyamar sebagai keluarga militer Amerika dan aktivis anti-perang. Menurut peneliti keamanan Meta, akun palsu...