Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Twitter Dikabarkan Akan Hadirkan Fitur Search Subscribe

Twitter Dikabarkan Akan Hadirkan Fitur Search Subscribe (sumber: techcrunch.com)
Twitter Dikabarkan Akan Hadirkan Fitur Search Subscribe (sumber: techcrunch.com)

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, Twitter dikabarkan sedang mengerjakan fitur baru yang akan memungkinkan pengguna untuk memilih pemberitahuan dari tweet terbaru yang sesuai dengan pencarian.

Fitur tersebut disebut Search Subscribe, dimana fitur ini dapat memberikan pengguna pilihan untuk dapat menerima pemberitahuan pada tweet baru yang relevan dengan permintaan pencarian. Fitur ini terlihat menempatkan ikon lonceng notifikasi di sebelah kotak pencarian di aplikasi Twitter. Jika ingin melihat tweet, pengguna hanya perlu mengetuk lonceng tersebut.

Twitter  (sumber: theverge.com)

Twitter (sumber: theverge.com)

Mengutip dari The Verge, fitur ini pertama kali ditemukan oleh pengembang Dylan Roussel. Ia mengungkapkan bahwa Twitter sepertinya akan menempatkan ikon lonceng pemberitahuan di sebelah kotak pencarian pada aplikasinya.

Fitur Search Subscribe ini nantinya akan mengirimkan pemberitahuan tentang topik yang pengguna cari, jika pengguna memilih untuk mengaktifkan fitur tersebut di setiap pencarian mereka.

Untuk saat ini, fitur Search Subscribe tersebut hanya muncul di aplikasi Twitter Alpha, dengan begitu pengguna belum bisa menikmati fitur ini dalam waktu dekat. Pasalnya, masih belum jelas indikasi mengenai kapan fitur ini akan dihadirkan oleh Twitter.

Baca juga: 5 Fitur Menarik Aplikasi Musik Resso

Meski demikian, ini adalah merupakan ide menarik yang dibawa Twitter sebagai upaya untuk memudahkan para pengguna untuk menemukan hal-hal yang mereka cari. Lewat fitur yang bekerja seperti Google Alerts ini, pencarian Twitter memungkinkan banyak filter lanjutan untuk mendapatkan pemberitauan yang relevan.

Fitur Search Subscribe ini tentu dapat menjadi fitur yang berguna bagi pengguna untuk mendapatkan notifikasi yang diinginkan. Selain itu, mengingat kecenderungan Twitter yang penuh akan tweet dan pembaruan, semakin sedikit nofikasi yang dicari oleh pengguna tentu akan membuat pemberitahuan mereka menjadi lebih baik.

Jika dilihat, saat ini pengguna hanya bisa mendapatkan notifikasi dari pengguna individu, atau secara selektif menonaktifkan atau memblokir sesuatu berdasarkan kata kunci, namun pengguna tidak dapat memilih tweet tertentu dari akun tertentu.

Sebenarnya TweetDeck sudah memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan Search Subscribe, dimana memungkinkan pengguna dapat membuat kolom untuk hasil pencarian dan mendapatkan notifikasi setiap kali ada pembaruan. Namun kabarnya, TweetDeck akan segera menutup layanan mereka karena ingin memperbaiki platform tersebut dan menguji fitur yang akan diluncurkan beberapa bulan lagi.

Hingga kini, Twitter masih menjadi salah satu sosial media yang cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia. Terlebih ketika ada sesuatu yang sedang ramai dibicarakan atau sedang trending, maka Twitter biasanya menjadi salah satu sumbernya. Mulai dari hal serius hingga hiburan sering kali dibahas di Twitter seperti misalnya pembahasan politik, agama, hiburan, kasus artis, hingga cerita menarik dan inspiratif lainnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Slow Motion Video Android

Anda juga pasti sering melihat screenshot tweet dari Twitter pada story Instagram, hingga Facebook. Disadari atau tidak, banyak materi yang ada di Twitter justru bertebaran di platform lain.Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa Twitter masih eksis dan memiliki banyak pengguna aktif hingga sekarang.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: techcrunch.com, theverge.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini Twitter meluncurkan teks otomatis untuk Tweet suara. Sebelumnya, Tweet suara adalah fitur baru yang diluncurkan tahun lalu dan mendapatkan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Beberapa hari terakhir, banyak media yang memberitakan tentang Kominfo akan memblokir platform mesin pencari terbesar di dunia, yakni Google. Selain itu,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, Twitter dikabarkan mulai memberikan akses pada pengguna smartphone Android untuk berlangganan fitur layanan premium mereka. Melalui pembaruan terbaru di...

Social Media

Last updated on 13 Juli, 2022 Unbox,id – Semua orang tentu sudah mengenal CEO Tesla, Elon Musk. Konon katanya, Elon mengumumkan dia membatalkan perampungan...