Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Trafik Data XL Axiata Naik 37 Persen Saat Libur Lebaran

XL Axiata_1xl
XL Axiata menyatakan terdapat peningkatan trafic saat libur lebaran 2023. (Sumber: Trendtech.id)

Unbox.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatatkan peningkatan trafik penggunaan data selama libur Idul Fitri 2023, dari 19 April hingga 27 April 2023. Perusahaan mencatatkan peningkatan trafik data 37% lebih banyak dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya dan sekitar 17 persen dari hari normal (normal) sebelum Ramadhan. Meningkatnya trafik data tidak lepas dari antusiasme masyarakat untuk bepergian dan berlibur seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi. Director and Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, perusahaan telah lama melakukan persiapan khusus untuk memberikan pelayanan terbaik di hari raya Idul Fitri.

Selama Periode Liburan

XL Axiata_2xl

Layanan video streaming jadi salah satu yang sering digunakan oleh masyarakat saat liburan lebaran. (Sumber: Gizmologi)

“Pada masa liburan ini terjadi peningkatan trafik data yang cukup signifikan, begitu juga data pergerakan masyarakat dari satu daerah ke daerah lain. Akses layanan streaming Video streaming melalui jejaring sosial juga cukup tinggi, hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap saling berbagi kebahagiaan,” kata Gede dalam keterangannya, Minggu, 30 April 2023.

Selama libur lebaran lalu lintas layanan didominasi oleh File Access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36%, IM 33%, Games 11% dan Streaming 10% serta layanan lainnya hingga 9%. Layanan streaming video juga mengalami peningkatan, seperti Netflix mencapai 36%, Disney Hotstar 22%, TikTok 12%, dan YouTube naik 5%.

Pemakaian WhatsApp Naik 43 Persen

Untuk layanan Instant Messenger, trafik WhatsApp meningkat sebesar 43%. Sedangkan pada layanan media sosial, traffic Instagram meningkat 55%, Twitter meningkat 15% dan Meta (Facebook) meningkat 4%.

Layanan peta atau panduan rute seperti Apple Map, Google Map, dan Waze banyak dilihat oleh traveler, naik sekitar 9-75% dibandingkan weekdays. Berdasarkan wilayah, peningkatan trafik jasa pada libur lebaran dibandingkan hari biasa sebelumnya terjadi di Jawa Tengah dengan peningkatan sebesar 27%, di Jawa Barat sebesar 19% dan di Jawa Timur masing-masing sebesar 17%.

Di luar Jawa, penggunaan lalu lintas di wilayah Sumatera Utara meningkat rata-rata 12%, Sumatera Selatan meningkat 15%, Kalimantan meningkat 10%, Sulawesi meningkat 6%, Bali-NTB-NTT meningkat 10%.

Baca juga: Smartfren Rilis Kartu Perdana Kuota M Dan L

Kerahkan 160 Unit Mobile BTS

Sementara itu, melihat kota/kabupaten secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan peningkatan lalu lintas tertinggi adalah Kebumen, Jawa Tengah, naik 62%, Pandeglang, Jawa Barat, 49% dan Pemalang, Jawa Tengah, 48%.

“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan pada libur lebaran akan turun 6% dibandingkan hari biasa. Data trafik Jabodetabek juga sesuai dengan data perjalanan pelanggan pada periode libur lebaran. Data monitoring dari XL Axiata bahwa mencatat proporsi perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain sekitar 35%,” kata Gede.

Secara umum, guna memastikan jaringan siap memenuhi kebutuhan pelanggan selama libur lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya meningkatkan kapasitas jaringan sebanyak 2 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Prosedur kontrol jaringan selalu dilakukan semaksimal mungkin. XL Axiata telah mengerahkan 160 perangkat mobile BTS untuk meningkatkan kualitas jaringan sesuai kebutuhan. Tidak diragukan lagi, XL Axiata semakin maju dengan tiap perkembangannya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Manajemen XL Axiata bertemu dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Budi Arie Setiadi di kantor Kominfo di Jakarta. Kabar pertemuan manajemen XL Axiata...

Apps & Games

Unbox.id – Trafik internet di jaringan XL Axiata meningkat 16% selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dibandingkan hari biasa sebelum Ramadhan. Mengutip informasi...

Operator

Unbox.id – Operator seluler menunggu keputusan pemerintah mengenai besaran tarif penggunaan frekuensi radio (BHP), alias tarif regulasi, untuk memperkenalkan spektrum frekuensi baru yang akan...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...