Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Tokoh Bidang Teknologi Asal Indonesia Yang Mendunia

Teknologi Indonesia_1
Indonesia memilki beberapa tokoh bidang teknologi yang dikenal di dunia. (Sumber: Good News From Indonesia)

Unbox.id – Indonesia akan memasukki hari ulang tahun yang memasukki usia cukup panjang. Dalam hal ini, Indonesia perlahan telah bertransformasi untuk menjadi sebuah bangsa yang besar. Selain itu, penguasaan dalam bidang teknologi akan terus semakin berkembang seiring perkembangan zaman. Lebih lanjut, terdapat beberapa sosok tokoh bidang teknologi yang telah berkontribusi dalam pembangunan teknologi di tanah air. Lantas, siapakah tokoh-tokoh tersebut?

Bacharuddin Jusuf Habibie

Habibie_1

Habibie dengan Pesawat N-250 kebangaan Indonesia. (Sumber: Detiknet)

Sosok tokoh bidang teknologi pertama yang pastinya sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia adalah tokoh ini. Ya, nama dari tokoh ini adalah Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan B.J. Habbie dalam nama akrabnya. Presiden RI ke-3 ini memang sangat melekat dengan dunia teknologi dan salah satunya adalah di bidang kerdirgantaraan.

Hasil karya B.J. Habbie yang menjadi dikenal abadi oleh masyarakat Indonesia adalah saat meluncurkan sebuah pesawat terbang asli Indonesia. Nama pesawat tersebut adalah N-250. Ini merupakan pesawat yang merupakan hasil dari buah tangan putra-putri terbaik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Hadirnya N-250 pada saat itu juga tersiar kabar sampai di seluruh dunia yang membuat Indonesia menjadi sorotan.

Selain pesawat terbang, sosok yang dikenal juga dengan panggilan Eyang Habibie ini juga berhasil dalam menciptakan berbagai penerapan teknologi untuk berbagai benda-benda. Baik untuk keperluan sipil maupun militer, sosok yang kagum akan dunia teknologi ini telah berkontribusi nyata untuk hadirkan dunia teknologi di Indonesia.

Baca juga: Jelang Kemerdekaan, Ini Perkembangan Teknologi Gadget Di Indonesia

Khoirul Anwar

Khoirul Anwar_1

Khoirul Anwar dikenal dengan penemuannya di bidang teknologi komunikasi pada jaringan 4G. (Sumber: Institut Teknologi Bandung)

Tokoh bidang teknologi selanjutnya yang membawa dampak kemajuan bagi segi teknologi di Indonesia adalah Khoirul Anwar. Beliau merupakan salah satu sosok yang penting di dalam pengembangan teknologi di Indonesia dan khususnya pada bidang telekomunikasi. Tentunya telekomunikasi adalah sebuah hal yang wajib hadir di suatu negara.

Dalam hal ini, Khoirul Anwar telah menghadirkan sebuah penemuan yang telah berhasil mengubah peta arah perkembangan komunikasi di Indonesia dan bahkan di dunia. Ya, Khoirul Anwar telah menemukan sebuah jaringan mumpuni yang bisa memberikan kecepatan maupun fleksibilitas yang lebih pada para penggunanya yaitu jaringan 4G.

Dengan adanya penemuan tersebut, Khoirul Anwar dengan hasil karya penemuannya di bidang teknologi tersebut juga telah menjajaki kerja sama dengan salah satu raksasa perusahaan teknologi asal negeri Tiongkok yaitu Huawei Technology berkat penemuannya tersebut.

Baca juga: Cara Mengubah Nama Penggunanya Di Aplikasi TikTok

Warsito Purwo Taruno

Warsito_1

Pak Warsito (tengah) adalah sosok teknologi di Indonesia di bidang kesehatan. (Sumber: CNN Indonesia)

Sosok berikutnya yang dikenal sebagai tokoh bidang teknologi di tanag air adalah Warsito Purwo Taruno. Untuk teknologi yang dikembangkannya, Warsito dikenal sebagai salah satu sosok yang menciptakan sebuah teknologi yang berguna untuk di bidang kesehatan. Dalam hal ini, Warsito menghadirkan teknologi untuk membantu penyembuhan salah satu kanker yaitu kanker payudara.

Awalnya temuan di bidang kesehatan teknologi yang dibuat oleh Warsito ini merupakan sebuah alat prototipe untuk risetnya. Alat yang dikembangkannya itu berupa sebuah helm dan rompi yang memiliki teknologi berbasis Electrical Capacitive Volume Technology atau ECVT.

Lebih lanjut, alat teknologi di bidang kesehatan milik Warsito ini kini tengah dikembangkan lewat riset di Tomography Research Laboratory atau CTECH Labs yang diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat di bidang teknologi kesehatan tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Teknologi kecerdasan buatan sedang diadopsi secara luas. Perusahaan-perusahaan di berbagai industri mengintegrasikan AI ke dalam produk dan layanan mereka, salah satunya...

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Produsen teknologi gadget digital terkemuka asal Dongguan, Tiongkok, yakni Vivo, kabarnya tengah mengerjakan proyek terbaru. Produk yang sedang mereka kerjakan tersebut...

Artikel

Last updated on 22 November, 2023 Jakarta, Unbox.id – Menggunakan tablet dengan layar yang jernih dan bersih akan memberikan pengalaman beraktivitas yang nyaman dan...

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Watch 3 dari vivo telah hadir dan mempelopori BlueOS merupakan rancangan khusus buatan vivo di sampingnya. Vivo Watch 3 adalah jam...