Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Tips Cara Cegah WhatsApp Anti Sadap

Whatsapp_1
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para penggunanya guna mencegah tindakan penyadapan pada aplikasinya. (Sumber: Indotren)

Unbox.id – Sebuah aplikasi komunikasi yang telah hadir guna memudahkan bagi para pengguna smartphone di seluruh dunia yaitu WhatsApp merupakan satu dari sekian aplikasi yang populer pada saat ini. Selain itu, aplikasi ini juga bahkan menjadi yang utama di dalam keguaan mengirim pesan oleh para penggunanya. Sejalan dengan kepopulerannya, tidak bisa dipungkiri jika aplikasi ini juga rentan akan penyadapan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Lantas, bagaimana untuk mengatasinya? Berikut adalah tips cara cegah WhatsApp agar anti sadap.

Gunakan Verifikasi Dua Faktor

Whatsapp_2

Gunakan sistem verifikasi dua faktor guna mencegah tindakan penyadapan dalam paltformnya tersebut. (Sumber: BlogIDN)

Cara pertama yang bisa dilakukan guna mencegah WhatsApp anti sadap adalah dengan menggunakan verifikasi dua faktor pada sistem aplikasinya tersebut. Dalam hal ini, aplikasi sosial media ini memberikan sebuah fitur keamanan tambahan di mana bisa digunakan oleh para penggunanya saat menggunakan sosial media ini.

Dalam hal ini, para pengguna WhatsApp perlu mengaktifkan verifikasi dua faktor di mana sangat diperlukan guna mencegah Tindakan penyedapan terhadap akun para penggunanya tersebut. Pada faktor aplikasi ini, diperlukan verifikasi lanjutan bagi para penggunanya agar bisa mengamankan profil penggunanya dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Guna menggunakan verifikasi dua faktor tersebut, para pengguna bisa mengikuti beberapa langkah yang ada di dalam mencegah tindakan anti sadap dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Klik opsi di kanan atas.
  • Pilih menu ‘Setting’, lalu masuk ke dalam menu ‘Account’.
  • Pada menu ‘Account’ tersebut, pilih ‘Two Steps Verification’.
  • Setelahnya, klik menu ‘Enable’.
  • Setelah mengklik menu tersebut, masukkan kode enam rahasia yang telah di atur.
  • Masukkan e-mail sebagai opsi untuk memulihkan kata kunci jika penggunanya lupa terhadap kata kuncinya tersebut.

Baca juga: Cara Baca WhatsApp Tanpa Ketahuan Online, Ini Caranya

Aktifkan Opsi Sidik Jari

Whatsapp_3

Opsi keamanan sidik jari menjadi pengamanan tambahan pada aplikasi sosial media ini. (Sumber: Tekno Esportsku)

Cara berikutnya yang bisa di ikuti oleh para pengguna WhatsApp di dalam mencegah tindakan penyadapan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk hal ini, ada cara lainnya yang terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh para penggunanya. Cara yang mudah untuk digunakan tersebut adalah dengan mengaktifkan opsi sidik jari pada bagian keamanannya.

Apabila para pengguna belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur keamanan sidik jari di dalam perangkatnya tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini bisa dilihat cukup mudah untuk diaktifkan. Untuk hal tersebut, berikut adalah cara untuk mengaktifkan opsi fitur keamanan ini.

  • Klik opsi pada bagian kanan atas.
  • Pilih menu ‘Privacy’.
  • Setelahnya, pilih menu ‘Kunci Sidik Jari’ dan aktfikan.
  • Apabila pengguna sudah mengaktifkannya, maka selanjutnya pengguna diminta untuk merekam sidik jari untuk otentikasi keamanannya.

Baca juga: Bisa Keluar Grup Diam-Diam, Ini Fitur Baru WhatsApp!

Log Out WhatsApp Web

Whatsapp Web_1

Log out dari WhatsApp Web bisa menjadi suatu hal yang bisa mencegah tindakan penyadapan berbasis website. (Sumber: Blogtanist)

Cara selanjutnya di mana bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah tindakan penyadapan di dalam aplikasi sosial media ini memiliki hubungan dengan aplikasi yang masih sehubungan dengan aplikasi ini. Ya, para pengguna WhatsApp telah mengetahui bahwa aplikasi ini bisa digunakan lewat perangkat website di mana aplikasi tersebut bernama WhatsApp Web.

Seiring dengan aplikasi ini bisa diakses dengan menggunakan perangkat web, tentunya hal ini sangat mudah bisa diretas dan juga disadap oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Guna mengatasi hal tersebut, maka para pengguna WhatsApp perlu keluar atau log out dari WhatsApp Web apabila telah mengakses aplikasi ini lewat perangkat website.

Tentunya dengan melakukan log out pada WhatsApp Web, hal ini bisa mencegah tindakan penyadapan yang bisa mengintai para penggunanya kapan saja di dalam penggunaan aplikasi ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – WhatsApp saat ini sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna mengedit gambar menggunakan editor foto bertenaga kecerdasan buatan (AI). Dengan fitur ini, pengguna...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikenal meluncurkan kemampuan menyematkan atau menyematkan pesan ke dalam obrolan individu dan obrolan grup sejak Desember tahun lalu. Namun, kemampuan ini...

Tech Industry

Unbox.id – WhatsApp sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi video di pembaruan status WhatsApp dengan durasi lebih lama. Hingga saat ini, aplikasi...

Tech Industry

Unbox.id – Meta, perusahaan induk WhatsApp, terus meluncurkan fitur-fitur baru untuk aplikasi perpesanan populer di seluruh dunia. Saat ini, beberapa fitur baru di WhatsApp...