Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Threads Capai 100 Juta Pengguna dalam 5 Hari, Simak Infonya

Threads
Threads raih 100 juta pendaftar hanya dalam 5 hari | foto: MS Poweruser

Jakarta, Unbox.id – Threads, platform baru berbasis teks yang ada di bawah Instagram saat ini mendapatkan minat hingga 100 juta pendaftar. Dari angka tersebut, pengembang hanya butuh waktu kurang lebih 5 hari sejak peluncurannya, yakni tanggal 6 Juli 2023 lalu.

Menurut perhitungan Meta, tercatat bahwa dua jam pertama saat peluncurannya di Amerika, Threads sudah mendapatkan lebih dari 2 juta pendaftar. Setelah itu, pendaftar di platform tersebut bertambah menjadi 5 juta dalam empat jam dan 10 juta di tujuh jam.

Baca juga: Model Oppo Find X Series Yang Laku di Pasaran Juli 2023

Kemudian, pendaftar membludak menjadi 30 juta hanya dalam sehari semalam. Hal ini menjadi ancaman baru bagi pesaingnya, Twitter. Platform milik Elon Musk ini bisa kehilangan pengguna jika mereka beralih ke ‘anak’ Instagram tersebut. 

Threads Memecahkan Rekor dengan 100 Juta Pendaftar dalam 5 Hari

Bahkan, beberapa sumber seperti Techcrunch mengatakan bahwa kepopulerannya dapat menyaingi Chat GPT buatan Open AI yang disebut akan mengungguli Google. Chat GPT Open AI memiliki 10 juta pengguna harian setiap bulannya selama dua bulan berturut-turut.

Bagi Threads sendiri, ia sudah dapat memecahkan rekor dengan mendapatkan 100 juta pengguna aktif yang ada pada bulan pertama. Namun, mereka harus mengingat bahwa mempertahankan pengguna tetap yang ada di platform akan menjadi tantangan sebenarnya.

Baca juga: Tiktok Luncurkan Fitur Musik Berlangganan Mirip Resso dan Spotify

Tidak ada yang tahu, bagaimana tren yang ada di media sosial tersebut, apakah orang-orang akan bosan seperti sekadar mampir atau bertahan. Seperti halnya platform Facebook yang mengalami penurunan drastis setelah adanya Instagram dan Twitter yang lebih populer.

Bagaimana Nasib Kedepannya?

Sementara banyak orang mencoba platform sosial baru Meta yang berfokus pada teks, ada beberapa fitur yang hilang. Khususnya, aplikasi tidak memiliki dukungan untuk ActivityPub — protokol yang di gunakan untuk posting di jaringan terdesentralisasi.

Sementara Meta mengatakan sedang mengerjakannya, hingga integrasi di luncurkan, aplikasi tidak akan benar-benar menjadi bagian dari Fediverse. Selain itu, aplikasi tidak memiliki dukungan untuk pencarian pos, pesan langsung, tagar, dan tidak ada umpan “follow”.

Karena aturan Instagram, aplikasi tidak mengizinkan ketelanjangan di platformnya – sesuatu yang dianut oleh alternatif Twitter lainnya, Bluesky. Namun demikian, mencapai 100 juta pengguna dalam waktu sesingkat itu bukanlah prestasi kecil. Jadi sepertinya Threads akan tetap ada.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Nasib Instagram Flipside akan berakhir setelah 24 Mei 2024. Bahkan, pada tanggal tersebut, fungsi Instagram yang mirip dengan akun kedua akan dihapus...

Social Media

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...