Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Sudah Usia 19 Tahun, Ini Dia Fakta Unik Facebook

Facebook_1_1
Memasukki usia yang ke 19, ini beberapa fakta unik Facebook yang menarik untuk diketahui. (Sumber: Shacknews)

Last updated on 19 Juni, 2024

Unbox.id – Mark Zuckerberg mengunggah di akun Facebook-nya bahwa Meta kini berusia 19 tahun. Namun sebelum berganti nama menjadi Meta, perusahaan ini dulu bernama Facebook Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 saat ia masih menjadi mahasiswa di Harvard.

Awalnya, Facebook bukanlah jejaring sosial untuk masyarakat umum, seperti yang terjadi saat ini, melainkan sebuah platform untuk menilai daya tarik sesama mahasiswa.

Kini, 19 tahun kemudian, Facebook menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna. Menyambut ulang tahun Facebook alias Meta yang ke-19, berikut adalah fakta unik Facebook yang mungkin belum Anda ketahui.

Facebook Lebih Besar Dibanding Eropa

Facebook ternyata memiliki lebih banyak pengguna daripada seluruh penduduk Eropa. Sekarang Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna. Pada saat yang sama sekitar 446,8 juta orang akan tinggal di Eropa pada tahun 2022.

Laporan Penghasilan Meta Q4 menunjukkan bahwa Facebook memiliki 2 miliar pengguna aktif. Menurut laporan yang sama, Facebook juga melampaui 2 miliar pengguna harian untuk pertama kalinya, menambahkan 16 juta pengguna pada kuartal terakhir.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Messenger

Pendapatan Dari Facebook

Mark Zuckerberg

Jadi perusahaan teknologi terbesar, baik Facebook dan Mark Zuckerberg mendapatkan profit yang besar. (Sumber: Insider)

Forbes melaporkan bahwa pendapatan kuartal keempat Facebook mengalahkan perkiraan, mengirim saham naik 23 persen. Kenaikan harga saham menambah kekayaan Mark Zuckerberg sebesar $12 miliar.

Peningkatan ini merupakan peningkatan satu hari terbesar sejak Facebook go public pada 2012. Meskipun demikian, Mark Zuckerberg masih menjadi orang terkaya ke-16 di dunia dengan kekayaan $66,8 miliar.

Dengan adanya hal tersebut, maka tak heran jika perusahaan ini memiliki nilai yang cukup besar dalam skala global dan mampu bersaing dengan raksasa teknologi lainnya yang ada dalam skala dunia.

Baca juga: Facebook Dituding Sengaja Bikin Boros Baterai Di Smartphone

Awal Mula Facebook

Facebook awalnya bernama The Facebook dan diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg. Pada tahun 2003, Zuckerberg membuat program online bernama Facemash, yang merupakan langkah pertamanya dalam mendirikan Facebook.

Ide aslinya, Facebook, adalah aplikasi yang memungkinkan siswa menilai teman mereka berdasarkan daya tarik seseorang.

Tak kurang dari 450 mahasiswa bergabung di Facebook, membuat situs ini cukup sukses. Namun, jika Anda pernah menonton film The Social Network, Anda dapat melihat bahwa masa-masa itu juga tidak mudah bagi Mark.

Budaya Yang Baru dan Pekerjakan Hacker

Facebook

Baik Facebook sendiri, perusahaan teknologi bahkan ada dalam kamus Bahasa Inggris dan cukup unik karena pekerjakan Hacker. (Sumber: Hindustan Times)

Facebook menjadi budaya baru di dunia. Bahkan, Kamus Bahasa Inggris Collins menambahkan kata “Facebook” ke dalam kamusnya pada tahun 2008. Tahun berikutnya, “unfriend” terpilih sebagai kata tahun ini dalam Kamus Oxford Amerika Baru.

Hal ini tentunya menunjukkan dampak signifikan yang dimiliki Facebook terhadap bahasa Inggris dan dunia. Film di atas juga memenangkan tiga Oscar.

Bahkan menariknya, fakta unik Facebook lainnya adalah berhubungan dengan Hacker. Biasanya situs web sangat berhati-hati dalam berurusan dengan peretas, tetapi Facebook berbeda. Pada tanggal 29 Juli 2011, Facebook mengumumkan program bug bounty, yang membayar peneliti keamanan setidaknya $500 untuk melaporkan kerentanan keamanan.

Perusahaan mengatakan tidak akan menuntut “peretas kerah putih” yang menemukan celah. Ini juga menarik para peneliti dari seluruh dunia, termasuk India dan Rusia.

Baca juga: Facebook Didenda Rp 6,4 T Karena “Ketentuan Dan Layanan”

Gangguan Ketergantungan Facebook

Meski tidak secara resmi diakui sebagai gangguan, kecanduan Facebook menjadi masalah di kalangan anak muda, menurut para peneliti.

Menurut sebuah penelitian di Inggris, Gangguan Kecanduan Facebook (FAD) memediasi hubungan positif yang sangat signifikan antara narsisme dan gangguan stres, yang menunjukkan bahwa orang narsistik lebih mungkin menderita FAD.

Itulah tadi beberapa fakta unik Facebook yang menarik dan juga bisa menambah pengetahuan dari para penggunanya. Bagaimana? Apakah para penggunanya masih menggunakan platform media sosial ini setelah mengetahui fakta unik Facebook yang menarik ini?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Spanyol memblokir Meta untuk meluncurkan fitur-fitur yang berfokus pada pemilu di Facebook dan Instagram. Otoritas perlindungan data Agencia Española de Protección de...

Social Media

Unbox.id – Baru-baru ini, Meta mengungkapkan pihaknya menemukan konten buatan AI kerap digunakan untuk mengelabui pengguna di Facebook dan Instagram. Menurut Meta, salah satu...

Tech Industry

Unbox.id – Jaksa AS di Virginia sedang menyelidiki Meta (perusahaan induk Facebook) atas dugaan bahwa platform media sosial tersebut memfasilitasi dan mengambil keuntungan dari...

Social Media

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa Facebook telah menjadi raja media sosial. Media sosial adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia,...