Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Snapdragon 8 Gen 2 Jadi Chip Qualcomm Terkuat Sekarang

Snapdragon 8 Gen 2_1
Snapdragon 8 Gen 2 adalah varian chipset terbaru dan yang terkuat dimiliki Qualcomm pada saat ini. (Sumber: Digstraksi)

Unbox.id – Qualcomm baru saja merilis chipset terbarunya, Snapdrgaon 8 Gen 2. Chipset ini kabarnya menjadi chipset terkuat dan tercanggih dari salah satu produsen chipset ternama, Qualcomm, saat ini. Seperti apa produknya? Simak ulasannya.

Qualcomm Resmi Merilis Chip Terbaru Snapdragon 8 Gen 2

Snapdragon 8 Gen 2_2

Qualcomm hadirkan varian chip terbaru yang mumpuni bernama Snapdragon 8 Gen 2. (Sumber: Yangcanggih.com)

Bagi peminat teknologi, tentunya kita tahu bahwa chipset merupakan salah satu elemen penting untuk menunjang spesifikasi gawai yang semakin canggih.

Salah satu produsen chipset papan atas, Qualcomm telah resmi merilis varian produk chip terbarunya. Chip ini merupakan salah satu chip suksesor dari varian sebelumnya. Chipset terbarunya ini adalah Snapdragon 8 Gen 2.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 tentunya hadir dengan spesifikasi lebih canggih, sebagai suksesor dari produk Gen 1-nya. Selain itu, System-on-Chip atau SOC terbaru ini menjadi chip kelas atas yang mampu menunjang kebutuhan dari produk-produk gawai berspesifikasi tinggi.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 6 Gen 1 Dengan Kecanggihan Mutakhir

Berbekal Spesifikasi Canggih Yang Menjanjikan

Snapdragon 8 Gen 2_3

Chipset terbaru dari Qualcomm ini akan dibekali dengan kapasitas spesifikasi yang mumpuni serta canggih untuk disematkan oleh pengembangnya. (Sumber: HardwareZone)

Chipset yang konon menjadi varian Qualcomm terkuat ini mampu hadirkan performa sistem spesifikasi yang cukup menjanjikan.

Chipset ini menggunakan fabrikasi sebesar 4nm. Selain itu, Qualcomm menyematkan CPU Kryo di dalam chipset ini. Hasilnya, ia memiliki daya yang lebih hemat hingga 40% dari varian Gen 1 sebelumnya. Selain itu, untuk kekuatannya chipset ini memiliki performa lebih kuat 25% dari varian generasi sebelumnya.

Kecanggihan chipset terbaru ini juga bertambah dengan adanya prosesor bernama Qualcomm Hexagon pada bagian AI. Prosesor ini juga berpadu dengan penyematan teknologi lainnya di dalam chipset, yaitu Qualcomm Sensing Hub serta Snapdragon Sight.

Lebih lanjut, varian chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini juga telah disematkan sebuah fitur terbaru yang bernama codec AV1. Kehadiran codec ini tentunya menjadi fitur yang sangat penting untuk kualitas video dalam perangkatnya. Fitur codec ini memberikan kualitas video yang lebih tinggi dan lebih baik, dengan ukuran 30% lebih efisien dari generasi sebelumnya.

Tak hanya sampai di situ saja. Varian chipset dari Qualcomm ini juga mempunyai fitur Snapdragon Elit Gaming. Fitur ini juga telah disematkan beberapa teknologi, seperti Ray Tracing, WiFi 7, dan chip modem 5G Snapdragon X70. Dengan fitur ini, chip ini mampu memberikan kecepatan download hingga 10 Gbps.

Baca juga: Qualcomm Kuasai Pasar Smartphone, MediaTek Tak Mau Kalah

Penggunaan Mulai dari Akhir 2022

Kehadiran dari varian chipset terbaru dari Qualcomm ini memang cukup menjanjikan bagi pangsa pasar gadget di seluruh dunia. Hadir sebagai varian chip terkuat dan mumpuni dari Qualcomm, chipset ini kabarnya menarik minat eberapa produsen smartphone terkenal kelas dunia. Di antaranya, ada ada Oppo, Redmi, Asus ROG, Vivo, Xiaomi, Sony, hingga OnePlus.

Guna mencicipi varian chipset terbarunya itu, pihak Qualcomm mengabarkan bahwa varian chip ini akan hadir di akhir tahun 2022 mendatang. Sehingga dalam hal ini, produk-produk smartphone dari 2023 awal akan merasakan kualitas performa chipset terbarunya itu.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm resmi meluncurkan chipset Snapdragon 8s Gen 3. Chipset ini disebut-sebut akan menghadirkan kemampuan seri 8 ke lebih banyak smartphone guna menciptakan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Qualcomm baru-baru ini mengumumkan agenda konferensi peluncuran produk baru pada hari Senin, tanggal 18 Maret 2024. Rencananya, mereka akan meluncurkan prosesor...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru-baru ini memperkenalkan seri Galaxy Book 4 secara global, tetapi tampaknya ada pengungkapan menarik lainnya yang akan segera terjadi. Laptop...

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm baru saja mengumumkan sejumlah teknologi baru dalam AI sintetik, komputasi cerdas, dan konektivitas nirkabel di Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024....