Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Sam Altman Jadi Kepala Tim Riset AI Microsoft

Sam Altman Microsoft_1a
Sam Altman Microsoft. (Sumber: Decrypt)

Unbox.id – Sam Altman, mantan CEO OpenAI bergabung dengan Microsoft. Hal ini terjadi setelah beredar kabar bahwa OpenAI akan menghapus pembuat ChatGPT. Sayangnya, kabar kembalinya Sam Altman sebagai CEO OpenAI langsung dibantah. Pertanyaan Altman ditujukan sepenuhnya kepada para eksekutif perusahaan. Tidak dijelaskan mengapa Sam Altman enggan kembali ke perusahaan yang terkenal dengan layanan AI Generatif ChatGPT tersebut. Beberapa jam kemudian, terungkap di mana Altman akan jatuh lagi. Hal tersebut terungkap melalui postingan CEO Microsoft Satya Nadella di akun Twitter X miliknya. Dalam tweetnya, Nadela “menunjuk langsung Altman dan anggota OpenAI Greg Brockman untuk memimpin tim peneliti AI Microsoft.”

Bergabung Dengan Microsoft Untuk Memimpin

Sam Altman Microsoft_2b

Sam Altman Microsoft. (Sumber: HyScaler)

“Sam Altman, Greg Brockman dan timnya akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim riset AI tingkat lanjut di Microsoft,” tulis Satya.

Ia menambahkan, “Microsoft tetap berkomitmen pada kemitraannya dengan OpenAI.” Dari hal tersebut, kemungkinan besar pengembangan produk ChatGPT OpenAI akan sedikit terhambat dengan banyaknya talenta dari perusahaan tersebut yang “berimigrasi” ke Microsoft.

Meski terdiam beberapa saat, Altman pun mengumumkan kabar dirinya dan timnya bergabung dengan Microsoft dengan membalas tweet Satya tentang X dengan teks: “work in process” atau “work in process” sedang berlangsung”.

Seiring dengan pengumuman bahwa Sam Altman dan salah satu penemu OpenAI Greg Brockman bergabung dengan Microsoft, hal ini telah menjadi topik diskusi di antara berbagai orang. Merujuk Engdget, banyak pihak yang bertanya-tanya apakah keputusan mempekerjakan Sam Altman di Microsoft akan mempengaruhi hubungan perusahaan dengan OpenAI.

Mengingat perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini telah menginvestasikan $13 miliar dan memiliki 49% saham OpenAI. Selain itu, Microsoft juga baru-baru ini memperkenalkan asisten AI bernama Copilot yang didasarkan pada ChatGPT OpenAI.

Tidak Akan Kembali jadi CEO OpenAI Usai Dipecat

CEO dan pendiri OpenAI Sam Atman baru-baru ini menjadi berita karena dia dipecat dari posisi CEO-nya. Hal ini dilakukan oleh direksi perusahaan setelah proses pemeriksaan. Namun, hanya dalam satu hari, pembuat ChatGPT diminta menjadi kepala OpenAI.

Sayangnya, Altman langsung menolak permintaan tersebut. Laporan tersebut, yang dikutip oleh Reuters, menyatakan: “Sam Altman tidak akan kembali sebagai CEO OpenAI, meskipun ada upaya dari para eksekutif perusahaan untuk memanggilnya kembali.”

Tidak dijelaskan mengapa Sam Altman enggan kembali ke perusahaan yang sedang berkembang karena proyek ChatGPT Generative AI miliknya mengubah dunia. Namun, laporan yang sama mengklaim bahwa pengganti Altman sebagai CEO OpenAI adalah pendiri layanan streaming video Twitch.

“Pendiri layanan streaming video Twitch Emmett Shear akan menggantikan (Altman) sebagai CEO sementara,” kata laporan itu, mengutip salah satu pendiri dan salah satu pendiri OpenAI, Ilya Sutskever.

Baca juga: Microsoft Blokir Akses Karyawan Ke ChatGPT

Altman Senang Saat Bekerja di OpenAI

ChatGPT OpenAI_2b

ChatGPT OpenAI. (Sumber: Business Insider)

Sehari setelah dia disertakan, Sam Altman juga memposting tweet tentang X yang berbunyi, “Saya menghabiskan waktu saya bekerja di OpenAI.”

“Ini telah mengubah saya secara pribadi, saya harap dunia bisa sedikit berubah. Yang terpenting, saya suka bekerja dengan orang-orang berbakat seperti itu,” tulis Sam Altman di X Twitter. Setelah pengambilalihan, tersiar kabar bahwa dewan OpenAI berencana mempekerjakan kembali Sam Altman.

Niat Sam Altman untuk kembali ke OpenAI disebut-sebut karena adanya tekanan dari dewan direksi dari investor di perusahaan yang mengembangkan ChatGT. Hingga saat ini, belum jelas apakah Sam Altman akan kembali sebagai CEO OpenAI.

Selain Altman, salah satu pendiri OpenAI, Greg Brockman, juga keluar dari perusahaan karena menentang kepergian Altman sebagai CEO perusahaan intelijen tersebut.

Altman sendiri mengatakan bahwa dia menikmati waktunya di OpenAI dan berencana untuk fokus pada teknologi berbasis perangkat keras setelah dia keluar. Sementara itu, OpenAI akan melanjutkan pencariannya untuk mencari pengganti permanen CEO OpenAI.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI dan Google melatih model AI mereka pada teks yang disalin dari video YouTube. Cara ini berpotensi melanggar hak cipta pembuat konten....

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikatakan sedang mengembangkan model bahasa baru yang disebut ReALM (Reference Resolusi Modeling sebagai Bahasa) dan dapat bersaing dengan chatbot AI ChatGPT...

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI mengumumkan bahwa mereka telah melakukan pratinjau kecil terhadap alat baru yang disebut Voice Engine, sebuah teknologi kloning suara yang mampu meniru...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...