Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Rekomendasi Website Ruang Kolaboratif Gratis yang Bisa Anda Manfaatkan

Jakarta, Unbox.id – Ada banyak website yang menyediakan ruang kolaboratif untuk kegiatan pembelajaran daring. Anda bisa memanfaatkan salah satunya untuk meningkatkan kreativitas siswa atau sebagai media yang menarik untuk berdiskusi.

Di bawah ini Unbox telah merangkum beberapa ruang kolaboratif rekomendasi yang dapat Anda gunakan secara gratis. Beberapa mungkin membutuhkan login akun email untuk mengaksesnya, dan beberapa bisa Anda gunakan secara anonim untuk umum.

1. Ruang Kolaboratif Google Jamboard

Ruang kolaborasi yang pertama adalah Google Jamboard yang sangat familiar bagi penggemar setia Google. Anda bisa mengakses aplikasi yang satu ini dengan login terlebih dahulu di akun Google, peserta yang Anda undang tidak bisa masuk kecuali memiliki akun.

Baca juga: Website Untuk Membuat Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Dengan kata lain, Anda tidak bisa masuk sebagai kolaborator anonim. Di dalam aplikasi ini, ada banyak fitur yang menarik seperti menulis di stickynotes, membuat gambar dengan pensil, atau menempelkan stiker bergambar dari galeri ponsel Anda.

2. Padlet, Mengizinkan Akses Anonim

Kedua adalah padlet yang bisa Anda buka di browser ponsel tanpa mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Berbeda dari Jamboard yang harus mengunduh aplikasi apabila Anda ingin menggunakannya di ponsel. Namun, kekurangannya Anda tidak bisa menggambar.

Baca juga: Wikipedia Telah Ubah Tampilan Websitenya Selama 10 Tahun

Dengan Padlet, Anda bisa memasukkan media seperti foto, video, atau rekaman. Kabar baiknya, Anda bisa mengundang siapa pun meski tidak memiliki akun. Hanya dengan membagikan link padlet ke grup WA, semua orang dapat masuk dan menulis.

3. Ruang Kolaboratif Whiteboard Team

Selanjutnya adalah Whiteboard Team yang memiliki fungsi lebih fleksibel. Anda dapat menuangkan segala macam ide dalam bentuk gambar, sticky notes, maupun foto media. Menu yang ada di dalamnya juga sangat variatif.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Blog dan Website yang Harus Anda Tahu

Anda bisa memasukkan pengguna lain secara anonim untuk bergabung ke lembar kerja yang Anda buat. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan laman yang satu ini, termasuk untuk menuangkan ide dan desain secara virtual.

4. Ziteboard

Terakhir adalah Ziteboard, papan tulis kolaborasi yang lebih sederhana dari Whiteboard Team. Namun, Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa membuka akses ke dalamnya. Anda juga dapat meningkatkan ke fitur pro untuk membuka banyak fitur lain.

Nah, itu dia beberapa website yang sangat berguna untuk berdiskusi dengan teman-teman di kelas secara daring. Selain beberapa layanan di atas, masih banyak yang bisa Anda jelajahi secara gratis maupun berbayar.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Bagi Anda yang menyukai kegiatan mengedit gambar atau foto, aplikasi pertama yang ingin Anda gunakan tentu saja adalah Photoshop. Masalahnya adalah aplikasi...

Software

Unbox.id – Bulan puasa Ramadan telah memasuki hari ke 22. Sekitar sepekan lagi, umat Islam akan merayakan Idul Fitri 1444 H. Idul Fitri identik...

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini ditemukan website pemerintah (domain go.id) dan website universitas (domainac.id) yang diunggah ke situs judi online. kita dapat dengan mudah menemukan...

Social Media

Jakarta, unbox.id – Perkembangan dunia informasi di zaman sekarang perlahan mulai meninggalkan era kertas dan beralih ke dunia digital. Terbukti, dengan adanya website dan...