Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Ini Dia Perbedaan Blog dan Website yang Harus Anda Tahu

Website
ilustrasiL berbagai sumber

Jakarta, unbox.id – Perkembangan dunia informasi di zaman sekarang perlahan mulai meninggalkan era kertas dan beralih ke dunia digital. Terbukti, dengan adanya website dan blog yang semakin banyak, semua orang dengan mudah menemukan informasi dan membacanya kapan pun gratis.

Namun, tahukah anda apa perbedaan dari website dan blog yang disebutkan pada paragraf pertama tersebut? Adakah keduanya memiliki perbedaan? Tentu saja, keduanya memiliki perbedaan meskipun terlihat mirip dan memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda.

Baca juga: Perbedaan Deep Web, Dark Web, Dengan Surface Web yang Perlu Anda Tahu

Nah, kali ini Unbox akan mengulas tentang apa saja perbedaan yang harus anda ketahui. Berikut penjelasannya.

Website dan Blog, Apa Perbedaannya?

Dari segi definisi atau istilah, keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Ibarat sebuah kapal besar dengan kapal sekoci, di mana website merupakan kapal besar, dan blog adalah sekocinya. Dari sini kita bisa tahu, bahwasannya website merupakan situs yang resmi, terdiri dari laman khusus bagi perusahaan atau tokoh.

Sementara untuk blog, ia merupakan log atau istilah lain dari sebuah catatan/buku harian. Pada mulanya, blog disebut dengan web blog, kemudian menjadi weblog, lalu menjadi blog saja. Secara umum, blog merupakan kumpulan-kumpulan artikel atau konten dengan topik tertentu atau khusus. Berbeda dengan website, seseorang dapat dengan mudah membuat blog secara gratis kapan pun.

Baca juga: Axioo Gelar Blog Competition dengan Beragam Hadiah Menarik

Orang yang rajin membuat konten di dalam blog milikinya disebut blogger. Pertama kali situs blogging menjadi trend ketika tahun 1999 melalui situs Blogger. Kemudian Google mengakuisisi situs tersebut pada tahun 2003. Tidak berselang waktu lama, yakni masih di tahun 2003, muncul situs lain yang menjadi saingan yakni WordPress.

Situs Web

Website atau situs web merupakan sekumpulan halaman yang dibuat menggunakan file HTML. Dalam pembuatannya, seseorang harus memiliki server atau komputer sebagai database yang mampu online 24 jam. Hal tersebut juga memiliki istilah yakni Hosting.

Halaman web yang sudah jadi biasanya memiliki banyak komponen yang menjadi tubuhnya. Komponen tersebut antara lain adalah alamat, hosting, halaman depan, konten, dan navigasi. Banyak jenis website yang ada, mulai dari formal, layanan umum, hingga personal.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

cryptocurrency

Jakarta, Unbox.id – Vitalik Buterin di sebut sebagai “Pangeran Crypto”. Sebutan ini berasal dari majalah Time tentang Industri Crytpocurrency yang memiliki masalah citra. Salah...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Perbedaan dari perempuan dan laki-laki dapat dikatakan memiliki sesuatu yang mutlak. Jika diamati dengan detail emang terlihat permasalahan perempuan lebih banyak...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Perkembangan dan teknologi membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk dengan website pembelajaran. Faktanya, kita bisa mencari dan menemukan berbagai informasi...

How To

Jakarta, Unbox.id – WhatsApp (WA) sekarang sudah membuat berbagai fitur untuk para penggunanya. Salah satunya adalah link WA. Link ini akan terhubung langsung laman/...