Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Perhatian! Jangan Buka Link WhatsApp Palsu Ini

WhatsApp Palsu

Laporan ini pertama kali dilansir The Next Web, salah satu member dari Reddit. Mereka menemukan adanya WhatsApp link yang sedang banyak disebar di media sosial maupun antar pengguna WhatsApp itu sendiri.

Link tersebut tidak lain tidak bukan adalah virus yang bakal meretas sistem komputer jika didownload. Sistem kerjanya sederhana, hanya dengan mengunduh extension ke dalam Google Chrome komputer Anda. Pertama-tama, pengguna akan diiming-imingi untuk bisa mendapatkan WhatsApp dengan versi hitam. Tampilan WhatsApp yang hanya berwarna hijau dianggap membosankan, sehingga ketika ada perubahan warna, diharapkan pengguna akan lebih menyukainya.

“Pengguna WhatsApp, mulai sekarang harus ekstra waspada jika menerima random-link dari siapa pun. Termasuk teman sendiri.”

Setelah diberikan penjelasan mengenai Black WhatsApp tersebut, pengguna diminta untuk mengunduh aplikasi tersebut melalui komputer. Ya, link tersebut hanya berlaku untuk WhatsApp komputer saja. Tidak untuk ponsel, lho.

Nah, jika pengguna sedikit lebih memperhatikan link tersebut, pada bagian nama link, tertulis di sana kata WhatsApp tetapi dalam huruf alfabet Cyrillic: шһатѕарр.com. Hal tersebut sebenarnya sudah harus disadari pengguna. Namun, karena tulisannya tidak begitu menyimpang, pengguna biasanya tetap akan mengunduhnya. Cara ini sebelumnya sudah pernah digunakan pada PayPal.

WhatsApp palsu

Meski begitu, tidak seperti website PayPal, bendera merah sudah melambai saat Anda mengunjungi halaman WhatsApp palsu tersebut. Untuk awalan, pengunjung website akan diarahkan secara otomatis ke web yang benar-benar berbeda. Tujuan adanya link ini sudah jelas. Orang-orang tidak bertanggung jawab yang berada dibelakangnya ingin memperoleh data pengguna secara ilegal.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mengunjungi situs ini adalah membagikan situs tersebut ke media sosial Anda atau langsung dibagikan ke teman sebagai bentuk verifikasi aplikasi. Setelah itu, Anda diminta untuk menginstalnya di extension yang ada di Google Chrome. Extension itulah awal dari kemunculan virus ke dalam komputer Anda.

Singkatnya, periksa kembali setiap URL yang Anda terima. Segera melihat ke website link yang muncul dan pastikan itu merupakan link resmi dari WhatsApp atau bukan. Hal yang sama berlaku untuk mengklik link di email, bahkan ketika pengirimnya sepertinya sah.

Hal paling penting adalah jangan asal download dan instal aplikasi atau extension yang tidak jelas. Selalu mengecek kebenaran sumbernya adalah hal wajib yang harus dilakukan. Bukannya aplikasi yang didapat, melainkan virus yang bakal menyerang komputer Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Hampir setiap orang yang memiliki smartphone sudah menginstal aplikasi ini. Banyak orang yang tertarik...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp meluncurkan fungsi pencarian pesan berdasarkan tanggal. Diluncurkan langsung oleh bos Meta Mark Zuckerberg, fungsi pencarian pesan berdasarkan tanggal ini akan memudahkan...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat...

Apps & Games

Unbox.id – Selama bertahun-tahun, aplikasi perpesanan selalu memblokir pengguna untuk mengobrol dengan aplikasi perpesanan lain. Misalnya pengguna WhatsApp hanya bisa chatting dengan pengguna WhatsApp...