Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Perhatian! Jangan Buka Link WhatsApp Palsu Ini

WhatsApp Palsu

Last updated on 6 Juni, 2024

Laporan ini pertama kali dilansir The Next Web, salah satu member dari Reddit. Mereka menemukan adanya WhatsApp link yang sedang banyak disebar di media sosial maupun antar pengguna WhatsApp itu sendiri.

Link tersebut tidak lain tidak bukan adalah virus yang bakal meretas sistem komputer jika didownload. Sistem kerjanya sederhana, hanya dengan mengunduh extension ke dalam Google Chrome komputer Anda. Pertama-tama, pengguna akan diiming-imingi untuk bisa mendapatkan WhatsApp dengan versi hitam. Tampilan WhatsApp yang hanya berwarna hijau dianggap membosankan, sehingga ketika ada perubahan warna, diharapkan pengguna akan lebih menyukainya.

baca artikel menarik lainnya tentang : setiap buka wa iklan

“Pengguna WhatsApp, mulai sekarang harus ekstra waspada jika menerima random-link dari siapa pun. Termasuk teman sendiri.”

Setelah diberikan penjelasan mengenai Black WhatsApp tersebut, pengguna diminta untuk mengunduh aplikasi tersebut melalui komputer. Ya, link tersebut hanya berlaku untuk WhatsApp komputer saja. Tidak untuk ponsel, lho.

Nah, jika pengguna sedikit lebih memperhatikan link tersebut, pada bagian nama link, tertulis di sana kata WhatsApp tetapi dalam huruf alfabet Cyrillic: шһатѕарр.com. Hal tersebut sebenarnya sudah harus disadari pengguna. Namun, karena tulisannya tidak begitu menyimpang, pengguna biasanya tetap akan mengunduhnya. Cara ini sebelumnya sudah pernah digunakan pada PayPal.

WhatsApp palsu

Meski begitu, tidak seperti website PayPal, bendera merah sudah melambai saat Anda mengunjungi halaman WhatsApp palsu tersebut. Untuk awalan, pengunjung website akan diarahkan secara otomatis ke web yang benar-benar berbeda. Tujuan adanya link ini sudah jelas. Orang-orang tidak bertanggung jawab yang berada dibelakangnya ingin memperoleh data pengguna secara ilegal.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mengunjungi situs ini adalah membagikan situs tersebut ke media sosial Anda atau langsung dibagikan ke teman sebagai bentuk verifikasi aplikasi. Setelah itu, Anda diminta untuk menginstalnya di extension yang ada di Google Chrome. Extension itulah awal dari kemunculan virus ke dalam komputer Anda.

Singkatnya, periksa kembali setiap URL yang Anda terima. Segera melihat ke website link yang muncul dan pastikan itu merupakan link resmi dari WhatsApp atau bukan. Hal yang sama berlaku untuk mengklik link di email, bahkan ketika pengirimnya sepertinya sah.

Hal paling penting adalah jangan asal download dan instal aplikasi atau extension yang tidak jelas. Selalu mengecek kebenaran sumbernya adalah hal wajib yang harus dilakukan. Bukannya aplikasi yang didapat, melainkan virus yang bakal menyerang komputer Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – WhatsApp adalah salah satu aplikasi paling populer di dunia. Meta terus menyempurnakan aplikasi ini dan mengimplementasikan fitur-fitur baru untuk memperluas kemampuannya. Aplikasi...

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Social Media

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – WhatsApp kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan ini mungkin disukai oleh pengguna yang suka menggunakan fitur...