Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Pin 3 Pesan Sekaligus

Pin Message WhatsApp_1a
Pin Message WhatsApp. (Sumber: The Tech Idea)

Unbox.id – WhatsApp dikenal meluncurkan kemampuan menyematkan atau menyematkan pesan ke dalam obrolan individu dan obrolan grup sejak Desember tahun lalu. Namun, kemampuan ini terbatas pada satu pesan per percakapan. Namun, seperti dikutip GSM Arena, hal tersebut jelas akan berubah. Pasalnya, WhatsApp kini memungkinkan penggunanya menyematkan banyak pesan, tepatnya hingga tiga pesan. Pembaruan fitur ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg dan kepala WhatsApp Will Cathcart. Mereka mengungkapkan bahwa pengguna WA kini dapat menyematkan hingga tiga postingan sekaligus, baik di obrolan pribadi maupun di newsgroup. Format pesan yang bisa diintegrasikan ke dalam aplikasi WhatsApp pun bermacam-macam, mulai dari teks, gambar, hingga polling. Untuk menyematkan postingan, pengguna cukup menekan lama pada postingan yang diinginkan. Pengguna kemudian cukup memilih opsi pin yang muncul beserta durasinya. Jika tidak disetel, WhatsApp akan default ke 7 hari.

Percakapan Dalam Grup

Pin Message WhatsApp_2b

Pin Message WhatsApp. (Sumber: Techno Today)

Sedangkan pilihan durasi lain yang bisa dipilih pengguna adalah 24 jam atau 30 hari. Setelah durasi yang ditetapkan habis, pesan akan otomatis muncul di daftar pin di kolom chat.

Untuk chat grup, admin juga mengizinkan anggota untuk menyematkan pesan. Kedepannya, untuk setiap pesan yang disematkan di aplikasi chat, semua anggota grup akan menerima notifikasi. Namun, pengguna WhatsApp yang bergabung ke grup setelah pesan disematkan tidak akan dapat melihat notifikasi tersebut.

Demikian pula, pengguna yang tidak memiliki riwayat obrolan di grup atau telah menghapus riwayat obrolannya tidak akan dapat melihat notifikasi tersebut.

WhatsApp Bakal Gulirkan Update Fitur Baru

Di sisi lain, WhatsApp sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi video di pembaruan status WhatsApp dengan durasi lebih lama.

Sejauh ini, aplikasi perpesanan Meta membatasi durasi pengunduhan video status menjadi 30 detik. Dengan begitu, pengguna harus memotong video berdurasi panjang untuk bisa mengunggah status WA.

Namun kini WhatsApp telah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah video status dengan durasi maksimal 60 detik. Mengutip Android Authority, salah satu sumber utama terkait berbagai fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, menemukan fitur tersebut ada di WhatsApp versi beta terbaru (2.24.7.6) untuk Android.

Saat ini fitur durasi video WA hingga 60 detik hanya tersedia untuk pengguna uji beta tertentu. Selain itu, jika pengguna ingin menonton video status berdurasi lebih panjang, harus menggunakan WhatsApp versi terbaru.

Perpanjang Waktu Berbagi Pengguna WhatsApp

Sosial Media Whatsapp_1a

Sosial Media Whatsapp. (Sumber: Tech Plus)

Sebelumnya Instagram memperpanjang batas waktu video di IG Stories dari 15 detik menjadi satu menit penuh. WhatsApp kini mengikuti jejak aplikasi ini. Perubahan ini memungkinkan pengguna untuk berbagi momen mereka dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pembaruan ini diharapkan dapat disambut oleh banyak pengguna yang ingin berbagi lebih banyak pengalaman mereka tentang Status WhatsApp.

Meskipun beberapa orang mungkin menghargai kemampuan untuk membagikan lebih banyak status mereka, masih ada potensi kerugian yang perlu dipertimbangkan: Pengguna yang tidak sabar mungkin mengabaikan status WhatsApp yang mereka anggap terlalu lama.

Baca juga: Fitur Baru, Kini WhatsApp Bisa Share Video Lebih Lama

Fitur Baru WhatsApp yang Akan Lindungi Pengguna dari Hacker

Selain itu, beberapa fitur baru di WhatsApp disebut dapat melindungi privasi pengguna, seperti memblokir tangkapan layar gambar profil.

Meta juga sedang menguji beta indikator enkripsi ujung ke ujung untuk memberi tahu pengguna apakah obrolan mereka aman. Nah, kali ini fitur WhatsApp berbuat lebih untuk melindungi pengguna dengan meningkatkan fitur penguncian aplikasi.

Mengutip WABetaInfo via Android Authority, pembaruan WhatsApp 2.24.6.20 akan memperkenalkan opsi Buka kunci aplikasi. Opsi membuka kunci WhatsApp mencakup sidik jari, ID Wajah, atau kode sandi ponsel yang digunakan.

“Saat pengguna mengaktifkan kunci aplikasi, mereka dapat menggunakan sidik jari, wajah, atau ID unik lainnya untuk membuka WhatsApp,” kutip WABetaInfo.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...