Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Punya 2 Akun Sekarang

Whatsapp Fitur 2 Akun_1a
Whatsapp Fitur 2 Akun. (Sumber: MobiGyaan)

Unbox.id – WhatsApp telah mengumumkan kehadiran fitur baru yang ditunggu-tunggu pengguna. Pengguna kini dapat menambahkan akun WhatsApp lain dalam satu perangkat. Mengutip informasi dari Engadget, kehadiran fitur baru WhatsApp ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui akun Facebook miliknya. “Beralih antara dua akun di WhatsApp: Anda akan segera dapat memiliki dua akun WhatsApp dalam satu aplikasi di perangkat Anda,” tulis Mark Zuckerberg. Fitur ini jelas membantu pengguna yang memiliki banyak akun untuk kebutuhan berbeda, seperti satu akun untuk kebutuhan pribadi dan satu akun untuk bekerja. Lebih lanjut dijelaskan bahwa fitur tersebut akan diluncurkan kepada pengguna dalam beberapa minggu mendatang. Namun untuk memanfaatkan fitur tersebut, pihak WhatsApp menyebut pengguna akun WhatsApp perlu memperhatikan beberapa hal.

Wajib Memiliki Nomor Telepon

Whatsapp Fitur 2 Akun_2b

Whatsapp Fitur 2 Akun. (Sumber: BQ Prime)

Salah satunya adalah pengguna harus memiliki nomor telepon atau kartu SIM yang berbeda untuk akun tambahan tersebut. Selain itu, nomor telepon harus aktif sehingga pengguna bisa mendapatkan kata sandi satu kali saat ingin masuk ke akun WhatsApp.

Sekalipun di kemudian hari aplikasi WhatsApp mungkin memiliki dua akun berbeda, notifikasi dan pesan yang diterima akan tetap terpisah. Begitu pula dari segi keamanan, setiap akun juga akan memiliki privasinya masing-masing.

Perlu diketahui, fitur ini hadir setelah WhatsApp baru-baru ini merilis fitur yang memungkinkan pengguna menggunakan satu akun di beberapa perangkat seluler, padahal sebelumnya fitur ini hanya dapat digunakan di perangkat seluler dan situs web.

HP Android yang Tak Bisa Pakai WhatsApp per 24 Oktober 2024

Pengguna aplikasi WhatsApp di smartphone lawas sebaiknya mulai mengecek sistem operasi (OS) perangkatnya masing-masing.

Pasalnya, mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp akan membatasi aplikasinya hanya berfungsi di sistem operasi ponsel pintar Android versi tertentu. “Perangkat dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami secara rutin meninjau sistem operasi mana yang kami dukung dan melakukan pembaruan,” tulis WhatsApp di halaman FAQ-nya.

Menurut aplikasi obrolan Meta, setiap tahun mereka melihat perangkat dan perangkat lunak mana yang tertua dan memiliki jumlah pengguna terendah untuk menentukan perangkat dan perangkat lunak mana yang akan dihentikan.

“Perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terkini atau tidak memiliki fitur yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp,” kata mereka. Nah, pada tanggal 24 Oktober, WhatsApp mengumumkan bahwa hanya ponsel Android dengan OS Android versi 5.0 atau lebih tinggi yang akan menerima dukungan dari mereka.

Sebelumnya, sistem operasi Android minimum yang direkomendasikan untuk aplikasi WhatsApp adalah OS 4.1. Mulai 24 Oktober 2023, hanya sistem operasi Android versi 5.0 ke atas yang akan didukung,” tulis perusahaan tersebut.

Baca juga: WhatsApp Rilis PassKey Yang Diklaim Lebih Aman Saat Login

Tak Lagi Didukung, Pengguan Harus Perbarui Perangkat

Whatsapp Fitur 2 Akun_3c

Whatsapp Fitur 2 Akun. (Sumber: Beebom)

Jadi, bagi para pengguna ponsel Android yang masih menggunakan OS 4.1 ke bawah, disarankan untuk melihat versi OS mana yang sedang mereka gunakan. Jika tidak didukung lagi, pengguna ponsel Android dapat memperbarui sistem operasi jika masih dapat diperbarui, atau perlu mengganti perangkat dengan yang lebih baru jika tidak dapat diperbarui.

Sementara itu, untuk iPhone, hanya perangkat yang menjalankan iOS 12 atau lebih baru yang akan menerima dukungan. Sistem operasi lain yang masih didukung aplikasi WhatsApp adalah KaiOS 2.5.0 ke atas, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

Di sisi lain, WhatsApp dikabarkan akan memperluas kehadirannya di perangkat iPad. Informasi tersebut diketahui berdasarkan laporan terbaru WABetaInfo.

Mengutip informasi dari Android Police, aplikasi WhatsApp untuk iPad dibuat oleh Meta menggunakan Mac Catalyst. Aplikasi tersebut diketahui dapat diakses oleh pengguna yang memiliki WhatsApp versi beta di perangkatnya.

Untuk mencobanya, pengguna harus menginstal aplikasi TestFlight terlebih dahulu di perangkat yang ingin digunakan. Pengguna kemudian cukup memindai kode QR di iPad mereka menggunakan akun WhatsApp utama di perangkat mereka.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Tech Industry

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...