Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Pengguna Keluhkan Baterai iPhone 15 Terkuras Saat Diisi Daya

Baterai iPhone 15_1a
Baterai iPhone 15. (Sumber: 9to5 Mac)

Unbox.id – Banyak pengguna iPhone 15 yang mengeluhkan baterai terkuras saat mencolokkan perangkat ke power bank. Hal ini semakin menyoroti keputusan Apple untuk beralih ke kabel USB Type C. Informasi ini berasal dari pengguna di Reddit, di mana mereka mengatakan bahwa ketika ingin mengisi daya iPhone 15 dengan power bank Anker, baterai iPhone 15 mereka gagal total. Anker menanggapi pengaduan tersebut dan menyatakan bahwa masalah ini seharusnya tidak terjadi. Menurut Anker, pengguna dapat menghindari hal ini dengan mengisi daya menggunakan port USB-A bawaan power bank mereka. Baru-baru ini, laporan menunjukkan bahwa masalah ini terutama terkait dengan penggunaan kabel USB-C iPhone, yang digunakan untuk mengisi daya perangkat Apple yang lebih kecil. Misalnya Apple Watch dan AirPods.

Banyak Yang Mengeluhkan

Baterai iPhone 15_2b

Baterai iPhone 15. (Sumber: Gizbot)

Namun, beberapa pengguna juga mengeluhkan iPhone 15 miliknya justru mengisi daya iPad Pro saat keduanya dihubungkan melalui kabel USB-C. Melalui ZDNet, masalah tersebut bisa diatasi dengan mengganti colokan kabel agar iPhone hanya menerima daya dan tidak menguras baterai untuk mengisi daya perangkat lain.

Setelah banyaknya keluhan dari pengguna iPhone 15, Apple sepertinya perlu memperbaiki cara iPhone 15 mendeteksi perangkat yang ingin mengisi daya melalui koneksi USB-C. Jika Anda memiliki pengalaman serupa, Anda dapat mencoba menukar jack USB-C dan port output power bank untuk pengisian daya yang aman.

Perlu diketahui, Apple menghentikan port Lighting dan memutuskan untuk menggunakan port USB C karena peraturan Uni Eropa yang mewajibkan semua ponsel menggunakan port pengisian daya USB-C.

CarPlay Tak Berfungsi di iPhone 15

Masih terkait penggunaan USB C pada seri iPhone 15, beberapa pengguna iPhone 15 baru-baru ini melaporkan masalah CarPlay di kendaraannya. Masalah ini diyakini terkait dengan peralihan iPhone 15 ke USB-C. Mengutip MacRumors, beberapa pengguna iPhone 15 melaporkan mengalami masalah saat menggunakan ‌CarPlay‌ dengan perangkat barunya.

Masalah fungsionalitas kabel USB-A ke USB-C disorot. Banyak mobil hanya memiliki port USB-A dan bukan port USB-C, sehingga diperlukan kabel USB-A ke USB-C. Sayangnya, tidak semua kabel USB-A ke USB-C yang ada di pasaran bisa digunakan. Beberapa kabel yang berfungsi pada beberapa kendaraan tidak akan berfungsi pada kendaraan lain.

Salah satu pengguna Reddit menjelaskan bahwa ia menghubungkan iPhone 15 miliknya menggunakan kabel USB-A ke USB-C untuk menggunakan Carplay. Tapi sepertinya tidak nyambung. Dalam pengaturan Carplay di iPhone mereka, dikatakan bahwa mobil pengguna tampak terhubung tetapi tidak ada yang muncul di layar. Pengguna lain juga mengatakan dia mencobanya di banyak mobil berbeda dan tidak ada efeknya.

“Mobil saya tidak memiliki port USB-C jadi saya mencoba kabel C ke C yang disediakan Apple pada model 2023 dan tidak ada masalah. Jadi sepertinya USB-A ke USB-C tidak mengaktifkan Carplay atau tidak lagi bekerja dengan aplikasi non-Apple,” katanya.

Pengguna ‌CarPlay‌ lainnya mengalami masalah serupa. Meskipun beberapa orang dapat membuat ‌CarPlay‌ berfungsi dengan kabel USB-A ke USB-C merek Belkin. Beberapa orang juga berhasil membuat ‌CarPlay‌ berfungsi dengan port USB-A menggunakan kabel BoostCharge USB-A ke USB-C Belkin, tetapi yang lain tidak berhasil.

Baca juga: Penyebab Baterai IPhone 15 Overheating Dan Cara Mengatasinya

Pengguna Mencoba Beberapa Kabel untuk Mengaktifkan CarPlay

iPhone CarPlay_3c

iPhone CarPlay. (Sumber: Apple Insider)

Seperti dilansir MacRumors, pengguna tersebut mengungkapkan bahwa setelah mencoba dua kabel berkualitas baik, ia menghubungi Dukungan Apple mengenai masalah yang ia alami.

Apple telah menemukan berbagai solusi potensial, namun tidak ada yang berhasil. Oleh karena itu, pengguna setuju untuk mencoba kabel yang disertakan dengan telepon setelah mendapatkan adaptor yang sesuai.

“Sesampainya di rumah, saya mencoba empat kabel lainnya. Tiga di antaranya masih aktif yakni dari Sony, Samsung, dan Nintendo. Hari ini saya mencoba kabel + adaptor Apple dan berhasil juga,” menurut pernyataan pengguna di MacRumors.

Tidak ada masalah dalam menggunakan ketiga kabel ini. Apalagi saat pengguna melakukan pengisian daya sambil menyambungkan headset PC ke VR berkecepatan tinggi. Menghubungkan iPhone ke PC Windows berfungsi baik dengan salah satunya, dan pengguna dapat terhubung ke iPhone di iTunes.

“Saya menduga 3 kabel “berkualitas baik” kehilangan beberapa poin tertentu. “Kalau iya, saya tidak yakin apakah ini mobil atau iPhone dengan spesifikasi seperti itu,” kata pengguna tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Baru-baru ini, sebuah penelitian menguji kecepatan 5G pada ponsel Galaxy S24 dan iPhone 15 untuk mengetahui ponsel mana yang memiliki kemampuan 5G...

Hardware

Unbox.id – Kedatangan smartphone baru Apple, iPhone 16, masih tertunda setidaknya hingga September tahun depan. Meski begitu, bocoran mengenai spesifikasi smartphone ini mulai silih...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini mengajukan paten baru untuk meningkatkan kapasitas baterai tanpa mempengaruhi ukuran baterai. Apple telah mengajukan paten terbarunya di bidang paten...

Tech Industry

Unbox.id – Daya tahan baterai ponsel pintar akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel Anda. Beberapa produsen smartphone sudah...