Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Kecepatan 5G di HP Samsung Galaxy S24 Lebih Cepat Ketimbang iPhone 15

5G Samsung Galaxy S24_1a
5G Samsung Galaxy S24.(Sumber: Geek Techno)

Unbox.id – Baru-baru ini, sebuah penelitian menguji kecepatan 5G pada ponsel Galaxy S24 dan iPhone 15 untuk mengetahui ponsel mana yang memiliki kemampuan 5G terbaik. Penelitian tersebut dilakukan oleh Ookla antara 1 Februari hingga 24 Maret 2024. Perusahaan menguji kecepatan 5G pada ponsel seri Galaxy S24, termasuk model S24, S24+ dan S24 Ultra, serta iPhone 15, 15 Pro. dan 15 Pro Max, di 15 negara di Asia-Pasifik, Afrika dan Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Utara.

Penggunaan Chipset Yang Beda

5G Samsung Galaxy S24_2b

5G Samsung Galaxy S24. (Sumber: Techno Journal)

Sebagai informasi, mengutip situs Ookla, Galaxy S24 menggunakan modem 5G Qualcomm, khususnya X75 5G yang terintegrasi pada chipset Snapdragon 8 Gen 3 untuk seluruh seri Galaxy S24 di Kanada, Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, dan Amerika. Sedangkan varian S24 dan S24+ di negara lain menggunakan chipset Exynos 2400.

Sementara itu, seluruh seri iPhone 15 menggunakan modem Qualcomm X70 yang terpasang pada SoC Apple A17 untuk varian 15 Pro dan 15 Pro Max, serta SoC Apple A16 untuk iPhone 15 standar. Hasilnya, seri Samsung Galaxy S24 menjadi ponsel 5G tercepat di dunia, baik dalam kecepatan upload maupun download.

Samsung Galaxy S24 merupakan ponsel 5G dengan rata-rata kecepatan download tercepat sekitar 324,61 Mbps. Ini mengalahkan seluruh jajaran iPhone 15 Series dengan kecepatan unduh 272,99 Mbps. Perlu diketahui, kecepatan 5G yang diperoleh bergantung pada penyedia yang digunakan, lokasi dan waktu pengujian, serta kemampuan penerimaan sinyal dari smartphone yang diuji.

Samsung Pakai Modem 5G yang Lebih Canggih Ketimbang iPhone

Hasil positif yang didapat pada seri Galaxy S24 5G adalah karena penggunaan modem yang lebih baru dibandingkan seri iPhone 15.

Seluruh seri Galaxy S24 menggunakan modem Qualcomm X75 5G yang memiliki ‘teknologi lebih canggih dan sinyal lebih sensitif. ‘ diterima, membantu meningkatkan kecepatan. 5G diterima lebih cepat dibandingkan iPhone.

Sementara seluruh seri iPhone 15 menggunakan modem X70 5G yang berteknologi lama, artinya kecepatan download ponsel tidak secepat Galaxy S24.

Dengan kemampuan 5G yang lebih baik, seri Samsung Galaxy S24 mampu memberikan koneksi yang lebih stabil. dapat membantu meningkatkan produktivitas dan hiburan di mana saja.

Qualcomm Luncurkan Modem X80 yang Tercanggih di Dunia

Qualcomm X80 5G_3c

Qualcomm X80 5G. (Sumber: 9to5 Google)

Di sisi lain, Qualcomm memperkenalkan modem X80 5G yang memiliki teknologi paling canggih saat ini. Modem ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Kemampuan 5G-Advanced: Mendukung kecepatan data lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan cakupan lebih luas.
  • Komunikasi Satelit NB-NTN: Konektivitas ke jaringan non-terestrial untuk area yang tidak terjangkau oleh sinyal seluler.
  • Akselerator Tensor: Meningkatkan throughput, kualitas layanan, cakupan, latensi, efisiensi spektrum, dan efisiensi daya.
  • Kinerja yang dioptimalkan oleh AI: Mengadaptasi dengan kasus penggunaan dan lingkungan tertentu untuk optimasi konsumsi daya, latensi jaringan, dan throughput.
  • Teknologi Wi-Fi 7, Bluetooth, dan Ultra Wideband: Terintegrasi dalam satu chip untuk konektivitas yang lebih cepat, lebih stabil, dan lebih aman.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy C55 5G Muncul Di Geekbench

Pemerintah Bentuk Task Force untuk Tentukan Insentif 5G Buat Operator

Sementara itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) telah membentuk gugus tugas atau kelompok kerja untuk menentukan bentuk insentif 5G bagi operator.

Informasi Kabar ini disebutkan oleh direktur dan komersial Direktur. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Muhammad Buldansyah saat ditemukan di Jakarta. Pria yang akrab disapa Danny ini mengatakan, saat ini sudah terbentuk satuan tugas atau gugus tugas pembahasan insentif 5G.

“Kami minggu lalu belum bertemu dengan Pak Menteri dan keputusannya adalah membentuk kelompok kerja yang terdiri dari masing-masing operator, dari Kominfo.”, kata Danny.

Saat ditanya bentuk insentif yang diinginkan operator, Danny menyatakan, bentuknya mungkin berbeda. Yang terpenting, menurut Danny, Kominfo telah sepakat untuk memberikan insentif biaya regulasi, yang dalam hal ini berkaitan dengan seberapa sering BHP ditagih saat menggelar layanan 5G.

Selanjutnya adalah bagaimana mencari dan mendapatkan bentuk insentif yang dimaksud. lembaga, termasuk Kementerian Keuangan, kepada DPR.

“Kementerian Keuangan mempunyai pemangku kepentingan lain yaitu Direktur Jenderal Anggaran karena ia juga harus memberikan laporan kepada DPR. Sebelum menjadi Direktur Jenderal Anggaran Anggaran, Kementerian Keuangan perlu menyusun cara menghitung insentif,” kata Pak Danny.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Samsung baru saja mencetak rekor luar biasa, ketika perusahaan asal Korea ini meraih penjualan besar-besaran, mengalahkan setiap merek smartphone yang ada di...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...