Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Pengguna Aktif Harian Twitter Kian Merosot

Aplikasi Twitter_1a
Aplikasi Twitter. (Sumber: The Vox)

Unbox.id – X, atau platform yang dulu bernama Twitter, setiap hari kehilangan pengguna aktifnya di bawah kepemimpinan Elon Musk. Pada acara Vox Media Code 2023, CEO X Linda Yaccarino mengatakan perusahaannya kini memiliki 225 juta pengguna aktif harian. Jumlah ini menunjukkan penurunan puluhan juta, atau 11,6%, pengguna dibandingkan sebelum Musk mengakuisisi perusahaan tersebut. Mengutip Mashable, menurut rangkaian tweet yang diposting Elon Musk sendiri pada November 2022, Twitter memiliki 254,5 juta pengguna aktif harian. Angka tersebut tercatat sepekan sebelum pengambilalihan Twitter pada akhir November 2022. Setelah konferensi, X merevisi jumlah pengguna aktif hariannya menjadi 245 juta pengguna aktif harian sebelum mengklarifikasi bahwa jejaring sosial tersebut memiliki 225 juta pengguna aktif.

Memiliki 200 Hingga 250 Juta Pengguna Aktif

Yaccarinno juga sebelumnya mengatakan Twitter atau X memiliki antara 200 dan 250 juta pengguna aktif harian pada awal wawancara. Namun angka revisi tersebut tetap akan menyebabkan App X kehilangan jutaan, atau sekitar 3,7% pengguna aktif harian dibandingkan sebelum Musk mengakuisisinya.

Faktanya, dibandingkan dengan 259,4 juta pengguna aktif harian yang disebutkan dalam postingan Musk pada November 2022, X kehilangan hampir 15 juta pengguna. Ini mewakili penurunan sekitar 5,6%.

Metrik ini adalah jumlah pengguna aktif harian atau mDAU yang dapat dimonetisasi. Twitter mulai membagikan metrik ini bertahun-tahun sebelum Musk mempertimbangkan untuk membeli perusahaan tersebut.

Memang benar, jumlah pengguna aktif harian Twitter lebih menguntungkan bagi perusahaan dibandingkan metrik lainnya ketika Twitter membagikan laporan triwulanannya kepada investor dan pemegang saham.

Tidak Diketahui Pertumbuhan Pengguna Aktif Bulanan

Linda Yaccarino Twitter_2b

Linda Yaccarino Twitter. (Sumber: Deadline)

Linda Yaccarino, CEO X, ketika ditanya tentang statistik pengguna, hanya mengatakan bahwa X memiliki antara 200 hingga 250 pengguna aktif harian. Dia kemudian mengalihkan diskusi ke fitur Komunitas di platform tersebut.

Melansir Mashable, Sabtu (30 September 2023), X disebutkan memiliki 50.000 komunitas dan interaksi. Waktu yang dihabiskan di komunitas juga meningkat dari Juni 2023. Selain angka pengguna aktif harian, Yaccarino juga mengatakan X kini memiliki rekor 550 juta pengguna aktif bulanan. Jumlah ini naik dari 541 juta “pengguna bulanan” yang dibagikan Musk dalam postingan pada Juli 2023.

Namun, belum jelas seberapa besar pertumbuhan pengguna aktif bulanan di bawah kepemimpinan Musk dibandingkan dengan kinerja perusahaan sebelum kedatangannya. Memang benar, pada tahun 2019, Twitter berhenti melaporkan pengguna aktif bulanan dan memilih mengukur pengguna aktif harian.

Perusahaan terakhir kali melaporkan di Twitter bahwa aplikasi tersebut memiliki 321 juta pengguna aktif bulanan. Perlu dicatat bahwa Musk telah beralih dari pengguna aktif harian dan bulanan menjadi “menit tanpa penyesalan”.

Baca juga: X Kasih Keterangan Formerly Twitter Di App Store

Alami Penurunan Pengunduhan, X Kasih Keterangan ‘Formerly Twitter’ di App Store

Baru-baru ini, Twitter, atau yang sekarang kita sebut X, menambahkan keterangan “sebelumnya Twitter” ke App Store. Aplikasi ini mengubah deskripsinya di App Store setelah memposting tagline “Blaze your Glory!” dalam minggu ini. di sebelah nama aplikasi.

Mengutip Mashable, ungkapan Musk inilah yang pertama kali dilihat pengunjung App Store tentang Aplikasi X. Namun, tidak memberikan penjelasan apa pun mengenai kegunaan atau fungsi aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, menggantinya dengan tagline “dulu Twitter” dianggap sebagai cara yang jauh lebih efektif untuk membuat orang mengunduh aplikasi tersebut. App X mengalami penurunan unduhan yang signifikan melalui App Store sejak perubahan nama dan logo.

Seperti dilansir Business Insider, ahli strategi media Eric Seufert melaporkan bahwa X naik dari aplikasi ke-35 yang paling banyak diunduh di App Store ke posisi ke-54.

Bagaimana? Apakah Anda masih termasuk di dalam penggunanya yang masih aktif menggunakan aplikasi yang dimiliki oleh Elon Musk ini?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – X, alias Twitter, telah memperluas dukungan untuk keamanan login kata sandi, menjadikan opsi tersebut tersedia bagi pengguna di seluruh dunia, selama mereka...

Tech Industry

Last updated on 8 April, 2024 Unbox.id – X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter dan kini dimiliki oleh Elon Musk, menawarkan...

Tech Industry

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Elon Musk telah membuat chatbot AI Grok perusahaannya, Grok, tersedia bagi banyak orang yang membayar langganan...