Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Pengertian mengenai Istilah Payment Gateway beserta keuntungannya

Unbox.id – Perkembangan teknologi memaksa kita untuk mengikuti dan menjalani alurnya yang ada. Dari segi bisnis, teknologi sangat banyak membantu. Ada sebuah sistem yang sudah berjalan bernama payment gateway. Munculnya sistem payment gateway Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan mengenai urusan pembayaran, penjualan, dan pembelian dalam dunia bisnis di  toko online atau e-commerce.

Namun, apakah sebenarnya sistem pembayaran gerbang dan keuntungannya di dunia bisnis?

Penjelasan Mengenai Payment Gateway

Payment gateway merupakan media transaksi dari layanan aplikasi e-commerce. Media ini mampu memberikan  otorisasi dalam pemrosesan kartu kredit, atau pembayaran langsung bagi pelanggan saat melakukan aktivitas bisnis online. Indonesia sistem pembayaran ini dapat  mempermudah para pebisnis dan pelanggan dalam bertransaksi.

Keuntungan dari Payment Gateway:

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan menggunakan payment gateway untuk para pebisnis maupun pelanggan. Berikut beberapa manfaat penggunaan payment gateway untuk kedua belah pihak.

Pelaku bisnis tidak perlu membuat rekening terlalu banyak

Kemudahan pertama yang dirasanya dari sistem pembayaran online adalah pelaku bisnis tidak perlu menyediakan banyak rekening dari seluruh bank di Indonesia. Secara otomatis, payment gateway yang menjaring bank-bank di Indonesia dalam 1 kali integrasi.

Kemudahan dalam merekap pembayaran dan pembelian.

Laporan atau data merupakan hal penting dalam bisnis. Salah satu yang memusingkan bagi pebisnis adalah merekap pembayaran dan penjualan. Apabila mengalami salah perhitungan, maka hasil rekapan akan berantakan. Kadangkala jika itu terjadi, maka kita harus mengulang rekapan dari awal.

Adanya gerbang pembayaran ini, kita tidak perlu merekap karena adanya laporan keuangan harian yang dikirim otomatis dan statistik penjualan bahkan dapat diakses real-time.

Payment gateway

Memberikan Jangkauan yang lebih luas

Jika hanya mengandalkan sistem pembayaran atau pembelian manual, maka jangkauan bisnis menjadi cukup terbatas. Perbedaanya dengan sistem pembayaran tunggal satu gerbang versi  Indonesia, maka jangkauan bisnis akan lebih luas bahkan hingga ke mancanegara.

Jadi, pelanggan dapat membeli barang dagangan walaupun meski keberadaannya tidak di Indonesia. Tentu hal ini dapat  membuat bisnis jadi lebih berkembang. Nilai produk kita dapat mengalami peningkatan karena telah berhasil menembus pasar asing.

Terjaminnya keamanan dalam bertransaksi oleh Payment Gateway

Terkadang banyak orang yang enggan belanja online karena merasa tidak aman. Hal ini tak lepas dari adanya kasus penipuan dalam transaksi jual beli online sehingga berakibat pada konsumen yang merasa rugi.

Kehadiran dari  sistem pembayaran satu pintu dapat membangun “trust” yang membuat reputasi bisnis online di mata pelanggan. Keamanan gerbang pembayaran Indonesia sudah pasti terjamin karena adanya pengawasan bahkan mendapatkan lisensi dari lembaga keuangan di Indonesia beserta sertifikasi keamanan berstandar Internasional.

Tak ada Keterbatasan Transaksi

Layanan pembayaran pintu gerbang Indonesia dapat digunakan dalam bertransaksi dalam jumlah besar. Bahkan saat waktu yang sama, kita dapat melakukan puluhan, ratusan, hingga ribuan transaksi online yang diminta oleh para pelanggan. Maka dari itu, kita tak perlu takut dengan adanya gangguan sistem.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Sesuai dengan harpan sebagian penggemar, Apple secara resmi menghentikan produksi dan penjualan produk iPhone 13 Mini. Langkah tersebut menyusul dihentikannya penjualan...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Informasi terbaru dari jajaran Samsung Galaxy Z Fold 4. Sebelumnya Samsung telah melakukan perubahan terbesar pada seri Galaxy S22 dengan model...

Realme

Jakarta, Unbox.id – Kesan pertama Vivo T1 5G: Akankah benar-benar menarik untuk Gen Z? Haruskah Vivo T1 5G baru menjadi smartphone 5G pertama Anda?...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sejak pertama kali diumumkan oleh Square Enix pada bulan September tahun silam, hampir tidak ada informasi terbaru tentang game terbaru dari...