Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Netflix Naikkan Harga Langganan di Amerika Serikat, Indonesia?

Netflix Applications_1a
Netflix Applications. (Sumber: Techshots)

Unbox.id – Harga berlangganan Netflix akan meningkat dalam beberapa minggu mendatang. Hal tersebut terungkap melalui laporan di Wall Street Journal. Menurut WSJ, harga berlangganan Netflix akan meningkat di Kanada dan Amerika Serikat dalam beberapa minggu mendatang. Selain AS dan Kanada, perusahaan juga berencana menaikkan harga berlangganan Netflix di seluruh dunia. Sayangnya, kami belum mengetahui secara pasti berapa persentase kenaikan harga berlangganan Netflix atau kapan akan terjadi di negara lain seperti Indonesia. Seperti diketahui, Netflix sebenarnya menaikkan harga berlangganan dari $15,49 per bulan untuk opsi standar dan $19,99 per bulan untuk pengguna premium. Di Indonesia sendiri, perusahaan menurunkan biaya berlangganan. Pengguna dasar sekarang dikenai biaya Rp 65.000, bukan Rp 120.000. Versi standar kini dibanderol dengan harga Rp 120.000, bukan Rp 153.000.

Paket Mobile Masih Sama

Netflix Applications_2b

Netflix Applications. (Sumber: The Hans India)

Namun untuk paket seluler dan paket premium Netflix, harga yang dikenakan kepada pelanggan akan tetap sama. Paket seluler dibanderol Rp 54.000 per bulan dan harga premium Rp 186.000 per bulan. Dalam laporan keuangan kuartal kedua tahun ini, diumumkan bahwa jumlah pelanggan Netflix meningkat 5,9 juta di seluruh dunia pada April hingga Juni 2023.

Menurut The Verge, platform streaming ini memperoleh 1,17 juta anggota baru di AS dan Kanada saja selama periode ini. Pengguna di seluruh negara tempat layanan Netflix beroperasi saat ini dilarang membagikan kata sandi.

Pelanggan Netflix Malah Melonjak Usai Terapkan Larangan Berbagi Password

Kebijakan baru untuk tidak membagikan akun atau kata sandi mulai berlaku di AS pada akhir Mei setelah platform tersebut mulai memberi tahu pengguna tentang biaya bulanan tambahan sebesar $7,99.

Netflix mengatakan saat ini mereka melihat “pertumbuhan” pendapatan di seluruh wilayah, dan menambahkan bahwa jumlah pelanggannya sudah melampaui jumlah pelanggan yang berhenti berlangganan.

Menurut rilis tersebut, Netflix melihat “peralihan yang sehat ke keanggotaan Netflix yang dibayar penuh di antara rumah tangga yang meminjam,” dengan semakin banyak pengguna yang menambahkan anggota ke akun mereka.

Chief Financial Officer Spencer Newman juga mengatakan bahwa sebagian besar pertumbuhan pendapatan tahun ini berasal dari pelanggan berbayar baru dan “terutama didorong” oleh aturan berbagi kata sandi yang diterapkan Netflix.

Pendapatan Netflix pada kuartal ini adalah $8,2 miliar, namun perusahaan kini memperkirakan arus kas bebas setidaknya berjumlah $5 miliar pada tahun 2023, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar $3,5 miliar.

Paket Netflix Murah dengan Iklan

Netflix Applications_3c

Netflix Applications. (Sumber: USA Today)

Perusahaan mengatakan tambahan $1,5 miliar “mencerminkan pengeluaran yang lebih rendah dari perkiraan semula untuk konten tunai pada tahun 2023” karena pemogokan para penulis dan aktor Hollywood.

Pemogokan tersebut dilaporkan menghentikan produksi konten seperti Stranger Things, Big Mouth, Emily in Paris, dan The Sandman. Selain itu, paket iklan senilai $6,99 per bulan dikatakan telah meningkatkan pendapatan platform sebesar 3% dari tahun ke tahun.

Pertumbuhan rencana tersebut lambat pada awalnya, namun mencapai 5 juta pengguna di seluruh dunia pada bulan Mei karena Netflix menambahkan dukungan untuk video 1080p dan kemampuan untuk menonton dua streaming secara bersamaan.

Netflix baru-baru ini mengakhiri akses ke paket bebas iklan termurah di AS, Inggris, dan Kanada, yang menurut co-CEO Greg Peters akan “merampingkan struktur paket layanan tersebut.”

Baca juga: Netflix Tidak Bisa Sharing Password Mulai Maret 2023

Pelanggan Naik Usai Larang Berbagi Akun

Sebelumnya sempat tersiar kabar beberapa waktu lalu bahwa jumlah pelanggan Netflix akan bertambah karena adanya peraturan tambahan biaya pembagian kata sandi.

Menurut laporan perusahaan analitik Antenna, jumlah pelanggan atau jumlah pelanggan Netflix sebenarnya meningkat setelah diperkenalkannya aturan berbagi akun Netflix. Menurut Antenna, yang melacak data, jumlah pelanggan Netflix selama empat hari di AS adalah yang tertinggi dalam 4-1/2 tahun.

Menurut Engadge, ada hampir 100.000 anggota terdaftar setiap hari pada tanggal 26 dan 27 Mei. Antena melaporkan bahwa Netflix rata-rata memperoleh 73.000 anggota baru selama periode empat hari. Nilai ini 102% lebih tinggi dibandingkan rata-rata selama 60 hari terakhir.

Menurut Antenna, jumlah pengguna yang membatalkan keanggotaannya selama periode ini juga meningkat. Namun, jumlah pelanggannya jauh melebihi jumlah non-pelanggan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Netflix akan berhenti mengungkapkan jumlah pengguna yang berlangganan layanannya serta pendapatan yang dihasilkan setiap pelanggan mulai tahun depan. Perusahaan mengatakan akan fokus...

Apps & Games

Unbox.id – Apple membuka pre-order untuk Apple Vision Pro minggu lalu. Headphone pertama Apple dibanderol Rp 54 juta. Meski diumumkan, Apple Vision Pro sepertinya...

Tech Industry

Unbox.id – Apple, perusahaan teknologi paling terkemuka dari Amerika Serikat, baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk melakukan peningkatan besar pada aplikasi Apple TV. Ada rumor...

Apps & Games

Unbox.id – Biaya langganan Netflix turun harga! Sekarang nih, Netflix baru saja mengumumkan penurunan harga biaya berlangganan mereka. Bahkan mereka sendiri menambah kategori baru...